Cegah Osteoporosis Sejak Dini, Ini Caranya!

445

Osteoporosis adalah sebuah penyakit atau kondisi kesehatan yang menyebabkan massa tulang semakin menurun. Kondisi ini paling banyak diderita oleh orang lanjut usia. Dan sebagian besar terjadi pada wanita yang sudah mengalami menopause.

Sebenarnya tulang manusia mendapatkan mineral mulai dari saat masih janin. Kemudian proses ini akan terus berlanjut saat tahap anak-anak, remaja, dan dewasa awal. Kemudian setelah mencapai usia 30 tahun maka massa tulang mencapai puncaknya.

Saat massa tulang tidak sesuai dengan kebutuhan maka tulang akan keropos, membuat tulang sangat rapuh dan mudah patah. Kondisi ini juga yang akhirnya menyebabkan osteoporosis. Karena ini kondisi yang terus terjadi maka perawatan untuk mencegah penyakit ini bisa dilakukan sejak masih muda. Berikut ini cara cegah osteoporosis sejak dini.

  1. Makan Sayuran Hijau dan Kuning

Untuk memenuhi kebutuhan mineral dan zat lain yang sangat penting untuk tulang maka sebaiknya sejak anak-anak sampai lanjut usia maka sering mengonsumsi sayuran hijau dan kuning. Beberapa sayuran ini misalnya bayam, brokoli, kale, sawi dan sayuran lain. Semua jenis sayuran hijau dan kuning mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Fungsi dari vitamin C adalah sumber antioksidan yang akan menjaga sel-sel tulang dari kerusakan dan pengeroposan.

  1. Olahraga Kekuatan Otot dan Angkat Beban

Untuk menjaga kesehatan tulang maka Anda juga bisa melakukan olahraga untuk kekuatan tulang dan otot juga latihan angkat beban. Semua jenis latihan ini akan mendorong tulang bisa tumbuh secara maksimal. Kemudian kebiasaan menjaga gerakan tulang dan otot bisa meningkatkan kepadatan tulang sehingga tidak mudah terkena osteoporis.

  1. Cukupi Kebutuhan Protein

Langkah yang lain adalah dengan membuat tubuh mendapatkan protein sesuai dengan kebutuhan. Hal ini karena ternyata tulang memiliki bagian dari 50 persen protein di semua bagian tubuh. Asupan protein yang cukup sangat baik untuk membantu tulang dalam mendapatkan kalsium sehingga tulang lebih kuat. Jadi jangan takut untuk konsumsi makanan tinggi protein seperti daging sapi tanpa lemak, dada ayam tanpa kulit, telur, dan ikan. Sumber kacang-kacangan dan biji-bijian juga bisa dikonsumsi setiap hari.

  1. Dapatkan Sumber Kalsium

Konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung kalsium juga sangat baik untuk tubuh. Hal ini sangat penting sekali karena sel pada tulang terus pecah dan rusak sehingga membutuhkan sel yang baru. Proses pembentukan sel yang baru ini menggunakan bahan dari kalsium dan nutrisi lain. Jadi jika cukup kalsium maka sel-sel baru pada tulang tetap sehat dan jumlahnya sesuai kebutuhan tubuh. Sumber kalsium bisa didapatkan dari ikan, daging, buah dan sayuran. Juga bisa didapatkan dari suplemen kalsium.

  1. Cukupi Kebutuhan Vitamin D dan Vitamin K

Banyak orang yang sebenarnya meremehkan kebutuhan vitamin D dan vitamin K. Padahal kedua jenis vitamin ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang sejak masih muda. Kedua bahan ini bisa mencegah osteoporosis sehingga tubuh sehat saat lanjut usia. Manusia bisa mendapatkan vitamin D dari panas sinar matahari saat masih pagi hari. Kemudian juga dari sayuran dan buah. Sementara itu sumber vitamin K dari keju, telur dan daging.

Ternyata osteoporosis bisa dicegah sejak masih muda. Karena itu mari kita lakukan beberapa tips cegah osteoporosis sejak dini sehingga saat tua nantu tubuh tetap sehat.