9 Fungsi Kelanjar Ardenal Untuk Kesehatan Tubuh

Kelenjar adrenal merupakan salah satu kelenjar yang berbentuk seperti segitiga yang di mana kelenjar tersebut terletak di atas ginjal. Kelenjar adrenal ini juga sering disebut sebagai kelenjar anak ginjal. Kelenjar adrenal memiliki berbagai macam fungsi penting untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Tahukah anda bahwa ternyata kelenjar adrenal terletak sejajar dengan tulang punggung thorax ke 12. Adapun beberapa fungsi kelenjar adrenal adalah sebagai berikut

Fungsi kelenjar adrenal

1. Menjaga keseimbangan tubuh

Salah satu fungsi dari adanya kelenjar adrenal ini adalah dapat digunakan untuk menjaga keseimbangan tubuh pada diri Anda. Sehingga dengan demikian kelenjar adrenal ini harus seimbang. Hal ini juga merupakan cara menjaga kesehatan tubuh yang sangat mudah dilakukan. Karena kelanjar ardenal berada di dalam tubuh dan membantu untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

2. Mengatur kadar natrium

Tidak hanya dapat digunakan untuk menjaga keseimbangan tubuh saja namun kelenjar adrenal ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengatur kadar natrium yang terdapat di dalam tubuh anda.

3. Meningkatkan glukosa dalam darah

Tahukah anda bahwa kelenjar adrenal ini akan menghasilkan berbagai macam hormon yang dapat digunakan untuk membantu dalam meningkatkan glukosa dalam darah anda. Sehingga dengan demikian maka darah Anda tidak akan kekurangan glukosa.

4. Mengatur denyut jantung

Selain dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan glukosa dalam darah ternyata manfaat lainnya dari kelenjar adrenal ini adalah untuk mengatur denyut jantung yang terdapat di dalam tubuh anda. Sehingga dengan demikian denyut jantung anda akan lancar. Terdapat detak jantung normal, jadi detak jantung atau enyut jantung yang lancar adalah ketika denyut jantung tersebut dalam hitungan nomral

5. Membantu perkembangan organ seksual

Salah satu hormon yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal ini dapat digunakan untuk membantu perkembangan organ seksual pada laki-laki. Selain itu hormon yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal ini merupakan salah satu hormon yang bertanggung jawab dalam perkembangan karakteristik pada laki-laki.

6. Menghasilkan hormon aldosteron

Adanya hormon aldosteron ini dapat membantu untuk mengatur jumlah kalium dan mengatur jumlah natrium yang dilewatkan ke dalam urin. Selain itu adanya hormon ini juga membantu untuk mengatur tekanan darah dan Keseimbangan cairan yang terdapat di dalam tubuh. Sehingga jika keduanya seimbang tidak akan menyebabkan kelainan di dalam tubuh, jika hormoan aldosteron tidak seimbang di dalam tubuh tentu akan mengahambat pertumbuhan dan perkembangan pada diri manusia.

7. Menghasilkan hormon hidrokortison dan kortikosteron

Adanya hormon hidrokortison dan kortikosteron ini dapat dimanfaatkan untuk membantu ginjal mempertahankan mineral penting seperti sodium dan juga kalium. Selain itu adanya hormon hidrokortison dan kortikosteron  ini dapat digunakan untuk meningkatkan tekanan darah.

8. Menghasilkan hormon androgen steroid

Salah satu fungsi dari hormon androgen steroid ini adalah salah satu hormon yang memainkan peran penting dalam perkembangan organ seks pada laki-laki selama fase embrio. Maka dari itu kelanjar adrenal ini harus mendapatka perawatan yang baik dengan cara mengkonsumsi makanan yang dapat mengutkan kelanjar adrenal. Hal tersebut tenttu akan membantu kelanjar adrenal berfungsi dengan baik. 

9. Menghasilkan hormon epinefrin dan norepinefrin

Salah satu manfaat dari adanya hormon epinefrin dan norepinefrin ini adalah membantu untuk memainkan peran penting dalam mengatur respon inflamasi tubuh, serta membantu untuk mengatur metabolisme karbohidrat protein dan juga lemak.

Itulah 9 fungsi dari kelenjar adrenal yang dapat anda ketahui, Semoga dengan adanya artikel fungsi kelenjar adrenal dapat membantu serta menambah wawasan anda tentang fungsi dari kelenjar adrenal.