Lutut Sakit Saat Bangun dari Duduk – Penyebab dan Cara Mengatasi

Di dalam tubuh manusia, salah satu sendi yang memiliki peranan sangat penting adalah lutut. Sendi lutut ini menunjang hampir seluruh berat tubuh pada manusia. Kondisi ini menyebabkan lutut sangat rentan mengalami cedera. Salah satu hal yang bisa terjadi adalah lutut sakit saat bangun dari duduk. Rasa sakit ini memang tidak berlangsung dalam waktu yang lama dan biasanya hanya sesaat saja. Namun biasanya kondisi ini terjadi berulang. Kondisi ini juga menunjukan jika ada masalah dengan bagian tersebut. Penyebab dari kondisi lutut sakit saat bangun dari duduk ini ada banyak, meskipun begitu setiap penyebab itu pun memiliki cara mengatasi nya sendiri.

Beberapa penyebab dan cara mengatasi kondisi lutut sakit saat bangun dari duduk diantaranya adalah :

  1. Osteoarthritis
    Osteoarthritis atau radang pada sendi lutut merupakan jenis arthritis yang paling sering terjadi. Kondisi ini akan menyebabkan rasa sakit pada lutut saat bangung dari duduk. Hal ini terjadi karena bantalan antara sendi dan tulang rawan yang mulai rapuh dan mengakibatkan peradangan pada bagian sendi. Faktor usia dan cedera pada lutut menjadi salah satu penyebab dari kondisi ini.
    Cara mengatasi : Jika lutut terasa sakit akibat kondisi ini penanganan awal nya adalah dengan mengompres lutut tersebut. Sementara hal lain yang bisa menjadi cara mencegah osteoarthritis ini adalah dengan menurunkan berat badan agar beban lutut berkurang, melakukan peregangan untuk membuat sendi lutut tetap bergerak dan tetap fleksibel, dan juga mengkonsumsi obat seperti analgesik, aspirin, dan ibuprofen. Untuk konsumsi obat, sebaiknya sesuai dengan petunjuk dokter
  2. Asam urat
    Kondisi lutut sakit saat bangun dari duduk juga bisa menjadi gejala asam urat. Pada asam urat ini sebenarnya bisa mengenai semua sendi. Faktor usia menjadi salah satu penyebab utama dari asam urat ini. Selain itu asam urat juga biasa nya lebih banyak menyerang laki – laki daripada perempuan
    Cara mengatasi : Langkah awal dari kondisi yang disebabkan asam urat ini adalah dengan mengompres bagian sendi yang sakit dengan es. Tujuan nya untuk mengurangi rasa sakit dari gejala asam urat ini. Selain dengan mengompres menggunakan es, pengobatan asam urat untuk meredakan rasa sakit juga bisa digunakan dengan menggunakan obat anti inflamasi non steroid ataupun obat – obatab golongan steroid. Semetara untuk mencegah asam urat kambuh kita bisa menggunakan obat penurun kadar asam urat dan juga menghindari makanan yang bisa memicu munculnya asam urat
  3. Cedera ligamen atau tendon lutut
    Lutut sakit saat bangun dari duduk juga bisa disebabkan karena ada masalah pada ligamen atau tendon lutut kita. Hal ini biasanya disebabkan oleh faktor cedera dan juga efek trauma dari cedera tersebut. Penyebab dari cedera ligamen dan tendon ini bermacam – macam seperti mengalami benturan keras, salah posisi mendarat ketika melompat, berhenti mendadak ketika berlari dan juga faktor lainnya.
    Cara Mengatasi : Untuk kondisi lutut sakit yang diakibatkan oleh kondisi ini, langkah penanganan awal yang bisa dilakukan adalah dengan mengompres bagian lutut. Sementara untuk menangani nya kita harus mengistirahatkan lutut dalam waktu yang lama dan juga dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter
  1. Cairan pada sendi lutut berkurang
    Pada setiap sendi termasuk pada sendi lutut, terdapat cairan yang berfungsi sebagai pelumas untuk membuat pergerakan dari sendi ini menjadi lancar. Kekurangan cairan ini pada lutut salah satu akibatnya akan membuat lutut sakit saat bangund dari duduk.
    Cara mengatasi : Kondisi berkurang nya cairan lutut ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi suplemen. Suplemen yang mengandung glukosamin bisa menjadi salah satu hal yang bisa mengatasi masalah ini.
  2. Kista baker
    Penyebab lain yang menyebabkan rasa sakit pada lutut saat bangun dari duduk adalah karena kista baker. Kista baker ini merupakan sebuah kondisi dimana munculnya gumpalan yang membentuk benjolan yang terdapat di belakang lutut. Penyebab dari kista baker ini bisa terjadi karena meregangnya tulang rawan, osteoarthritis, cedera lutu, radang sendi, dan juga masalah pada lutut lainnya. kista baker ini bisa menyerang pada anak – anak dan juga orang dewasa.
    Cara Mengatasi : Beberapa cara yang biasa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan cara memberikan obat seperti kortikosteroid untuk radang lutut dan obat anti inflamasi non steroid untuk pembengkakan. Selain itu bisa juga menggunakan obat pereda rasa sakit seperti ibuprofen. Hal lain yang bisa dilakukan juga adalah dengan melakukan tindakan operasi untuk mengangkat kista dari lutut dan menghindari dari bahaya penyakit kista lainnya.
  3. Obesitas
    Obesitas bisa juga menjadi penyebab muncul nya rasa sakit pada lutut. Hal ini karena, kelebihan berat badan akan membuat kerja lutut sebagai tumpuan menjadi lebih berat.
    Cara Mengatasi : Menjaga pola makan dengan mengikuti diet dengan tujuan untuk menurunkan berat badan ke berat ideal merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari penyebab obesitas.

Itulah beberapa penyebab dari lutut sakit saat bangun dari duduk dan juga cara mengatasinya.