Alami Tremor? Mungkin Tubuh Kekurangan 4 Vitamin Ini

Ketika kita mengalami suatu keadaan menggigil tanpa sadar atau bahkan bergetar secara tiba-tiba, inilah yang dinamakan dengan tremor, di mana biasanya menjadi tanda bahwa sistem saraf mengalami gangguan. Ada kemungkinan tremor disebabkan oleh defisiensi atau kekurangan vitamin, bila demikian, kira-kira kekurangan vitamin apa saja yang bisa picu kondisi ini?

1. Vitamin E

Kekurangan vitamin E bukan saja berpengaruh pada kesehatan kulit, melainkan juga berdampak pada saraf kita. Selain mampu menjadi faktor peningkat risiko tremor, gejala lainnya yang bisa kita alami karena asupan vitamin E kurang adalah refleks berkurang, sering mati rasa, kelemahan otot, sulit bicara, serta kehilangan keseimbangan atau koordinasi tubuh.

Fungsi penglihatan pun dapat menurun dan bahkan retina mata mampu mengalami degenerasi karena kekurangan vitamin E. Maka dari itu, makanan-makanan yang mengandung vitamin E tinggi perlu diasup secara seimbang, mulai dari sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan juga sereal yang telah diperkaya dengan vitamin serta mineral.

2. Vitamin B1

Kekurangan asupan vitamin B1 (thiamin) adalah salah satu pemicu seseorang dapat mengalami beri-beri di mana beberapa gejala neurologis terjadi berawal dari beri-beri ini. Tremor adalah salah satu keluhan yang bisa saja dialami yang umumnya disertai pula dengan mati rasa di bagian lengan, tangan, dan kaki, lalu juga nyeri pada otot, kelemahan otot, hingga kerusakan saraf.

Makanlah makanan yang mengandung vitamin B1 tinggi, seperti ragi dan gandum utuh karena selain tremor, kekurangan vitamin ini mampu meningkatkan risiko demensia, kehilangan koordinasi tubuh, kehilangan ingatan, serta kebingungan. Masukkan juga kentang, jeruk, kembang kol, lentil, serta kacang kedelai dan telur yang kaya akan vitamin B1 di dalam menu diet harian.

3. Vitamin B6

Asupan cukup akan vitamin B6 mampu mendukung fungsi sistem saraf agar bekerja tetap maksimal, yang artinya ketika kekurangan vitamin ini sistem saraf dapat terganggu. Bahkan kekurangan vitamin B6 dapat memicu kebingungan hingga depresi, maka penuhi asupannya dengan mengonsumsi ikan, daging merah, daging unggas, kacang-kacangan, bayam, wortel, pisang, keju, susu, alpukat, telur, dan ubi jalar.

4. Vitamin B12

Masalah neurologis pun dapat dipicu oleh defisiensi vitamin B12, termask tremor, sering kesemutan, sering mati rasa, demensia, depresi, penurunan daya ingat, kelemahan otot, kehilangan keseimbangan tubuh, serta kehilangan refleks. Agar tidak sampai alami defisiensi, selalu konsumsi telur, produk olahan susu, makanan laut dan berbagai jenis daging.

Tremor tak selalu disebabkan oleh kekurangan vitamin, maka jika ingin tahu apa penyebab pastinya, segera ke dokter agar lebih cepat ditangani. Jangan tunggu terlalu lama untuk menemui dokter apabila gejala seperti gemetaran dadakan tanpa sebab dan tanpa dapat dikendalikan mulai dialami.