Home Featured Ladies, Kenali 7 Kandungan Skincare yang Dapat Membahayakan Kulit

Ladies, Kenali 7 Kandungan Skincare yang Dapat Membahayakan Kulit

by Erlita

Produk skincare tak melulu cocok dengan kondisi kulit kita dan salah-salah bisa jadi pemicu iritasi kulit. Itu dia kenapa sebelum membeli produk skincare tertentu, kenali dulu beberapa kandungan skincare yang berisiko berdampak buruk bagi kulit.

  1. Emollient

Untuk kulit yang berjerawat, kandungan skincare seperti emollient sebaiknya dihindari kalau tidak ingin jerawat tambah parah. Myristyl lactate, isotearyl isostrate, isopropyl palmitate, cocoa butter, coconut butter, shea butter serta lanolin adalah termasuk kandungan emollient. Skincare dengan kandungan emollient tetap baik untuk jenis kulit berminyak ataupun normal, namun jika berjerawat sebaiknya tidak memakainya ya.

  1. Salicylic Acid

Asam salisilat atau salicylic acid adalah kandungan pada produk skincare yang perlu dihindari apabila kita punya kulit jenis kering. Jika pun tetap ingin menggunakan produk skincare dengan kandungan ini, pastikan sudah berkonsultasi dengan dokter kulit lebih dulu supaya aman ya.

  1. Benzoyl Peroxide

Kandungan skincare yang juga berisiko memicu iritasi khususnya pada jenis kulit kering adalah benzoyl peroxide. Kandungan ini memang ampuh mengatasi jerawat, hanya saja jika dipakai oleh seseorang berjenis kulit kering efeknya bisa saja sebaliknya. Reaksi kulit bisa negatif, mulai dari gatal-gatal, kemerahan, mengelupas dan akhirnya malah iritasi.

  1. Alkohol

Produk skincare mana sih yang tak berkandungan alkohol? Memang kebanyakan produk ada kandungan alkoholnya agar proses penyerapan ke dalam kulit lebih mudah dan cepat. Hanya saja untuk skincare dalam bentuk lotion atau gel biasanya kadar alkoholnya tinggi, maka hindarilah produk-produk yang seperti ini apalagi kalau sudah punya kulit kering.

  1. Retinoids

Untuk jenis kulit kering, skincare dengan kandungan retinoids harap diwaspadai ya. Walau mampu menghilangkan jerawat, bermanfaat memudarkan garis halus yang merupakan tanda penuaan hingga membuat kondisi dan warna kulit lebih baik, kulit jenis kering tak cocok kalau harus menerima kandungan ini dan justru berisiko tinggi mengalami iritasi.

  1. Sulfate

Produk pembersih wajah alias facial wash-lah yang umumnya memiliki kandungan sulfate atau istilah lainnya sodium laureth sulfate. Memang sih, wajah yang dibersihkan jadi terasa kesat dengan kandungan ini, namun penggunaan jangka panjang mampu berisiko menimbulkan efek kering, sensasi terbakar pada kulit, wajah serasa tertarik, dan juga efek kemerahan. Untuk facial wash dengan kandungan ini, sebaiknya para pemilik jenis kulit berminyak yang memakainya; pemilik kulit sensitif dan juga kering hindari ya.

  1. Parfum/Fragrance

Banyak yang suka dengan skincare beraroma wangi karena sangat menyenangkan, namun produk skincare dengan kandungan parfum atau fragrance yang wanginya menggoda justru tak baik untuk kulit. Meski tak semua fragrance adalah kandungan yang mengiritasi kulit, ada baiknya untuk memilih produk skincare yang kandungan fragrance-nya tidak ada.

Itulah deretan kandungan produk skincare yang punya potensi mengiritasi kulit, tergantung dari jenis kulit apa yang dimiliki. Pastikan untuk tak salah pilih produk skincare dan kenali dulu jenis kulit apa yang kita miliki supaya lebih mudah dalam menggunakan skincare yang tepat.

You may also like