Home Tips KesehatanKesehatan Kulit 17 Cara Menghilangkan Siku Hitam Paling Ampuh

17 Cara Menghilangkan Siku Hitam Paling Ampuh

by Erlita

Siku hitam memang menjadi masalah karena membuat siku kita kurang menarik, apalagi bila kita mengenakan pakaian lengan pendek. Para wanita tentunya adalah yang paling sensitif terhadap penampilan, maka penting untuk tahu bagaimana cara menghilangkan siku hitam menggunakan bahan-bahan alami nan aman yang bisa dicoba di rumah seperti berikut.

  1. Madu dan Lemon

Percaya atau tidak, kombinasi jus lemon dan madu bukan hanya menjadi cara menghilangkan bekas luka lama yang ampuh, melainkan juga menjadi pencerah siku hitam. Campurkan kedua bahan tersebut dengan perbandingan 1:1 untuk kemudian dioles pada siku. Tunggu satu setengah jam sebelum akhirnya dapat dibilas dengan air dan sabun.

  1. Kentang dan Yogurt

Kentang juga merupakan bahan alami yang bisa digunakan sebagai solusi rumahan untuk mencerahkan siku yang hitam. Caranya simpel sekali, yakni memblender atau menhancurkan kentang setelah dipotong kecil-kecil. Campurkan bersama yogurt dan aplikasikan ke bagian siku, biarkan 25 menit lamanya sebelum Anda bisa membersihkan dengan membilasnya menggunakan air biasa.

  1. Pepaya

Pepaya memang buah yang kita tahu efektif dalam mengatasi masalah sembelit, namun untuk perawatan kulit terutama dalam mencerahkan siku hitam pun juga sangat bagus. Potong pepaya kecil-kecil, hancurkan seperti kentang tadi, tambahkan sesendok teh air lalu terapkan pada siku. Tunggu 10 menit sebelum membersihkannya dengan air biasa; jika sisa, taruh di lemari es untuk digunakan lagi esok harinya.

  1. Madu dan Lidah Buaya

Kombinasi madu dan lidah buaya adalah tepat, terutama karena khasiat lidah buaya untuk kulit yang besar. Campurkan saja gel lidah buaya secukupnya dan madu untuk kemudian diterapkan pada siku yang hitam. Biarkan 10 menit sebelum Anda kemudian boleh membersihkan menggunakan air dan sabun.

  1. Cuka Putih dan Yogurt

Menghilangkan siku hitam juga bisa dilakukan menggunakan cuka putih dan yogurt di mana keduanya disiapkan dalam takaran yang sama. Campuran keduanya bisa diterapkan pada siku sekitar 15 menit lamanya. Untuk membersihkan, gunakan air hangat dan lakukan cara ini seminggu 2 kali agar hasil maksimal.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya saja juga bisa diandalkan untuk membuat siku hitam menjadi cerah kembali. Gelnya bisa Anda terapkan setiap hari secara rutin pada siku yang hitam, tinggalkan beberapa menit sampai gel mengering di kulit. Barulah kemudian cuci dan bersihkan menggunakan air hangat, dalam beberapa minggu akan terlihat hasilnya.

  1. Gula dan Lemon

Eksfoliator dari campuran lemon dan gula adalah ide cemerlang. Scrub alami ini bisa dibuat dengan mencampurkan sesendok teh jus lemon dan sesendok teh gula pasir halus. Setelah tercampur rata, oles ke siku beberapa menit dan tinggalkan beberapa menit juga. Gunakan air dan sabun untuk membersihkannya setelah beberapa menit berlalu.

  1. Lemon

Buah yang mengandung vitamin C tinggi ini layak dipertimbangkan karena sari atau jusnya pun akan mencerahkan siku yang hitam secara efektif. Potonglah lemon menjadi 2 dan setiap sisinya bisa diusap-usapkan pada kedua siku. Ulangi cara ini setiap hari dan dalam 1-2 minggu biasanya langsung terlihat hasilnya.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga berguna dalam mencerahkan kulit, jadi pakailah minyak zaitun ini dengan menghangatkannya lebih dulu. Barulah minyak zaitun hangat bisa dioles pada siku yang hitam beberapa menit. Namun, jangan dibilas atau dibersihkan, diamkan begitu saja. Lakukan setiap hari sehari sekali agar hasil terbaik dapat diperoleh.

  1. Minyak Kelapa dan Lemon

Jenis minyak lainnya yang juga baik untuk mengatasi siku hitam sekaligus mencegah siku untuk tidak lebih gelap lagi adalah minyak kelapa. Minyak ini bisa dicampurkan dengan lemon secukupnya lalu diaplikasikan pada siku yang hitam yang kemudian dibiarkan 5 menit sebelum dibilas; 2 hari sekali secara rutin adalah penggunaan yang dianjurkan.

  1. Gula dan Minyak Zaitun

Dengan mengombinasikan antara 1 sendok makan gula dengan 1 sendok makan minyak zaitun, akan didapat scrub alami yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat siku Anda hitam. Usapkan lembut di bagian siku, tunggu beberapa menit lalu bersihkan dengan air biasa.

  1. Susu

Susu full fat adalah yang paling disarankan bila hendak menggunakan susu sebagai penghilang siku hitam. Aplikasikan secukupnya pada siku yang hitam secara rutin setiap hari namun tanpa membilasnya setelah diterapkan. Selain membuat warna gelap pada kulit siku hilang, dijamin pula kulit akan menjadi jauh lebih lembut.

  1. Madu

Madu merupakan antibiotik alami yang bisa diterapkan langsung pada siku yang hitam untuk menghilangkan warna gelap tersebut. Tunggu sekitar setengah jam sebelum Anda bisa membersihkan dengan membilasnya dengan air hangat. Seminggu 1-2 kali bisa Anda gunakan cara ini untuk hasil paling baik.

  1. Kunyit dan Susu

Kunyit dan susu adalah contoh kombinasi penghilang siku hitam yang juga efektif, namun pastikan untuk memakai susu full-fat. Aplikasikan pada siku bila ramuan sudah jadi, tunggu beberapa menit sebelum membersihkannya dengan sabun. Ulangi seminggu beberapa kali untuk hasil yang maksimal.

  1. Baking Soda dan Susu

Anda pasti tahu bagaimana efektifnya cara menghilangkan bekas luka dengan baking soda. Karena bekas luka pun bisa teratasi, maka baking soda pun akan membantu menghilangkan kulit gelap pada siku. Caranya, sediakan 1 sendok makan baking soda yang ditambahkan dengan susu secukupnya lalu terapkan ke siku sambil menggosok-gosoknya. Setelah beberapa menit, jangan lupa membilasnya dan lakukan rutin 2 hari sekali.

  1. Minyak Mustard

Minyak mustard adalah antiseptik alami sehingga akan sangat ampuh dalam mencegah kulit siku menjadi lebih gelap. Campurkan minyak mustard dan air hangat masing-masing dengan takaran yang sama. Terapkan pada siku Anda dan tunggu 10 menit sebelum kemudian menggunakan sabun dan air hangat untuk membersihkannya.

  1. Mint

Bila pada umumnya mint adalah solusi untuk bau mulut, kini mint dapat digunakan sebagai penghilang siku hitam. Caranya adalah dengan merebus beberapa lembar daun mint yang kemudian dapat ditambahkan beberapa tetes ekstrak lemon. Gunakan bola kapas untuk mengaplikasikan ramuan pada siku dan bersihkan dengan air biasa sesudah setengah jam berlalu.

Demikian beberapa cara menghilangkan siku hitam menggunakan bahan-bahan alami sederhana yang aman bagi kulit Anda. Cobalah beberapa rekomendasi cara tersebut dan buktikan keefektifannya dengan melakukan perawatan secara teratur di rumah.

You may also like