17 Cara Menghilangkan Bekas Cubitan Memar Membiru Paling Jitu

1463

Pernahkah teman atau sanak keluarga mencubit Anda entah itu karena gemas atau kesal? Cubitan yang keras cukup untuk menciptakan bekas memar yang bisa-bisa bukan berwarna biru lagi, tapi bisa sampai keunguan. Lalu bila hal ini sampai terjadi, bagaimana cara menghilangkan bekas cubitan yang benar dan ampuh supaya bekasnya tak mengganggu penampilan?

  1. Kompres Hangat

Sebagai cara melancarkan peredaran darah dalam tubuh demi menghilangkan bekas cubitan dengan cepat, pastikan untuk meningkatkan aliran darah dengan mengompres hangat pada area yang berbekas cubitan. Untuk kompres hangat, Anda bisa menggunakan botol yang diisi air hangat atau bahkan bantalan panas; melakukannya secara teratur akan lebih menolong.

  1. Terapi Es

Terapi es sama seperti kompres dingin di mana bisa dilakukan setelah melakukan kompres hangat. Terapi es ini merupakan cara supaya memar bekas cubitan bisa lekas hilang, jadi gunakanlah sekantong es atau bahkan seplastik sayuran beku yang Anda bisa bungkus lebih dulu dengan handuk untuk ditempelkan ke area bekas cubitan 10 menit.

  1. Mengonsumsi Nanas

Bekas cubitan tak kunjung hilang atau bahkan terasa mengganggu penampilan kulit dan tak nyaman karena sakit? Gunakan saja buah nanas yang mampu menjadi cara mengobati luka memar bekas cubitan tersebut karena adanya kandungan bromelain, enzim di dalam nanas. Buah satu ini bisa dikonsumsi langsung untuk menghilangkan bekas cubitan dari dalam.

  1. Mengistirahatkan Bagian Tubuh dengan Bekas Cubitan

Apabila misalnya lengan Andalah yang sehabis dicubit dan berbekas dalam bentuk memar parah dan sampai terasa begitu sakit, istirahatkanlah lebih dulu lengan Anda hingga mereda dan hilang bekas cubitan tersebut. Ini juga cara untuk membuat peredaran darah bisa lancar kembali secara alami.

  1. Memanfaatkan Lidah Buaya

Anda pasti tahu khasiat lidah buaya untuk kulit yang begitu besar dan rupanya tanaman ini pun bisa diandalkan sebagai penghilang memar bekas cubitan di bagian tubuh manapun. Cukup oles-oles gel lidah buaya di bagian bekas cubitan sehari 3-4 kali secara rutin agar hasilnya lebih cepat dirasakan.

  1. Mengandalkan Teh Hijau

Teh hijau yang kaya akan antioksidan siap menjadi penghilang bekas cubitan yang sampai memar. Cukup sehelai kapas bisa Anda celup ke dalam teh hijau yang sudah diseduh, oles langsung pada bagian bekas cubitan. Lakukan sehari 2-3 kali sampai memang bekas memudar dengan sempurna.

  1. Memakai Jeruk Nipis

Bekas cubitan yang memar dan terasa sakit bisa juga dihilangkan dengan memanfaatkan jeruk nipis. Sediakan 1 buah saja dan belahlah menjadi 2 bagian. Bagian dalam potongan bisa Anda usap-usapkan perlahan di bekas cubitan. Bilaslah memakai air hangat setelah menunggu beberapa menit.

  1. Menggunakan Comfrey

Tanaman comfrey dikenal akan khasiat penyembuhan yang ampuh bagi luka memar dan bahkan memar bekas cubitan sekalipun. Tumbukan daun comfrey bisa menjadi alternatif yang bisa Anda coba pertimbangkan atau langsung praktekkan untuk dibalurkan sebagai kompres ke bagian tubuh berbekas cubitan serutin mungkin.

  1. Menambah Asupan Vitamin C

Daya tahan tubuh yang tinggi merupakan kunci untuk bisa cepat sembuh dan pulih dari kondisi kesehatan apapun. Maka dari itu, untuk bekas cubitan sekalipun Anda perlu memberikan tubuh asupan vitamin C lebih. Bahkan Anda pun bisa menggunakan serum, krim ataupun gel dengan kandungan tinggi vitamin C yang bisa dioles ke bagian kulit dengan bekas cubitan setiap hari sesuai aturan pakai.

  1. Menggunakan Krim Vitamin K

Nutrisi berupa vitamin K pun diperlukan untuk kasus memar bekas cubitan supaya lekas hilang dan sembuh. Krim vitamin K bisa Anda oles merata di bagian bekas cubitan secara rutin, pastikan melakukan perawatan ini paling tidak sehari 2 kali supaya hasil maksimal.

Cara Lainnya Menghilangkan Bekas Cubitan

Selain dari cara-cara yang sudah diuraikan sebelumnya, masih ada beberapa tips dan trik untuk membuat bekas cubitan yang memar dan mengganggu penampilan hilang sepenuhnya, yaitu:

  • Menggunakan kentang, di mana irisannya bisa diusapkan pada area berbekas cubitan.
  • Menggunakan jahe, di mana jahe yang diiris atau sudah ditumbuk bisa diusapkan ke kulit berbekas cubitan.
  • Memakai minyak kastor, di mana minyak ini bisa dioleskan merata dan rutin ke area memar bekas cubitan.
  • Mengandalkan bawang merah, di mana ekstraknyalah yang bisa dioles dan dibiarkan meresap ke dalam kulit yang memar.
  • Minum jus biji anggur, di mana Anda bisa mengonsumsi sehari 2 kali untuk menghilangkan memar efektif dari dalam.
  • Mengonsumsi pepaya, karena buah ini memiliki enzim yang mampu memudarkan memar bekas cubitan sekalipun secara cepat.
  • Menggunakan cuka, di mana Anda campurkan dengan air hangat lebih dulu dan terapkan ke bagian memar.

Cara menghilangkan bekas cubitan yang memar membiru paling jitu menggunakan bahan-bahan alami tentu jauh lebih terjamin keamanannya. Selamat mencobanya dan sekiranya bermanfaat bagi Anda.