Home Featured Ini Dia 3 Efek Kanker Untuk Kesehatan Jiwa yang Bisa Timbul

Ini Dia 3 Efek Kanker Untuk Kesehatan Jiwa yang Bisa Timbul

by Marli

Kanker termasuk ke dalam salah satu penyakit mematikan yang seing menyerang masyarakat Indonesia dan kanker yang paling populer terjadi adalah kanker payudara. Banyak wanita Indonesia yang telah mengidap penyakit ini dan salah satu gejala penyakit kanker adalah tummbuhnya sebuah benjolan di bagian payudara, hal ini sangat perlu penangganan cepat agar kanker tak semakin parah.

Saat terkena penyakit kanker tentu menjadi pukulan berat bagi siapa saja dan kondisi ini akan berefek pada kejiwaan bila tidak ditanggani dengan cepat. Ada banyak efek yang dapat dirasakan seseorang saat mengetahui dirinya terkena kanker dan efeknya akan menyerang mental. Berikut ini adalah 3 efek kanker untuk kesehatan jiwa:

1. Cemas

Cemas adalah kondisi rasa takut seseorang yang dihasilkan dari sebuah pemikiran sendiri dari berbagai macam ancaman yang ada dan kondisi ini bisa terjadi saat sebuah masalah sedang dialami atau akan dialami di waktu kedepan. Saat anda mengalami enyakit kanker menurut diagnosa dokter, tentu akan ada sebuah kekhawatiran yang membelenggu dan selama dokter belum menyatakan sembuh rasa cemas akan terus berlanjut kecemasanya.

2. Depresi

Seseorang yang terdiagnosa memiliki penyakit kanker akan merasakan depresi berat dan kondisi ini akan membuat anggota keluarga menjadi khawatir. Ada beberapa gejala seseorang terkena depresi yaitu mudah merasa lelah, sulit berkonsentrasi, selalu terlihat gelisah dan tidak percaya diri. Kondisi ini bisa dcegah dan diperbaiki dengan peran dari keluarga, disini keluarga harus memberi dukungan moral. Kondisi ini dapat dicegah dengan cara mencari kegiatan seru yang bisa membuat hati senang seperti nongkrong bersam teman dan pergi jalan-jalan.

3. Stres

Stres adalah kondisi yang sangat dicegah oleh semua orang, karena kondisi ini sangat sulit untuk disembuhkan dan seseorang yang disebut memiliki penyakit kanker akan mengalami stres saat diberitahukan dokter, hal ini terjadi karena kondisi kaget yang berlebihan. Peran orang terdekat sangat diharapkan untuk menjaga stabilitas jiwa seseorang dan dengan suasana keluarga yang memberikan dukungan positif akan membuat stres menjauh.

4. Sulit konsentrasi

Seseorang yang memiliki penyakit kanker biasanya sulit untuk berkonsentrasi, karena fokus pikirannya hanya kepada penyakit yang diderita. Reaksi manusia saat mengetahui bahwa terdiagnosa penyakit kanker memang bervariasi dan banyak juga pasien yang langsung berpikir keras, sehingga menyulitkan untuk berkonsentrasi. Kesulitan untuk berkonsentrasi menjadi sebuah masalah yang sangat mengganggu, karena akan menghambat dalam berbagai kegiatan yang dilakukan sehari-hari dan salah satu cara menghilangkan kondisi ini adalah dengan mencari kegiatan menyenangkan.

Demikian ulasan lengkap mengenai Efek Kanker Untuk Kesehatan Jiwa dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

You may also like