Home Featured Rokok Bukan Penyebab Kematian Tertinggi Sekarang, Tapi Makanan Ini!

Rokok Bukan Penyebab Kematian Tertinggi Sekarang, Tapi Makanan Ini!

by Tri Astuti

Beberapa tahun yang lalu, salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia adalah merokok. Penyakit akibat merokok memang sangat kompleks termasuk kanker, serangan jantung, tekanan darah tinggi dan kematian mendadak. Namun sebuah berita mengejutkan dilansir dari halaman berita CNN.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh seorang asisten profesor di Institute for Health Metrics and Evaluation di University of Washington, Ashkan Afshin, bahwa “Telah meningkat angka kematian akibat pola makan yang buruk dibandingkan akibat merokok atau penyakit hipertensi”. Perubahan ini bisa disebabkan karena kesadaran untuk meninggalkan rokok semakin tinggi, tapi tidak diimbangi dengan diet yang sehat.

Kebiasaan konsumsi makanan ini juga sangat buruk untuk kesehatan sampai memicu kematian. Apa saja makanan itu? Inilah bukti makanan tidak sehat penyebab kematian.

  1. Semua Makanan Asin

Semua negara memang terobsesi dengan berbagai makanan lezat. Makanan lezat didenifikasikan sebagai makanan yang gurih, asin dan manis. Makanan asin ternyata memberi dampak yang sangat buruk untuk kesehatan. Kecanduan terhadap makanan asin bisa ditemukan dari berbagai kebiasaan seperti memberi garam pada masakan, bumbu penyedap makanan asin dan makanan cepat saji. Khusus untuk konsumsi makanan cepat saji memang telah meningkat di berbagai negara, termasuk Indonesia. Akibatnya semakin banyak komplikasi penyakit yang terjadi karena efek dari tekanan darah tinggi.

  1. Daging Merah

Ashkan Afshin dan stafnya yang bekerja untuk yayasan Bill & Melinda Gates Foundation, juga membuktikan bahwa meningkatkan konsumsi daging merah telah berada pada tahap yang cukup berbahaya. Puluhan tahun yang lalu tidak semua orang bisa makan daging merah. Tapi sekarang daging merah dianggap sebagai makanan yang paling sehat. Tentu saja memang daging merah mengandung zat besi yang bisa anemia, tapi jika dikonsumsi berlebihan tentu sangat berbahaya.

  1. Makanan dan Minuman Manis

Saat ini semua negara sedang berperang melawan diabetes. Diabetes ternyata tidak hanya terjadi pada orang lanjut usia, tapi juga anak-anak. Bahkan bayi yang dilahirkan dari ibu dengan penyakit diabetes gestasional saat hamil. Munculnya wabah diabetes ini ternyata akibat manusia yang mengonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan. Berbagai makanan dan minuman manis bisa memicu kecanduan yang berat dan inilah penyebab utama dari penyakit diabetes di seluruh dunia.

Itulah semua jenis makanan tidak sehat penyebab kematian tertinggi di dunia. Nah sekarang, yuk kita mulai batasi makanan tersebut agar berumur panjang dan sehat.

You may also like