Home Penyakit dan KelainanDepresi 10 Hal yang Tak Sebaiknya Dikatakan kepada Orang Depresi Perlu Diketahui

10 Hal yang Tak Sebaiknya Dikatakan kepada Orang Depresi Perlu Diketahui

by Erlita

Tanda depresi sebenarnya sudah lama nampak dari Sulli eks member girlband f(x) dan jauh hari sebelum ditemukan meninggal bunuh diri. Keluhan yang pernah ia sampaikan salah satunya adalah kesepian seolah tak ada yang mendengarkannya. Mungkin bukan dirinya enggan bercerita, hanya saja respon orang lain di sekelilingnya membuatnya tak nyaman untuk lebih terbuka mengenai beban hidup dan pikirannya.

Bukan tidak mungkin seseorang penderita depresi yang memilih bercerita kepada orang terdekat malah menuai respon yang membuatnya makin depresi. Perkataan dan sikap memojokkan orang yang menjadi tempat bercerita justru membuat penderita depresi merasa tidak nyaman dan enggan membuka diri lebih jauh.

Sebagai seseorang yang dipilih menjadi tempat bercerita dan berkeluh-kesah, kita perlu memiliki sikap yang benar dan menghindari beberapa perkataan yang meskipun kita anggap positif bisa saja merusak kenyamanan penderita depresi. Inilah beberapa hal yang tak sebaiknya dikatakan kepada orang depresi.

  1. Kamu kurang dekat dengan Tuhan

Beberapa orang apapun agamanya bisa saja rajin beribadah dan tak pernah melewatkan sekali pun namun tetap saja dapat menderita depresi. Depresi dapat dialami oleh siapapun dan pernyataan yang bermaksud mengingatkan seperti ini, bisa saja dianggap menghakimi karena mereka merasa sudah berusaha untuk rajin beribadah namun masih ada saja yang mengatakan mereka kurang dekat dengan Tuhan. Perkataan semacam ini justru berpotensi membuat penderitanya ingin menjauh dari Tuhan.

  1. Kamu kurang bersyukur

Orang-orang dengan rasa syukur yang besar pun tetap bisa mengalami depresi. Depresi bukan hanya tentang kurang atau cukupnya rasa syukur, sebab para penderita depresi klinis punya rasa bersalah yang tinggi dan rasa rendah diri yang hebat di mana keduanya tak dapat dikendalikan walaupun ingin, sehingga kedua perasaan ini kerap menimbulkan keinginan untuk bunuh diri.

  1. Ada banyak orang yang hidupnya lebih berat dari kamu

Mungkin kata-kata ini bagi beberapa orang adalah perkataan positif untuk mengingatkan penderita depresi bahwa masih ada banyak hal yang bisa disyukuri dan bahwa masalahnya tidak separah masalah orang lain. Hanya saja, problem bukan berfokus di situ saja, melainkan kapasitas dalam menerima beban hidup setiap orang itu berbeda-beda maka kurang pas jika kita harus membandingkannya.

  1. Bahagia itu pilihan

Apa iya bahagia itu pilihan? Tentu tak akan ada orang yang akan memilih bersedih dan stres dong. Semua orang pasti ingin bahagia dalam hatinya, namun perlu diketahui bahwa seringkali perasaan sedih dan tak nyaman yang dialami orang depresi tak dapat dikendalikannya. Tidak akan ada orang yang ingin minum antidepresan atau memilih tidak tidur semalaman dan menangis terus-menerus.

  1. Sepertinya kamu sendiri yang tidak mau bahagia

Siapa yang tak ingin merasa bahagia sih? Semua orang menginginkannya dan nyatanya bagi penderita depresi, untuk bahagia itu tak semudah orang-orang yang mengatakannya. Bahkan beberapa orang sudah berusaha untuk menghilangkan perasaan-perasaan negatif dalam diri mereka, namun kebahagiaan tidak kunjung muncul.

  1. Depresi kok tidak kelihatan sedih?

Tetap tersenyum dan tertawa walau pikiran dan perasaan sedang kacau banyak dilakukan oleh orang-orang yang sebenarnya sedang mengalami depresi. Mereka menutupi situasi sebenarnya dan menciptakan kesan mereka sedang rileks dan tak gelisah dengan tersenyum.

  1. Semangat, semua akan berlalu dan baik-baik saja

Maksud kita mungkin baik mengatakan kalimat ini, namun bagi si penderita depresi, perkataan ini seperti memaksanya untuk bersemangat dan tersenyum padahal perasaan hatinya sedang tidak baik sama sekali. Penderita dapat pula salah menangkap maksud kita dan menganggap bahwa perkataan ini justru meremehkan perasaannya.

  1. Tetap berusaha, selalu ada jalan

Banyak penderita gejala depresi yang sebenarnya sudah berusaha melakukan yang paling baik sehingga perkataan dengan maksud hati menyemangati ini malah justru bisa membebani penderita. Faktor pemicu depresi ada begitu banyak dan tak segala faktor tersebut dapat penderitanya kendalikan sehingga memintanya berusaha bisa saja malah makin membuatnya putus asa.

  1. Carilah hal atau aktivitas positif

Berolahraga atau beraktivitas fisik memang disebut-sebut menjadi salah satu solusi depresi yang efektif. Namun satu cara belum tentu cocok untuk mengatasi seluruh kasus depresi, maka menyampaikan kata-kata seperti ini bagi yang sedang terpuruk bukanlah saran yang tepat.

  1. Semua orang pasti pernah depresi kok

Masa-masa down, stres dan sedih biasa tidak bisa dibandingkan dengan depresi. Rasa sedih dan stres biasa akan hilang sendiri dengan berjalannya waktu. Untuk kasus depresi sendiri, ada yang kambuhan dan bahkan kemunculannya bisa saja tak terduga dan tanpa pemicu apapun.

Bila ingin menolong penderita depresi dan juga menunjukkan rasa empati, pastikan untuk menghindari hal-hal yang tak sebaiknya dikatakan kepada orang depresi tersebut. Namun, sampaikan kepadanya kalau kita bisa menjadi pendengar kapan saja ia ingin bercerita. Yakinkan dia bahwa ia sangat berarti dan bahwa ia tak pernah sendiri.

You may also like