Gagal Ginjal Stadium 5 Apa Bisa Sembuh? Ini Jawabannya

188

Ada banyak jenis penyakit ginjal yang sering menyebabkan gangguan kesehatan cukup parah, salah satunya adalah penyakit gagal ginjal. Penyakit satu ini begitu ditakuti karena sulit untuk disembuhkan apalagi jika kondisinya sudah sangat memburuk. Gagal ginjal dapat terjadi karena beberapa kondisi, diantaranya infeksi ginjal, batu ginjal dan riwayat penyakit tertentu. Gagal ginjal pun terbagi dalam beberapa stadium sesuai dengan tingkat keparahannya, dan yang paling parah adalah stadium 5 yang sudah sangat kronis.

Gagal ginjal tahap kronis yang sudah masuk stadium 5 sudah tidak dapat disembuhkan. Pengobatan dan prosedur medis yang dilakukan hanya sebatas untuk menekan gejala agar tidak bertambah buruk, dan membuat pasien nyaman sehingga dapat memperpanjang keberlangsungan hidupnya.

Penanganan Gagal Ginjal Stadium 5

Berbeda dengan pengobatan gagal ginjal yang masih stadium awal, penanganan untuk stadium 5 cenderung untuk menggantikan fungsi dari ginjal itu sendiri. Terapi pengganti ginjal dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu sebagai berikut.

1. Transplantasi Ginjal

Transplantasi ginjal dilakukan dengan menggantikan ginjal yang rusak dengan ginjal yang sehat, dimana ginjal tersebut bisa diperoleh dari pendonor. Tindakan ini akan membuat pasien terlepas dari prosedur cuci darah, namun pasien diharuskan untuk mengkonsumsi obat imunosupresif untuk waktu yang lama demi menghindari resiko yang terjadi akibat adanya penolakan tubuh terhadap organ yang dicangkok.

2. Dialisis

Dialisis merupakan prosedur penyaringan limbah dan cairan dari dalam tubuh, yang dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan menggunakan mesin atau dengan memanfaatkan rongga perut. Jika menggunakan mesin, maka tindakan ini disebut juga hemodialisis atau lebih dikenal orang awam dengan cuci darah. Jika memanfaatkan rongga perut, maka akan digunakan cairan dialisis yang berfungsi untuk menyerap kelebihan cairan dan limbah di dalam tubuh. Cara ini disebut juga continuous ambulatory peritoneal dialysis atau CAPD.

Penyakit Komplikasi Gagal Ginjal Stadium 5

Ginjal yang telah rusak tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Meski telah mendapatkan penanganan yang tepat, pasien gagal ginjal sangat beresiko mengalami penyakit komplikasi akibat penyakit ginjal tersebut. Beberapa penyakit yang mungkin akan muncul yaitu:

  • anemia
  • gangguan pada jantung dan pembuluh darah
  • kerusakan pada sistem saraf pusat
  • mengalami hiperkalemia atau tingginya kadar kalium dalam darah
  • sistem imunitas tubuh melemah
  • menurunnya kesuburan hingga gagal ereksi
  • melemahnya tulang hingga menyebabkan tulang mudah patah
  • terjadi edema, atau penumpukan cairan di dalam tubuh
  • perikarditis, yaitu peradangan pada perikardium yang merupakan selaput pada jantung.

Kita tidak boleh mengabaikan gejala awal penyakit ginjal agar ginjal tidak sampai mengalami penyakit ginjal berat hingga kronis. Selalu terapkan pola hidup sehat agar ginjal tetap terlindungi dan terus berfungsi dengan baik. Jika seseorang mengalami gagal ginjal stadium 5, maka ia perlu melakukan perawatan secara intensif agar perkembangan kesehatannya dapat terus terpantau ahli medis.