Home Tips KesehatanKesehatan Gigi Cara Memutihkan Gigi Yang Berwarna Kuning Dengan Bahan Alami

Cara Memutihkan Gigi Yang Berwarna Kuning Dengan Bahan Alami

by Nila

Gigi merupakan organ terpenting pada tubuh manusia yang memiliki fungsi sebagai penghancur makanan bekerjasama dengan organ tubuh yang lain di dalam mulut untuk mengecap / merasakan kenikmatan rasa makanan / minuman yang sedang anda konsumsi. Apabila kurang dirawat dengan baik dan telaten setiap hari contohnya adalah jarang menyikat gigi sementara setiap hari tak henti – hentinya gigi diaplikasikan untuk mengunyah maka akan menimbulkan permasalahan pada gigi anda.

Gigi menjadi berubah warna dari putih menjadi kuning kusam merupakan permasalahan gigi yang cukup parah dan harus segera di atasi. Jika dibiarkan begitu saja maka dapat merusak penampilan senyum anda di pergaulan sosial, dan gigi anda dapat mengalami kerusakan yang cukup parah dimana warna kuning kusam akan menjadi mencolok dan memberi kesan si pemilik gigi kurang bersih.

Gigi berwarna kuning mencolok akan memicu munculnya gigi berkerak dan berlubang. Apabila kerusakan karena perubahan warna ini terlalu parah maka akan sulit sekali memperbaikinya. Gigi anda akan beresiko dicabut dan biasanya disertai keluhan penyakit lain yang menyerang organ – organ tubuh anda sehingga berpengaruh buruk terhadap kondisi kesehatan organ tubuh yang dimaksud.

Bagaimanakah cara merawat gigi sekaligus memutihkan gigi kuning hanya dengan memanfaatkan bahan – bahan alami saja ?

Pada umumnya para orangtua mengajarkan kepada anak – anaknya agar yang rajin menggosok gigi setelah selesai makan dan menjelang tidur pada waktu malam hari. Nah apabila gigi terlanjur berwarna kuning, apa yang mesti dilakukan untuk mengembalikan kondisi warna gigi menjadi semula yaitu putih dan bersih, anda bisa memanfaatkan bahan – bahan alami yang diracik secara tradisional guna menjaga kesehatan gigi dan memutihkannya.

Kami rangkum dari berbagai sumber berita akan menjelaskan tentang cara praktis dalam memutihkan gigi kuning dengan bahan – bahan alami seadanya saja sehingga penampilan anda di luar rumah kembali cerah.

1. Aplikasikan kulit pisang

Kulit pisang apa saja ampuh dimanfaatkan buat menggosok gigi berwarna kuning kembali cerah. Caranya sangat mudah yaitu kupas sebuah pisang matang kemudian diambil kulitnya saja. Gunakanlah kulit pisang bagian dalam untuk menggosok – gosok gigi sekitar lima menit saja, lalu berdiam diri selama beberapa menit untuk selanjutnya membersihkan gigi dengan cara gosok gigi seperti biasa. Lakukanlah cara sederhana ini berturut – turut selama dua minggu untuk memperoleh hasil yang optimal.

2. Menggosok gigi selama 30 menit usai makan

Beberapa orang memiliki kebiasaan untuk langsung sikat gigi setiap selesai makan. Namun cara terbaru menganjurkan kepada anda untuk menunggu hingga 30 menit setelah selesai makan, terutama jika anda sedang makan makanan yang manis – manis atau asam. Dengan menggosok gigi setelah makan berfungsi mengembalikan zat gula / ‘asa’ terhadap gigi anda.

3. Mengaplikasikan buah stroberi

Buah stroberi adalah buah meja yang memiliki bentuk cantik dengan rasa enak, selain berfungsi sebagai garnis juga bermanfaat sebagai media untuk membantu gigi anda terlihat cerah, cara pengaplikasiannya adalah dengan menghaluskan beberapa buah stroberi hingga membentuk pasta lalu setiap hari dengan rutin menggosokkan pasta ini pada gigi anda yang bermasalah. Efek whitening dari pasta buah stroberi menjadikan gigi menjadi lebih putih secara alami. Yang perlu diperhatikan adalah usai menggososk gigi dengan pasta buah stroberi, diamkan sejenak lalu gosok gigi seperti biasa dengan pasta gigi sehingga gigi menjadi bersih.

4. Mengaplikasikan kulit jeruk

Gunakanlah sisi putih dari kulit buah jeruk atau bagian dalam dari kulit jeruk untuk menggosok gigi anda yang rusak, lakukan selama beberapa kali dalam sehari selama kondisi gigi anda buruk, namun jangan mengaplikasikan kulit jeruk secara berlebihan karena diketahui bahwa jeruk mengandung banyak vitamin C yang menyebabkan gigi mudah sensitiv, ingat, usai menggosok dengan kulit jeruk lakukanlah kumur atau menggosok gigi dengan pasta gigi yang tepat.

5. Mengkonsumsi buah dan sayuran

Buah – buahan segar dan sayuran seperti apel, wortel dan daun seledri ampuh membantu memutihkan gigi anda yang terlanjur berwarna kuning. Buah dan sayuran ini berfungsi bagus sebagai media membersihkan gigi tanpa merusak enamel gigi.

6. Mengaplikasikan daun salam

Daun salam selain bermanfaat untuk memperlezat masakan sayur, juga berfungsi sebagai media untuk memutihkan gigi. Cara pengaplikasiannya adalah haluskan beberapa lembar daun yang sudah kering lalu dicampur dengan beberapa iris kulit jeruk Bali yang sudah dikeringkan dan dihaluskan. Beri sedikit air bersih untuk selanjutnya dicampur hingga membentuk pasta, nah pasta inilah yang bagus dimanfaatkan sebagai pemutih gigi.

7. Mengaplikasikan lemon

Cara memutihkan gigi kuning ketujuh adalah dengan mengaplikasikan jeruk lemon. Diketahui bahwa jeruk lemon mengandung asam sitrat yang memiliki fungsi sebagai media pemutih alami gigi anda, cara pengaplikasiannya adalah siapkan sepotong jeruk lemon lalu gosok – gosokkan pada gigi anda setiap hari sekali. Setelah itu anda gosok gigi seperti biasa.

8. Minum air putih

Minum air putih sangat bagus untuk membersihkan gigi dan organ – organ tubuh yang lainnya. Dimana diketahui bahwa air putih adalah bahan alami terbaik untuk dikonsumsi yang memiliki multi fungsi. Hindari terlalu berlebihan meminum minuman yang berwarna karena rentan menyebabkan gigi anda menjadi kusam dan kotor.

9. Pilih pasta gigi yang mengandung pemutih alami

Saat ini di pasaran banyak beredar pasta gigi yang mengaplikasikan bahan – bahan kimia. Meskipun membantu membersihkan gigi dan membuat gigi menjadi putih, bahan kimia cukup berbahaya bagi kesehatan gigi apalagi digunakan untuk jangka waktu panjang. Dianjurkan ketika anda hendak membeli pasta gigi, pilihlah yang mengandung zat pemutih alami. Baca kandungan apa saja tertera dalam kotak kemasan pasta gigi yang dimaksud sebelum anda memutuskan untuk membelinya.

10. Memutihkan gigi dengan memakai buah apel

Beberapa jenis buah meja contohnya adalah buah apel dan sayur brokoli atau wortel dapat dimanfaatkan sebagai media untuk membersihkan gigi dan gusi serta organ tubuh lainnya di dalam mulut. Kandungan serat dan zat antioksidan dalam sebutir buah apel ampuh buat melenyapkan bakteri jahat yang menyebabkan munculnya bau mulut, selain berfungsi sebagai pemutih gigi. Maka dari itu konsumsilah buah apel secara rutin setiap hari.

11. Hindari minum kopi dan soda terlalu berlebihan

Agar anda memiliki gigi yang putih cemerlang maka hindari hal – hal yang membuat gigi anda mudah menjadi kuning. Contohnya adalah berlebihan minum minuman kopi dan soda. Minuman kopi atau soda diyakini menyebabkan gigi anda mudah menjadi rapuh.

12. Gunakan obat kumur

Biasakan memakai obat kumur pada hari – hari tertentu untuk menjaga gigi anda tetap putih alami. Di samping itu obat kumur menjadikan nafas anda lebih segar, belilah obat kumur yang bening alias tidak berwarna karena obat kumur berwarna berpengaruh buruk terhadap warna gigi menjadi gelap jika diaplikasikan dalam jangka waktu lama.

Nah 12 cara – cara alami dalam memutihkan gigi kuning tersebut di atas jika dengan tepat dan rutin dilakukan setiap hari akan memiliki efek cepat namun harus dilakukan dengan takaran yang tepat dan jangan berlebihan. Setelah gigi anda kembali berwarna cerah maka dianjurkan untuk melakukan perawatan rutin terhadap gigi anda seperti biasa yaitu dengan rajin menggosok gigi, sehingga anda akan mendapatkan gigi yang cemerlang, sehat, bersih dan kuat serta mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

Meskipun terlihat seadanya saja, pemanfaatan bahan – bahan alami tersebut di atas cukup membantu dalam memutihkan gigi. Yang rajin mengkonsumsi buah dan sayur segar terutama untuk anak – anak seperti buah apel, wortel dan jenis makanan yang bermanfaat sebagai pembersih gigi sekaligus memperkuat gigi, dan imbangi dengan menjaga kesehatan gigi dengan rutin menggosok gigi setiap baru bangun tidur di pagi hari, usai makan dan menjelang tidur di waktu malam hari.

You may also like