5 Minuman Ini Berbahaya Jika Dikonsumsi Ibu Hamil

136

Ibu yang sedang hamil biasanya memiliki banyak pantangan, mulai dari mitos hingga fakta yang semuanya bertujuan untuk melindungi ibu dan janin dalam kandungan. Tidak hanya makanan, beberapa jenis minuman pun ternyata bisa berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Kalau ini bukan hanya sekedar mitos, namun memang fakta dan sebaiknya dihindari demi kesehatan janin. Beberapa jenis minuman memang mengandung banyak senyawa yang berbahaya, karena itu penting bagi ibu hamil untuk mengetahui minuman tersebut agar bisa menghindarinya.

1. Alkohol

Sudah jelas memang jika alkohol berbahaya bagi ibu hamil, bahkan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang yang sehat. Namun masih banyak wanita yang suka sekali minum alkohol, sehingga kebiasaan tersebut terbawa saat sedang hamil. Ada banyak kandungan senyawa yang sangat berbahaya dalam alkohol, bukan hanya dapat mempengaruhi kesehatan ibu, namun juga dapat mengganggu perkembangan janin.

2. Susu Segar

Susu yang diambil langsung dari sapi dan baru diperah memang terasa lebih segar, namun sebaiknya hindari saat masa kehamilan. Susu yang diperah lebih sering terkontaminasi bakteri sehingga dapat mengganggu kesehatan ibu hamil, bahkan dapat berpengaruh terhadap kondisi janin. Selalu konsumsi susu yang telah dimasak atau dipasteurisasi untuk memastikan bakteri telah mati sebelum diminum.

3. Minuman yang Dicampur Telur Mentah

Beberapa minuman penambah tenaga sering dicampur dengan telur mentah, seperti misalnya susu madu jahe. Padahal, telur pun rentan membawa bakteri seperti Salmonella yang dapat menyebabkan ibu mengalami diare. Selama hamil, usahakan untuk mengkonsumsi telur yang dimasak dengan matang, dan pilihlah minuman yang menyehatkan sekaligus steril dari berbagai mikroba patogen. Oh iya, minuman yang dibuat dari buah dan sayur mentah juga sebaiknya dihindari ya bu.

4. Kopi

Kandungan kafein pada kopi yang cukup tinggi dapat menyebabkan ibu hamil kurang cukup istirahat, juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan janin. Tidak hanya itu, kopi pun dapat mengganggu perkembangan janin, apalagi jika diminum terlalu banyak. Biasakan untuk mengkonsumsi banyak air putih untuk mengganti kebiasaan minum kopi. Jika ingin sekali minum kopi, sebaiknya tunggu hingga usia kandungan sudah memasuki trimester kedua.

5. Minuman Soda

Minuman soda banyak sekali mengandung pewarna dan pemanis buatan, sehingga sangat berbahaya jika dikonsumsi ibu hamil. Apalagi terdapat zat lainnya yang juga tak kalah berbahayanya. Bahkan minuman soda juga tidak baik diminum oleh orang-orang yang sehat. Selain soda, minuman kemasan yang manis-manis juga tidak dianjurkan diminum oleh ibu hamil. Karena kandungan gula yang tinggi dapat meningkatkan ibu mengalami diabetes, dan beresiko diturunkan pada anak.

Kehamilan memang menjadi dambaan setiap keluarga yang menantikan momongan. Karena itu, sebisa mungkin ibu dan janin perlu mendapatkan nutrisi yang lengkap dan menghindari minuman yang dapat membahayakan kesehatan keduanya.