Fetal Ekokardiografi – Manfaat – Bahaya – Metode

435

Apakah anda sudah pernah mendengar istilah fetal ekokardiografi? Atau mungkin anda sudah pernah melakukan pengobatan dengan fetal ekokardiografi? Mungkin istilah ini masih terdengar sedikit asing bagi sebagai masyarakat kita meskipun mungkin mereka sudah pernah melakukannya namun mereka tidak mengetahui bahwa pengobatan yang mereka lakukan tersebut merupakan sebuah fetal ekokardiografi.

Fetal ekokardografi merupakan suatu tindakan yang dilakukan kepada pasien dengan cara mengirimkan sebuah gelombang suara yang nantinya akan berfungsi sebagai sonogram jantung. Untuk gambar yang nantinya dihasilkan oleh eetal ekokardiografi lebih rinci daripada gambar yang biasanya dihasilkan oleh sinar – X pada umumnya. Hal inilah yang menjadikan fetal ekokardiografi sangat dianjurkan untuk digunakan sebagai sebuah tindakan diagnosa terhadap berbagai masalah yang dialami seseorang yang mana masalah atau gangguan tersebut berkaitan dengan jantung karena nantinya fetal ekokardiografi akan memberikan sebuah hasil diagnosa yang tentunya sangat akurat.

Manfaat dan Bahaya

Hasil gambaran yang dihasilkan metode pemeriksaan ini sangat membantu untuk menunjukkan kondisi sebenarnya dari pasien tersebut meskipun jika ia digunakan untuk membantu kondisi jantung yang mana bentuknya sudah abnormal. Berikut merupakan sejumlah keterangan manfaat dan bahaya yang setiap pasien perlu ketahui.

Manfaat

Fetal ekokardiografi diketahui banyak digunakan untuk membantu melakukan sebuah rancangan pengobatan, pengamatan, atau bahkan pengelolaan, yang tentunya akan sangat efektif dan juga efisien bagi para pasien yang mana mereka sudah terindikasi mengalami beberapa masalah yang berhubungan dengan jantungnya. Fetal ekokardiografi memang sangat bermanfaat karena dapat digunakan untuk berbagai hal seperti di bawah ini:

  • Dapat digunakan untuk membantu mengetahui masalah atau gangguan apa saja yang terjadi pada jantung pasien sehingga mampu menjadi langkah pencegahan jenis-jenis penyakit jantung.
  • Dapat juga digunakan untuk membantu dalam hal perancangan, pemantauan, dan juga pengelolaan yang tentunya akan lebih efektif dan juga lebih efisien bagi pasien yang memiliki masalah terhadap jantungnya.
  • Dapat digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya kerusakan jantung yang di alami oleh pasien.
  • Jika memang ada, maka fetal ekokardiograf juga bisa digunakan untuk mengetahui lokasi sebenarnya dari kerusakan tersebut maupun juga berapa besar ukuran kerusakan yang terdapat pada jantung pasien.
  • Selain itu, fetal ekokardiografi juga dapat digunakan untuk membantu mengetahui seberapa baik kinerja dari jantung pasien yang mana nantinya akan diketahui melalui curah jantung, fungsi diastolik, atau juga fraksi ejeksi darah.

Mungkin masih terdapat manfaat lainnya yang belum kami sebutkan. Oleh karena itu, anda bisa bertanya langsung mengenai manfaat dari fetal ekokardiografi kepada dokter anda agar anda nantinya dapat mendapatkan informasi yang lengkap mengenai apa saja fungsi dari fetal ekokardiografi.

Bahaya

Di bawah ini merupakan beberapa bahaya atau resiko ketika anda ingin melakukan fetal ekokardiografi yang harus anda pertimbangkan.

  • Secara umum, melakukan fetal ekokardiografi memang masih tergolong aman karena seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwasanya alat ini nantinya akan menggunakan gelombang suara agar bisa melihat struktur maupun juga kinerja jantung yang tentunya aman digunakan.
  • Namun perlu anda ketahui bahwa beberapa dari fetal ekokardiografi menggunakan zat pewarna yang mana nantinya bisa menyebabkan anda akan terkena resiko mengalami alergi meskipun memang hal ini hanya berlaku pada beberapa orang saja.
  • Efek dari penggunaan fetal ekokardiografi nantinya akan membuat detak jantung menjadi lebih cepat dan juga lebih keras. Hal ini yang nantinya akan membuat pasien tersebut akan mengalami beberapa kondisi seperti misalnya mual, sesak nafas, muntah, sakit kepala, denyut jantung menjadi sangat cepat, atau yang lebih parah bisa menyebabkan pasien tersebut akan mengalami serangan jantung.
  • Sementara itu dalam beberapa kasus juga ditemukan bahwa fetal ekokardiografi nantinya bisa menyebabkan jantung pasien detaknya menjadi lebih lambat tak seperti detak jantung normal secara umum.
  • Juga bisa membuat kerongkongan anda robek meskipun memang kejadian ini masih tergolong ke dalam kejadian yang sangat langka. Meskipun begitu anda harus tetap mewaspadainya karena dikhawatirkan hal ini bisa terjadi kepada anda maupun orang terdekat anda.

Metode

Dalam metode tindakan medis ini, apakah ada persiapan yang harus dilakukan? Tes ini tidak seperti kebanyakan proses pemeriksaan yang membutuhkan persiapan khusus. Pasien tidak akan diminta untuk melakukan apapun sebagai persiapan sebelum menempuh fetal ekokardiografi, jadi tak seperti prosedur ultrasound prenatal yang menyarankan pasien untuk memenuhi kandung kemih, kasus ini tidaklah harus demikian.

  • Pasien akan diminta untuk makan sedikit saja sebelum dilakukan pemeriksaan.
  • Pada hari-H pemeriksaan, pasien nantinya akan diminta untuk memakai pakaian yang nyaman, termasuk juga dianjurkan untuk memakai sepatu yang nyaman.
  • Kemudian, dokter akan meminta anda untuk melepaskan perhiasan atau aksesoris lainnya yang mungkin dikhawatirkan dapat mengganggu gelombang suara dari alat tersebut.
  • Anda kemudian akan di bawa masuk ke suatu ruangan khusus dan kemudian pemeriksaan ini akan dilakukan.
  • Untuk ekokardiografi abdomen, itu artinya prosedur sangat persis dengan ultrasound, di mana petugas medis kemudian melanjutkan dengan memberikan pelumas khusus. Tujuan pelumasan adalah supaya gesekan bisa dicegah sehingga transduser ultrasound tak menggesek sekaligus sebagai pndukung transmisi gelombang suara. Dari gelombang suara yang dihasilkan dalam frekuensi tinggi oleh transduser tadi dilanjutkan dengan pemindahan transduser pada area perut dengan tujuan supaya gambar yang diperoleh bisa berasal dari berbagai bagian jantung. Prosedur yang pelaksanaannya sudah selesai akan dilanjutkan dengan pembersihan gel/pelumas tadi.
  • Untuk ekokardiografi transvaginal, itu artinya prosedur ini akan meminta pasien untuk berbaring setelah melepas pakaian dari pinggang ke bawah. Akan ada alat khusus berukuran kecil yang akan dimasukkan oleh tim medis ke dalam vagina dan dari situlah akan dihasilkan gelombang suara yang akan dianalisa. Jenis pemeriksaan ini pada umumnya dilakukan di awal kehamilan sehingga akan menghasilkan gambaran jelas kondisi jantung janin.
  • Tes ini hanya perlu ditempuh selama setengah jam atau paling lama sekitar 2 jam.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan akan fetal ekokardiografi. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua yang hendak menempuh proses medis ini.