Home Penyakit dan KelainanWasir Ketahui 12 Olahraga Untuk Ambeien, Yang Boleh dan Tidak Boleh

Ketahui 12 Olahraga Untuk Ambeien, Yang Boleh dan Tidak Boleh

by Erlita

Penderita ambeien atau wasir tentu boleh berolahraga dan justru olahraga rutin dianjurkan bagi mereka supaya aliran darah yang sempat tidak lancar dapat diperbaiki. Tak hanya itu, olahraga pun menjadi suatu cara untuk mengatasi sembelit atau konstipasi yang merupakan salah satu faktor wasir terjadi. Berikut adalah olahraga untuk ambeien yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Olahraga yang Boleh Dilakukan Penderita Ambeien

Untuk penderita ambeien, berikut ini adalah sejumlah olahraga yang baik dan dianjurkan untuk dilakukan supaya mampu mencegah ambeien bertambah parah. Olahraga yang dianggap paling aman di sini adalah seperti:

  1. Senam Aerobik

Senam aerobik masih tergolong olahraga kardio yang bisa Anda coba lakukan dan jenis olahraga ini sangat baik sebab mampu mendukung tubuh untuk lebih aktif. Hanya saja, jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dulu kurang lebih 5-10 menit dan senam aerobiknya sendiri bisa dilakukan setengah jam lamanya disusul dengan pendinginan dengan durasi yang sama seperti melakukan pemanasan.

  1. Jalan Kaki

Jika ingin melakukan olahraga yang jauh lebih simpel, maka berjalan kakilah sekitar 30 menit setiap hari. Hal ini juga bisa dilakukan setiap sehabis makan agar makanan yang kita asup dapat turun dengan baik dan tercerna sempurna. Bahkan olahraga jalan kaki yang sesederhana ini memampukan Anda untuk bisa mencegah maupun mengatasi sembelit.

  1. Jogging

Olahraga lain yang dapat dijadikan alternatif adalah jogging di mana aktivitas lari kecil ini bisa dilakukan kapan saja ketika Anda senggang. Bahkan jogging di pagi hari akan jauh lebih baik dalam membantu dalam hal melunturkan lemak sekaligus membakar kalori. Tak hanya menjadi cara menurunkan berat badan yang ampuh, Anda juga bisa menyembuhkan ambeien.

  1. Zumba

Kurang olahraga adalah salah satu alasan mengapa sembelit mudah datang dan ambeien pun terjadi. Oleh karena itu, tubuh memerlukan aktivitas fisik yang tepat untuk menghindarkan diri Anda dari gangguan pencernaan semacam konstipasi. Zumba adalah latihan fisik yang sangat aktif dan seru, bagi Anda yang suka bisa mencobanya untuk meredakan ambeien.

  1. Yoga

Sejumlah gerakan Yoga pun efektif dalam menjadi solusi ambeien Anda. Yoga adalah suatu latihan fisik yang mampu membuat tubuh jauh lebih fleksibel serta peredaran darah menuju saluran pencernaan juga jauh lebih lancar. Dengan begitu, pergerakan usus yang tadinya melambat sehingga menyebabkan sembelit dapat terstimulasi.

Yoga tak harus dilakukan dengan bantuan instruktur sebab Anda bisa melakukannya sendiri di rumah jika gerakan tersebut cukup sederhana. Bahkan sejumlah pose Yoga seperti suspine twisting, wind relieving, dan juga cat and cow bisa Anda lakukan di rumah baik itu malam hari sebelum tidur, sore hari saat Anda luang atau pagi setelah bangun tidur.

  1. Berenang

Olahraga kardio alternatif yang juga ampuh dalam membantu pemulihan ambeien adalah berenang. Anda bisa melakukannya serutin mungkin seminggu 3-4 kali misalnya agar tubuh selalu aktif dan menjadikan kebutuhan air bagi tubuh meningkat. Tak hanya itu, renang pun merupakan olahraga kardio yang bisa mengurangi stres sekaligus memperbaiki pola makan.

  1. Jalan Cepat

Jika Anda ingin mencari olahraga lain yang aman dan sama sederhananya seperti jalan kaki dan jogging, jalan cepat juga boleh dicoba. Melakukan jalan cepat setengah jam sehari bisa membantu Anda melancarkan pencernaan sekaligus mengatasi ambeien. Jika 30 menit terasa lama bagi Anda, cukup lakukan 15 menit saja tapi beberapa kali sehari.

  1. Melatih Otot Dasar Panggul

Saat otot dasar panggul mengalami gangguan, maka otomatis proses buang air besar jadi terhambat dan kurang lancar karena sulitnya menggerakkan otot tersebut. Dengan melakukan berbagai pose seperti forward lunge tentunya akan sangat membantu dalam perbaikan otot panggul menjadi lebih nyaman dan mudah saat bergerak.

  1. Senam Kegel

Dengan memraktekkan cara melakukan senam kegel yang benar, otot panggul dan pelvis akan jauh lebih kuat sehingga tekanan bawah tubuh bisa hilang. Untuk melakukannya, Anda cukup mencoba untuk buang air kecil 2 detik lamanya lalu selama beberapa detik Anda hentikan secara paksa, lalu Anda bisa keluarkan lagi.

Ini adalah salah satu aktivitas pengendalian otot dasar panggul dan sesudah membiasakan diri melakukan kegiatan tersebut, lakukan senam kegel tanpa lebih dulu buang air kecil. Untuk tujuan mencegah sekaligus mengobati ambeien, senam kegel ini lebih baik dilakukan dengan pengulangan 15 kali tiap kali Anda melakukannya.

Olahraga yang Tidak Diperbolehkan Saat Ambeien

Setelah tahu apa saja olahraga yang baik dilakukan untuk mengobati ambeien, Anda perlu tahu apa saja olahraga yang tak sebaiknya dilakukan. Beberapa jenis olahraga di bawah ini hanya akan memperparah kondisi ambeien dan justru membuat ambeien bisa lebih mudah terjadi berulang.

  1. Angkat Berat

Olahraga seperti angkat berat mengharuskan kita untuk mengejan karena mengangkat beban dan mencoba menahannya dengan seluruh kekuatan kita. Oleh karena itu, angkat berat perlu Anda hindari supaya ambeien tak menjadi makin serius dan terjadi berulang pada Anda.

  1. Lompat Tali

Meski gerakan aerobik dan zumba yang begitu aktif sangat boleh untuk penderita ambeien, sayangnya olahraga lompat tali harus Anda lewati dulu selama ambeien masih dialami. Olahraga dengan dampak tinggi apalagi dengan lompatan-lompatan yang intens perlu Anda hindari sampai penyakit ambeien benar-benar sembuh dulu.

  1. Deep Squat

Walau memang deep squat merupakan salah satu olahraga yang mampu membantu melenturkan otot dasar panggul sehingga mencegah sembelit dan memperlancar proses BAB, nyatanya gerakan ini justru hanya akan menekan rektum dan mampu memperburuk kondisi sembelit Anda. Hindari segala bentuk gerakan olahraga deep squat hingga ambeien Anda sembuh.

Itulah daftar olahraga untuk ambeien yang boleh dan tidak boleh dilakukan bagi Anda yang ingin cepat sembuh. Perhatikan juga asupan makanan Anda dengan menghindari makanan yang dapat menyebabkan ambeien agar tak gampang sembelit dan berakibat pada timbulnya ambeien. Jika Anda ragu, cobalah berkonsultasi tentang apa olahraga yang paling baik dengan dokter kepercayaan Anda.

You may also like