3 Cara Mengolah Lada Hitam Untuk Vitiligo Pulih Secara Alami

579

Vitiligo merupakan salah satu dari jenis-jenis penyakit kulit yang sebenarnya cukup umum terjadi di mana kulit kehilangan pigmentasi. Banyak pula yang mengategorikan kondisi ini pada jenis penyakit autoimun karena memang ada faktor mutasi genetik seperti yang telah ditunjukkan oleh sebuah hasil penelitian pada Mei 2010.

Walau tak mematikan, jenis kondisi ini sulit dan bahkan tak memungkinkan untuk sembuh total. Bahkan diketahui pula bahwa penyakit ini mampu memengaruhi psikologis penderitanya meski tak banyak dijumpai. Hanya saja bagi penderita vitiligo janganlah berkecil hati dulu, ada cara mengolah lada hitam untuk vitiligo yang mudah dan memampukan warna kulit di sejumlah area tubuh kembali lagi.

Kandungan Lada Hitam

Lada hitam bukan hanya kerap menjadi penyedap makanan saja, bumbu dapur ini pun memiliki kandungan-kandungan nutrisi baik bagi kesehatan sehingga mampu menjaga tubuh terjauh dari berbagai penyakit, seperti kandungan gizi di bawah ini:

Cara Pengolahan Lada Hitam Sebagai Obat Vitiligo

Setelah mengenali setiap kandungan nutrisi dari lada hitam yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, Anda pun perlu mengetahui bagaimana cara yang benar dalam mengolah lada hitam ketika hendak mengobati vitiligo. Walau tak ada obat yang dipercaya sepenuhnya mampu menyembuhkan vitiligo, sejumlah pengobatan vitiligo alami, termasuk dengan lada hitam rupanya bisa diandalkan.

  1. Lada Hitam dalam Bentuk Bubuk Sebagai Obat Luar

Lada hitam dapat digunakan sebagai obat vitiligo yang bisa Anda coba andalkan dalam bentuk minyak. Salah satu terapi vitiligo menggunakan lada hitam adalah ketika Anda menghancurkan lada hitam yang sudah disediakan hingga membentuk bubuk. Bubuk lada hitam inilah yang dibalurkan pada area kulit yang berbercak putih.

Bercak putih tanda bahwa Anda menderita vitiligo dapat dibalur merata menggunakan lada hitam yang sudah bertekstur bubuk. Zat piperine pada lada hitamlah yang dipercaya mampu meningkatkan pigmentasi kulit yang sudah hilang pada penderita vitiligo.

  1. Lada Hitam dalam Bentuk Minyak Sebagai Obat Luar

Selain dibuat menjadi bubuk, lada hitam pun bisa digunakan dalam bentuk minyak esensial di mana minyak lada hitam pun memiliki kandungan antikanker, antioksidan serta antiradang yang siap melawan berbagai jenis penyakit di dalam maupun di luar tubuh. Ekstrak kloroform mentah pada lada hitam yang berkandungan piperine mampu menjadi stimulator pigmentasi kulit.

Melanosit adalah sel pigmen kulit yang akan terstimulasi oleh kandungan lada hitam bernama piperine. Tak hanya sebagai pendukung pada perawatan vitiligo dari dalam, sebenarnya lada hitam pun sangat berguna untuk membuat rahim wanita sesudah melahirkan stabil dan pulih kembali secara lebih cepat.

  • Untuk pengolahan pertama, Anda bisa mendapatkan minyak atsiri yang alami dihasilkan langsung dari lada hitam yang diolah melalui penyulingan uap.
  • Untuk pengolahan alternatif, Anda bisa mencoba mencampurkan lada hitam dengan minyak esensial lainnya yang bermanfaat baik bagi kesehatan kulit untuk membuat pigmentasi kulit mengalami peningkatan.
  1. Lada Hitam Dicampurkan pada Masakan

Mencampurkan lada hitam ke masakan-masakan Anda juga turut menjadi salah satu pengolahan lada hitam yang paling sederhana ketika hendak mencoba mengobati vitiligo. Bukan hanya masalah kulit, bahkan dalam membuat tubuh yang sulit mengeluarkan keringat serta sulit buang air kecil pun bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan berlada hitam.

Demikianlah sejumlah cara mengolah lada hitam untuk vitiligo yang kiranya bisa Anda terapkan ketika berharap bisa menghilangkan bercak putih dengan cara mandiri, alami dan sederhana. Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengobati vitiligo adalah menggunakan obat herbal vitiligo ataupun krim steroid serta menghindari paparan sinar matahari langsung.