Guru Pekerja Keras Ini Tiba-tiba Kena Stroke Usai Mengeluh Sering Sakit Kepala

160

Sakit kepala kerap dianggap sebagai kondisi yang ringan oleh sebagian besar orang walaupun kejadiannya cukup sering. Meski mungkin bukan hal besar, kadang kala dari kondisi sakit kepala seperti ini justru merupakan tanda adanya penyakit yang lebih serius lho, termasuk bisa jadi gejala stroke awal seperti yang dialami oleh seorang guru bernama Zhang.

Dilansir dari China Press, Zhang yang berprofesi sebagai seorang guru ini sering kerja sampai larut malam saking pekerja kerasnya. Namun, tiba-tiba saja sewaktu dirinya tengah mengajar, serangan stroke terjadi padanya. Memang insiden ini telah dialaminya dua tahun lalu di mana hal tersebut menjadikan Zhang sampai kini belum pulih betul akan kemampuan bicaranya.

Zhang mengaku penuh penyesalan dilansir dari World of Buzz gara-gara tak jaga kesehatan dengan baik. Waktu itu kesibukannya sungguh padat demi mempersiapkan para muridnya yang hendak menghadapi ujian kelulusan sehingga ia merasa bertanggung jawab untuk hal tersebut.

Sebagai akibatnya, ia jadi sering kurang tidur karena bekerja sampai larut malam hingga pada akhirnya ia sakit kepala. Mungkin karena menganggap sakit kepala biasa, ia mengabaikan kondisi tersebut tanpa minum obat dan tanpa beristirahat lebih cukup supaya sakit kepalanya reda. Mulai sering sakit kepala secara konsisten, sekitar sebulan sebelum libur sekolah, barulah ia minum obat.

Hanya saja, seperti sudah terlambat bukannya membaik malah usai minum obat ia merasa mual dan pusing. Istrinya sudah memintanya untuk istirahat tapi Zhang tak mengindahkannya. Tepat saat sedang mengajarlah ia mendadak jatuh ke lantai yang sempat bikin para muridnya kaget, lalu ia dibawa langsung ke rumah sakit.

Usai menangani Zhang, sang dokter mendiagnosanya menderita penyakit stroke dan pasiennya tak lagi bisa mengabaikannya lebih jauh sebab sakit kepalanya sudah sampai hampir setahun yang kini disertai rasa mual dan pusing. Sakit kepala konsisten siapa tahu bukanlah sakit kepala biasa karena ini adalah tanda umum penyakit darah tinggi dan stroke.

Kenali apa saja keluhan gejala yang dianggap biasa dan ringan namun merujuk pada penyakit stroke agar dapat mewaspadainya:

  • Pusing
  • Mudah kebingungan
  • Penglihatan jadi kabur
  • Sakit kepala sering muncul dadakan dan bahkan sangat serius
  • Disfagia atau kesulitan menelan
  • Kehilangan keseimbangan
  • Kesulitan berjalan
  • Sering vertigo

Diungkapkan sendiri oleh Zhang bahwa ia tak sadar bahwa sakit kepalanya berkaitan dengan penyakit seserius stroke karena ia awalnya mengira itu adalah pusing biasa. Melihat dari kasus Zhang, segera cari tahu apa yang tengah terjadi dengan tubuh kita ketika satu atau lebih kondisi terus-menerus terjadi secara konsisten walau nampak ringan.