Stres Karena Macet Saat Weekend? Ini 7 Tips Atasinya

96

Libur panjang sekaligus memasuki weekend, pasti sudah banyak rencana untuk mengunjungi tempat-tempat menyenangkan bersama keluarga, teman atau sendiri. Ketika berkendara di waktu-waktu seperti ini tak heran kalau kemudian kejenuhan menghampiri karena saking macetnya. Jadi apabila jalanan di wilayah tempat tinggal Anda super macet di kala weekend, ini tips siasati stres.

  1. Berpikir Positif

Daripada memikirkan bagaimana kemacetan bisa terjadi dan pasti ini bakal lama serta menghambat dalam mencapai tujuan, cobalah untuk menikmatinya. Semakin berpikiran negatif, maka rasanya tubuh bisa semakin kaku dan tegang yang menyebabkan stres berkelanjutan. Anggap saja saat macet adalah waktunya Anda beristirahat sambil mendengarkan lagu-lagu favorit di radio atau MP3 pribadi.

  1. Mengajak Teman

Bagi yang ingin berlibur sendiri pada waktu weekend, ini bisa jadi peningkat risiko kebosanan dan juga kecelakaan lalu lintas. Jadi, usahakan Anda menikmati waktu weekend tidak sendirian dan ada teman, pasangan, ataupun anggota keluarga yang menjadi penumpang lain di dalam mobil atau membonceng motor Anda.

Saat ada penumpang lain, dijamin tidak akan mudah jenuh selama perjalanan yang biasanya dapat meningkatkan potensi ngantuk terus-menerus selama macet. Ini karena Anda akan ada teman mengobrol dan bercanda sehingga waktu lama di perjalanan tak akan terasa, dan tahu-tahu saja sudah sampai nanti di tempat tujuan.

  1. Latihan Pernapasan

Marah-marah saat macet tak serta-merta membuat jalanan tiba-tiba jadi tidak macet lagi bukan? Cobalah untuk mengambil waktu untuk melatih pernapasan dengan menarik napas, mengembuskannya, dan lakukan ini secara berulang. Terjebak macet bisa jadi waktu terbaik untuk berelaksasi sehingga energi dan suasana hati tetap terjaga baik.

  1. Berada di Satu Jalur Saja

Supaya tak membuat lebih lama di perjalanan yang sedang macet, hindari berpindah-pindah jalur. Tetaplah ada di satu jalur dan ini merupakan langkah tepat dalam berkendara di kala macet. Sambil terus berpikir positif, maka berkendara bisa jadi lebih sabar dan akhirnya pun nanti bisa sampai ke tujuan.

  1. Mendengarkan Lagu yang Tepat

Pemilihan lagu yang didengarkan saat berkendara rupanya juga turut memengaruhi tingkat stres saat berkendara dalam kondisi macet. Menurut hasil survei di Inggris, mendengarkan musik metal, hip hop atau rock saat mengemudi akan membuat aksi berkendara makin semangat dan kecepatan ditingkatkan yang memperbesar potensi kecelakaan.

Sementara mendengarkan musik pop atau klasik justru membantu para pengemudi untuk berkendara dengan santai dan rileks sehingga lebih mampu menikmati perjalanan di tengah kota yang macet. Mendengarkan lagu yang semangat sah-sah saja, tapi juga jangan kemudian mendengarkan genre musik keras yang bisa berpengaruh pada pikiran yang makin stres karena ingin cepat sampai tujuan.

  1. Pengharum yang Tepat

Bagi pengendara mobil yang ingin terapi menghilangkan stres saat jalanan macet waktu akhir pekan, cobalah pasang pengharum aroma lavender. Diyakini aroma lavender sangat baik dalam meredakan tekanan darah sistolik dan juga menurunkan tingkat kecemasan. Jadi selama di perjalanan yang macet, Anda akan tetap tenang dan stres hilang.

  1. Pemilihan Alas Kaki yang Nyaman

Para wanita yang mengemudi, mungkin untuk bisa merasa lebih rileks sebaiknya hindari penggunaan sepatu berhak tinggi. Sepasang sepatu terepes nan nyaman atau bahkan sepatu olahraga akan membuat diri sendiri lebih baik. Bahkan para pria pun tak harus menggunakan sepatu kerja saat mengemudi di saat weekend supaya terkesan juga lebih santai.

Itulah beberapa jurus dalam menghadapi kemacetan saat weekend tiba. Tetaplah tersenyum dan tampilkan ekspresi wajah terbaik yang akan otomatis mendorong agar stres mereda. Nikmati perjalanan dengan sikap hati dan pikiran yang positif supaya energi tak cepat terkuras.