Intip 9 Metode Relaksasi untuk Para Wanita Super Sibuk

Para wanita karir apalagi yang sudah menikah sehingga merangkap pula sebagai ibu rumah tangga, hari-hari yang begitu padat dengan aktivitas pastinya mampu menimbulkan rasa jenuh dan stres tersendiri. Padahal, tak ada salahnya lho bagi para wanita super sibuk untuk mengambil waktu merilekskan diri sebagai bentuk mencintai dan merawat diri sendiri. Intip beberapa metode relaksasi berikut yang bisa coba diterapkan.

1. Mandi atau Berendam dengan Cahaya Lilin

Bagi yang memiliki bathtub di rumah, manfaatkan dengan baik untuk mandi atau berendam dikelilingi cahaya lilin. Cara memanjakan diri seperti ini dijamin dapat membuat segala kecemasan dan stres mereda dan hilang. Tak hanya itu, alternatif lain seperti berendam/mandi sambil maskeran, membaca buku ataupun majalah pun layak dicoba.

2. Menghindari Gadget

Setiap hari yang sibuk dan padat sampai membuat stres bisa juga diatasi dengan menjauhkan diri sehari saja dari gadget. Matikanlah ponsel, komputer, notebook, maupun barang-barang elektronik lainnya yang kemungkinan dapat menginterupsi waktu rileks kita. Sebagai gantinya, berkutatlah dengan buku yang disukai, atau bisa juga bermain bersama anak seperti menggambar bersama, melakukan puzzle, main kartu.

3. Berkebun

 Bila senang dengan berbagai macam tumbuhan, mengapa tak mencoba merilekskan diri dengan cara tersendiri, yakni berkebun misalnya? Berkutat di taman bisa sangat merilekskan lho karena dapat menjadi lebih dekat dengan alam. Maka bagi yang punya hobi berkebun, bisa dimulai dari sekarang kok.

4. Olahraga

Pereda stres paling ampuh salah satunya adalah dengan melakukan olahraga karena hormon endorfin akan terlepas di dalam tubuh sehingga rasanya akan kembali semangat dan bahagia. Pakailah waktu luang sekitar 15-30 menit sesekali untuk melakukan olahraga favorit agar stres bisa hilang dengan alami. Bahkan jika ada waktu, lakukan renang atau Yoga di mana kedua olahraga ini dianjurkan sebagai pereda stres efektif.

5. Bernafas Dalam-dalam

Seringkali hal yang paling tak disadari adalah diri kita tak mendapat cukup oksigen saat sedang stres-stresnya. Maka dari itu, ambil waktu barang sejenak untuk mengatur nafas, bernafas dalam-dalam hitung sampai 3-5 dan embuskan perlahan. Hal ini bisa dilakukan di manapun kok jadi tak harus selalu dilakukan di rumah.

6. Jalan-jalan

Jalan-jalan bukan berarti harus naik kendaraan dan pergi yang jauh ya. Jika hanya memiliki sedikit waktu, kenapa tak coba jalan-jalan di sekitar rumah untuk mendapatkan angin segar. Menikmati pemandangan sekitar akan membawa rasa rileks yang luar biasa walau kegiatan ini begitu simpel.

7. Bertemu Teman-teman

Berhari-hari berkutat dengan pekerjaan kantor, belum lagi harus mengerjakan pekerjaan rumah tentunya adalah hal yang sangat menekan. Ambil waktu untuk sekadar ngopi bareng bersama teman atau sahabat sebagai bentuk relaksasi. Sesi ngobrol dan curhat di saat seperti ini akan membantu kita untuk memperoleh kekuatan baru dan dukungan dari teman-teman terdekat.

8. Meditasi

Ahli menyebut meditasi sembuhkan depresi, maka jelas bahwa aktivitas satu ini bisa dilakukan untuk merilekskan fisik dan pikiran secara ampuh. Lakukan pause barang 10 menit untuk mengambil nafas dan menjernihkan pikiran dari segala kekacauan yang ada. Bahkan ketika sedang ada di tempat kerja, bermeditasilah ketika otak tak lagi bisa diajak berpikir jernih.

9. Mendengarkan Jenis Musik yang Merilekskan

Jenis musik klasik dan jazz adalah penolong yang tepat di kala stres melanda. Saat suasana hati dan pikiran rasanya buruk dan ingin meledak, putar musik jenis ini sebagai background sambil kita berkegiatan. Atau ambil waktu sebentar, duduk, pejamkan mata sambil mendengarkan musik yang merilekskan sesuai dengan apa yang jadi favorit kita.

Jadi bagi para wanita super sibuk dengan karir maupun urusan rumah tangga, jangan lupa untuk mencintai diri sendiri dengan me time. Ketika kita sudah rileks, maka otomatis tenaga pun ter-recharge sehingga kita bisa jauh lebih fokus dalam mengerjakan aktivitas-aktivitas selanjutnya.