11 Gejala Awal Sakit Jantung yang Harus Kita Perhatikan

Salah satu penyakit yang sampai sekarang bisa disebut dengan penyakit penyebab kematian terbanyak salah satunya adalah penyakit jantung. Sakit jantung ini merupakan kondisi dimana aliran darah yang mengandung oksigen aliran nya terhambat. Aliran darah menuju jantung ini akan terganggu dan akan menyebabkan otot jantung menjadi berfungsi dengan tidak normal. Kondisi ini sangatlah berbahaya bila tidak segera mendapatkan pertolongan dan pengobatan. Hal yang paling ditakutkan adalah banyak orang yang tidak mengetahui perbedaan sakit jantung dan nyeri dada biasa. Itulah mengapa banyak orang yang telat mengetahui jika mereka memiliki masalah dengan jantungnya. Untuk itulah mengapa kita perlu mengetahui gejala awal sakit jantung agar kita bsia membedakan antara sakit jantung dengan nyeri pada dada biasa. Adapun gejala awal sakit jantung adalah :

  1. Sakit Kepala
    Sakit kepala mungkin hal yang biasa terjadi pada banyak orang. Namun ada beberapa kondisi dimana sakit kepala yang anda alami berarti anda memiliki masalah dengan jantung anda. Seperti contohnya apabila sakit kepala yang anda derita disertai dengan nyeri pada dada. Hal lain yang mengindikasikan jika sakit kepala anda berkaitan dengan masalah jantung adalah apabila rasa sakit kepala yang anda derita muncul ketika anda terkena sinar matahari. Kondisi ini akan menyebabkan denyut jantung menjadi lebih lambat atau lebih cepat.
  2. Nyeri pada bagian dada
    Gejala awal sakit jantung yang paling umum adalah dengan dirasakanya sakit pada bagian dada. Meskipun tidak semua nyeri pada dada yang dirasakan merupakan tanda – tanda dari sakit jantung. Nyeri pada dada ini disebabkan ketika terjadi penyempitan pembuluh darah jantung, tentu saja hal ini akan mengakibatkan peredaran darah menjadi tidak lancar. Kondisi ini akan menjadi lebih parah jika disertai dengan lemah dan sering mati rasa. Efek dari nyeri pada dada ini bisa menimbulkan sesak nafas, mual, dan denyut jantung yang berdegup lebih kencang.
  3. Denyut jantung yang tidak beraturan
    Gejala lain yang menandakan adanya masalah pada jantung anda adalah detak jantung yang berdebar – debar dan denyut nya mulai tidak beraturan. Kondisi ini disebabkan karena otot jantung mengalami penebalan dan menyebabkan detak jantung menjadi tidak beratur. Hal ini jugalah yang menjadi penyebab dari penyempitan katup jantung dan lebih jauh akan menjadi penyebab kebocoran pada jantung
  4. Mudah lelah
    Hal lain yang menjadi tanda – tanda adanya masalah dengan jantung adalah tubuh menjadi mudah lelah. Hal ini karena dada yang nyeri akan membuat tubuh menjadi lebih mudah lelah. Ketika jantung mengalami masalah maka otot jantung pun akan melemah dan menyebabkan pemompaan darah ke seluruh tubuh menjadi tidak sempurna. Ini lah yang menjadi penyebab tubuh menjadi mudah lelah.
  5. Pembengkakan
    Hal lain yang menandakan masalah pada jantung kita adalah ketika terjadi pembengkakan pada beberapa bagian tubuh kita seperti pada perut. Masalah pada jantung akan membuat fugnsi jantung melemah dan berdampak pada proses pembuangan pada ginjal yang juga akan mengalami masalah. Hal ini lah yang akan membuat perut menjadi membengkak.

  6. Mual
    Masalah pada jantung yang membuat perut menjadi bengkak juga akan membuat munculnya rasa mual. Hal ini karena terlalu banyak zat yang tidak terproses oleh ginjal sehingga menyebabkan masalah pada organ pencernaan.
  7. Nafsu makan yang menurun
    Hal lain yang juga menjadi tanda sakit jantung adalah nafsu makan anda yang menurun. Hal ini karena perut yang makin besar dan juga rasa mual yang ditimbulkan akan mempengaruhi kondisi ini. Hal ini juga akan menjadi lebih parah bila disertai dengan dada yang terasa sakit dan juga tubuh yang menjadi lebih cepat lelah.
  8. Keringat yang berlebihan
    Mengeluarkan keringat merupakan reaksi yang wajar pada tubuh. Namun mengeluarkan keringat menjadi tanda masalah jika keringat yang dikeluarkan terlalu banyak dan tidak normal. Keringat yang berlebihan merupakan salah satu tanda jika jantung kita memiliki masalah.
  9. Sakit pada beberapa bagian tubuh
    Masalah pada jantung tentu saja akan membuat peredaran darah menjadi tidak normal. Dari aliran yang bermasalah itulah maka beberapa organ pada tubuh akan mengalami nyeri. Salah satunya adalah dengan sering sakit pinggang.
  10. Jantung berdebar
    Kondisi yang biasa disebut dengan palpitasi ini juga merupakan sebuah gejala awal sakit jantung yang harus kita waspadai. Kondisi ini akan terjadi meskipun anda tidak sedang melakukan kegiatan apaapun.
  11. Cemas
    Beberapa orang meyakini jika masalah pada jantung juga ditandai dengan perasaan cemas yang berlebihan. Rasa cemas ini akan menjadi semakin parah bagi mereka yang sebelumnya juga pernah mengalami serangan jantung mendadak. Kecemasan ini akan membuat mereka menjadi lebih takut, cemas, dan menjadi lebih tegang.

Itulah beberapa hal yang menjadi gejala awal sakit jantung yang harus kita waspadai dan perhatikan supaya kita bisa mendapatkan pertolongan secara cepat dan tepat.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Penyakit Jantung