6 Faktor Resiko Penyakit Jantung Wajib di Ketahui

84

Penyakit jantung termasuk penyakit berbahaya, dan menjadi pembunuh nomor satu di dunia hingga saat ini. Penyakit ini seringkali tidak kita sadari gejalanya, sehingga sering dianggap terjadi tiba-tiba, atau terjadi serangan jantung mendadak. Padahal, penyakit jantung pun menunjukkan gejala-gejala yang jika kita teliti maka penyakit tersebut bisa segera diatasi sebelum bertambah parah. Penyebab penyakit jantung sendiri cukup banyak, dan beberapa faktor resiko penyakit jantung berikut ini penting sekali untuk kita ketahui agar dapat lebih waspada.

1. Stres dan Depresi

Jika Anda sering merasakan stres akibat pekerjaan, hubungan atau hal lainnya dalam hidup, sebaiknya segeralah mencoba untuk mengatasi stres tersebut. Jika terjadi dalam waktu lama, maka stres dan depresi dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Ditambah lagi jika Anda sering merasa sedih atau kesepian. Perbanyak aktivitas di luar dan berkomunikasi dengan orang banyak dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

2. Merokok

Tidak semua orang yang merokok pasti terkena penyakit jantung, namun faktanya sebagian besar orang yang menderita penyakit jantung pernah atau masih aktif merokok. Kandungan bahan kimia berbahaya dalam rokok dapat merusak organ jantung dan mengganggu fungsinya. Pembuluh darah menjadi sempit dan sulit untuk mengalirkan darah ke jantung, sehingga lapisan dalam jantung mengalami kerusakan.

3. Hipertensi dan Kolesterol Tinggi

Saat kolesterol terlalu tinggi, maka darah akan menjadi kental, dan terbentuk plak-plak yang mempersempit pembuluh darah. Akibatnya darah sulit untuk dialirkan dan menyebabkan jantung harus bekerja keras untuk memompanya. Kondisi ini dapat membuat jantung kelelahan, dan jika berlangsung lama dapat membuat jantung mengalami gangguan fungsi bahkan kerusakan permanen.

4. Riwayat Keluarga

Perlu diketahui bahwa riwayat keluarga juga dapat berpengaruh terhadap resiko seseorang terserang penyakit jantung. Jika orang tua atau saudara kandung ada yang memiliki riwayat penyakit jantung, maka kemungkinan besar orang tersebut juga bisa terkena penyakit jantung. Kondisi ini memang bersifat keturunan, namun jika kita menerapkan pola hidup sehat, penyakit jantung dapat dicegah.

5. Sering Lembur

Bekerja melebihi waktu yang telah ditentukan juga dapat menjadi faktor resiko penyakit jantung. Tubuh yang terlalu banyak bekerja akan menjadi sangat lelah, begitu juga dengan jantung yang harus bekerja lebih keras dan kurang istirahat. Jika pekerjaan memang menumpuk, pilihlah yang benar-benar penting untuk diselesaikan lebih dahulu. Kemudian ambil istirahat sejenak sebelum melanjutkan untuk menyelesaikan sisa pekerjaan yang ada.

6. Sakit Gigi dan Gusi

Siapa sangka sakit gigi dan gusi dapat berakibat fatal dan meningkatkan resiko seseorang terserang penyakit jantung. Saat gigi atau gusi sakit, artinya sedang ada bakteri yang menginfeksi dan berkembang biak di sana. Jika bakteri tersebut masuk ke dalam aliran darah dan menuju jantung, maka jantung akan mengalami inflamasi. Selain itu, bakteri juga dapat mempersempit pembuluh darah dan mempengaruhi fungsi jantung.

Itulah faktor resiko penyakit jantung yang seringkali kita abaikan. Selain itu, makanan dan minuman yang membahayakan kesehatan jantung juga penting untuk dihindari, karena dari makanan dan minuman tersebut banyak penyakit muncul kapan saja.