6 Makanan dan Minuman yang Membahayakan Kesehatan Jantung

79

Jantung merupakan salah satu organ penting dalam tubuh, yang berfungsi untuk memompa darah mengalir ke seluruh tubuh. Jika jantung bermasalah, maka akan muncul banyak gangguan kesehatan di bagian tubuh yang lain. Masalah yang terjadi pada jantung bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya faktor makanan dan minuman yang sering kita konsumsi sehari-hari. Jika ingin jantung tetap sehat, sebaiknya hindari makanan dan minuman berikut ini.

1. Gorengan

Semua makanan yang digoreng memang perlu dibatasi untuk dikonsumsi, karena banyak kandungan lemak jahat yang akan mengganggu kesehatan jantung jika sering dimakan. Gorengan yang dimasak dengan minyak yang berulang kali dipakai mengandung lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan mengganggu fungsi jantung.

2. Burger

Kalau dilihat dari bahan makanan yang ada pada burger, hampir semuanya baik untuk dimakan. Namun kombinasi makanan tersebut ternyata justru dapat menimbulkan dampak yang tidak baik terhadap kesehatan jantung. Alasannya, burger juga termasuk salah satu makanan yang tinggi lemak, apalagi jika diolah dengan cara yang kurang sehat.

3. Permen dan Kue

Kue selalu dibuat dengan bahan tepung dan gula, yang tentu saja mengandung banyak kalori dan lemak yang berbahaya bagi tubuh. Begitu pula dengan permen yang jelas mengandung rasa manis dan jika sering mengkonsumsi bisa beresiko terkena penyakit diabetes. Diabetes dapat menyebabkan resiko terkena penyakit jantung semakin besar.

4. Daging Olahan

Daging olahan banyak sekali mengandung garam, pewarna, dan lemak. Kandungannya tersebut tentu tidak baik bagi tubuh, dan dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Salah satu dampak buruk dari keseringan makan daging olahan seperti sosis dan nugget adalah resiko terkena penyakit janung.

5. Minuman Soda

Minuman soda mengandung banyak zat berbahaya, salah satunya adalah senyawa karbonat dan pewarna. Selain itu, kandungan pemanis buatan di dalamnya, juga dapat memicu kegemukan yang dapat menyebabkan diabetes. Penayakit diabetes sendiri sangat berkaitan dengan kesehatan jantung, sehingga minuman soda sebaiknya selalu dihindari.

6. Minuman Manis

Sama halnya dengan makanan dan minuman di atas, minuman manis baik sirup maupun minuman kemasan juga dapat meningkatkan penyakit pada jantung pada seseorang. Kandungan gula pada minuman manis yang terlalu tinggi dapat menghambat aliran darah, juga memperbesar resiko gangguan pada jantung jika orang tersebut sering meminumnya. Hal ini dikarenakan kadar gula yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan penyakit diabetes dan merusak jantung.

Ternyata makanan dan minuman yang dapat membahayakan jantung di atas hampir semuanya sering kita konsumsi bahkan kita sangat menyukainya. Mulai sekarang, demi menjaga jantung tetap sehat dan berfungsi dengan baik, hindari makanan dan minuman di atas serta pilihlah menu makanan yang lebih menyehatkan. Buah dan sayur yang disajikan bervariasi akan lebih baik untuk melindungi jantung dari kerusakan.