4 Tanda-Tanda Batuk Sebagai Gejala Penyakit Jantung

230

Batuk adalah salah satu cara tubuh untuk membantu menghilangkan semua zat asing yang ada dalam saluran pernafasan. Ketika zat asing tersebut bersih amak batuk akan sembuh. Batuk juga menjadi gejala kondisi tertentu seperti flu, penyakit TBC, gangguan pernafasan dan kondisi kesehatan lain.

Tapi hal yang sangat mengejutkan adalah bahwa batuk bisa masalah gejala jantung tidak sehat. Kondisi ini mungkin termasuk hal cukup sering terjadi namun tidak disadari oleh penderita. Ada dua hal yang menyebabkan gejala penyakit jantung bisa ditunjukkan dengan batuk, yaitu:

  1. Terjadinya penyumbatan paru yang diawali ketika jantung tidak bisa berfungsi dengan baik, sehingga darah dari bagian paru yang dipompa oleh jantung akan masuk lagi ke paru.
  2. Terjadinya kebocoran darah ke bagian kantung udara di paru yang membuat pernafasan sesak dan tidak nyaman sampai batuk. Jadi batuk akan membersihkan darah yang masuk ke saluran pernafasan.

Lalu, tanda batuk seperti apa yang menjadi gejala penyakit jantung? Berikut ini penjelasannya.

  1. Disertai Nyeri Dada

Batuk sebagai tanda penyakit jantung biasanya disertai dengan nyeri dada setelah batuk. Kondisi dada mungkin memiliki rasa nyeri yang sedikit berbeda daripada nyeri karena lelah akibat terlalu lama batuk. Jadi penderita akan merasa tekanan yang sangat berat pada dada sampai tembus ke punggung. Jika sudah ada tanda seperti ini berarti jantung Anda memang kurang sehat.

  1. Batuk Sampai Sulit Bernafas

Karena terjadi penyumbatan pada saluran pernafasan akibat kebocoran darah dari jantung maka bisa menyebabkan batuk berat sampai sesak nafas. Tekanan pada jantung menjadi lebih berat karena sumbatan tersebut dan aliran darah yang tidak lancar. Rasa sulit bernafas biasanya juga akan terjadi karena jantung tidak mengalirkan darah yang kaya dengan oksigen. Jadi harus waspada dengan tanda-tanda ini.

  1. Sakit Sampai Rahang

Batuk biasanya memang menyebabkan sakit pada bagian rahang atau tenggorokan. Namun ketika terjadi gejala penyakit jantung maka rasa sakit akan menjalar sampai ke rahang dan tenggorokan. Jika sudah terjadi gejala ini biasanya detak jantung mulai tidak teratur dan kondisi jantung sudah tidak stabil. Segera pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan bantuan.

  1. Batuk Tidak Sembuh

Batuk dalam waktu lama yang sudah diberi obat batuk atau obat flu seperti gejala biasanya tidak akan sembuh ketika sudah berhubungan dengan penyakit jantung. Batuk yang menjadi gejala penyakit jantung biasanya akan terus terjadi. Bahkan sudah mulai merasakan sesak pada dada akibat paru-paru yang sudah terganggu fungsinya. Kondisi ini sudah berhubungan dengan infeksi yang menyerang jantung, atau cedera karena gangguan jantung. Termasuk ketika kantung udara yang ada di paru-paru dipenuhi darah dari jantung.

Itulah tanda – tanda batuk sebagai gejala penyakit jantung. Kondisi ini memang harus diwaspadai sehingga semua orang yang batuk harus memperhatikan gejala yang terjadi.