Kenali 6 Gejala Gagal Ginjal yang Paling Mudah Terlihat !

184

Gagal ginjal kini menjadi salah satu penyakit yang mulai mengancam orang-orang usia produktif dan seringkali bahkan terdeteksinya penyakit ini sudah terlambat. Bukankah deteksi dini menjadi sulit karena memang gejala gagal ginjal sulit dikenali? Ada kok beberapa gejala yang kasat mata sehingga bisa menjadi indikator bagi Anda untuk mengecek kesehatan secepatnya.

  1. Kaki Tangan Bengkak

Saat kerusakan pada ginjal terjadi, ada natrium yang tertahan di dalam tubuh lebih banyak dan inilah yang menyebabkan pembengkakan secara tiba-tiba. Tentunya gejala satu ini termasuk yang mudah terlihat bukan? Dan biasanya, pembengkakan di kaki kiri dan kanan tampak simetris yang menandakan fungsi ginjal sudah terganggu.

  1. Mual Disertai Muntah

Walaupun kegagalan fungsi terjadi pada ginjal, gejala yang juga perlu menjadi perhatian adalah ketika seseorang mual-mual dan juga muntah. Mual dan muntah memang dapat menjadi gejala penyakit apapun, namun perhatikan juga adanya gejala lain yang tak wajar, seperti pembengkakan di kaki dan tangan tadi.

  1. Tubuh Cepat Lelah

Tubuh yang selalu kurang tenaga dan lebih cepat lelah walaupun tak banyak aktivitas yang dilakukan perlu diwaspadai sebagai gejala gagal ginjal. Ini karena saat gagal ginjal terjadi, tumpukan racun dalam darah mampu menjadi pemicunya sehingga berdampak buruk bagi tubuh menjadi mudah letih dan lemah.

  1. Sesak Nafas Disertai Demam Berulang

Gagal ginjal juga dapat menyebabkan beberapa keluhan terkait pernapasan, salah satunya adalah sesak nafas karena cairan menumpuk pada organ paru-paru. Biasanya, kondisi ini juga disertai dengan demam yang terjadi berulang kali yang menandakan adanya infeksi saluran kencing dan masih berkaitan dengan kondisi gangguan pada ginjal.

  1. Urine Berdarah

Istilah untuk kondisi ini adalah hematuria dan kalau normalnya ginjal sehat menjadi penyaring kotoran lewat urine, maka saat ginjal terganggu hal tersebut pun tidak terjadi. Maka kemudian saat buang air kecil urine keluar bercampur darah. Ketika gagal ginjal, urine tak hanya bisa berdarah, tapi juga keluar dengan busa sehingga harus segera diperiksakan.

  1. Ruam Gatal di Kulit

Gejala gagal ginjal lain yang mudah kelihatan adalah munculnya ruam dan gatal-gatal pada kulit sebagai dampak buruk dari penumpukan racun dalam tubuh. Saat terjadi peningkatan tumpukan racun dalam darah, hal ini dapat berpengaruh pada kesehatan kulit sehingga bakal cukup mengganggu jika tak segera diperiksakan.

Deteksi dini tak lagi menjadi sulit bukan dengan adanya tanda-tanda keluhan kasat mata tersebut? Segera ke dokter untuk menempuh pemeriksaan supaya dapat lebih cepat ditangani dan diobati secara benar. Ikuti petunjuk dokter dalam konsumsi obat yang nantinya diresepkan dan pastikan pula untuk mulai mengatur pola makan yang benar, sehat dan seimbang.