Home Featured Butet Kertaradjasa Dikabarkan Ambruk Karena Serangan Jantung? Kenali Gejalanya!

Butet Kertaradjasa Dikabarkan Ambruk Karena Serangan Jantung? Kenali Gejalanya!

by Erlita

Agus Noor selaku penulis Kanjeng Sepuh menyampaikan kabar mengejutkan melalui akun pribadi Instagramnya pada Sabtu (23/3) tentang Butet Kertaradjasa yang ambruk mendadak saat pentas. Dirinya tengah mementaskan Kanjeng Sepuh sebagai Semar saat tumbang dan hal ini menyebabkan suasana di belakang panggung sempat tegang menurut penjelasan Agus.

Saat ambruk, kondisi tubuh Butet dingin dan juga begitu lemas sehingga tim produksi segera lakukan pertolongan pertama. Dikabarkan bahwa seniman teater satu ini terkena serangan jantung mendadak. Lalu sebenarnya, apakah gejala serangan jantung ada gejala yang bisa diwaspadai? Gejala awal selalu ada dan kita perlu mengenalinya lebih jauh.

  1. Sakit pada Dada, Lengan atau Punggung

Sistem saraf biasanya adalah pengirim sinyal rasa sakit yang akan dirasakan pada bagian leher, rahang, siku, pundak atau malah punggung bagian atas. Terkadang rasa sakit di bagian-bagian tersebut tak disertai dengan rasa sakit di dada sehingga bisa saja orang-orang mengabaikan karena tak terpikir ini adalah gejala serangan jantung.

Rasa sakit tersebut datang ketika sel otot jantung tak lagi mendapatkan oksigen secara maksimal sewaktu serangan jantung. Hal ini dikarenakan adanya sumbatan pada pembuluh darah sehingga proses angkutan oksigen menjadi terhambat. Meski tak ada rasa sesak di dada, tetap segera ke dokter jika alami hal-hal seperti ini.

  1. Kelelahan

Aliran darah yang menuju jantung bisa salami penurunan sehingga rasa lelah dapat terjadi, bahkan ketika kegiatan yang dilakukan tak seberapa berat, fisik bisa merasa cepat lelah. Karena hal ini, biasanya karena kelelahan jadi seseorang tak dapat melakukan aktivitasnya secara normal dikarenakan ketegangan ekstra pada otot jantung.

  1. Nyeri di Dada

Hal ini wajar kalau dada muncul adanya rasa nyeri ketika sehabis makan berat, namun saat dada nyeri hingga terlalu mengganggu dan hampir selalu terjadi setiap sehabis melakukan aktivitas apapun, segera hubungi dokter karena ini adalah gejala serangan jantung. Menurut Ryan Madonick seorang gastroenterologis, dada yang nyeri seperti terbakar adalah kondisi yang disebut angin duduk.

  1. Sesak Nafas

Sesak nafas atau nafas pendek setiap melakukan kegiatan berat mungkin normal, namun ketika kondisi ini terjadi mendadak atau bahkan dengan gerakan fisik yang tak seberapa, ini dapat dijadikan tanda serangan jantung. Nafas pendek yang terjadi ketika baru bangun tidur menurut Annapoorna Kini, MD dari The Mount Sinai Hospital dilansir dari Kompas Lifestyle merupakan ciri ketidakberesan pada jantung.

  1. Rahang, Tenggorokan atau Leher Terasa Tidak Nyaman

Beberapa orang dengan riwayat jenis-jenis penyakit jantung atau memiliki risiko tinggi terhadap penyakit ini biasanya dapat merasakan bahwa ada yang tak beres pada tubuh mereka ketika ketidaknyamanan terjadi di bagian tenggorokan, leher atau bisa juga di bagian rahang. Memeriksakan diri ke dokter secepatnya sangat dianjurkan sebelum terlalu lama dan terlambat.

  1. Masalah pada Perut

Serangan jantung juga dapat ditandai dengan adanya masalah pada perut, entah itu sakit perut, perut tegang, mual dan bahkan bisa diikuti dengan muntah-muntah. Meski risiko ini jauh lebih besar terjadi pada wanita, tak menutup kemungkinan pria bisa alami. Karena hal ini dapat terjadi karena makanan maupun serangan jantung, tak ada salahnya langsung ke dokter agar segera diperiksa.

Itulah sederet gejala awal serangan jantung yang paling umum terjadi. Agus Noor pun mengatakan bahwa Butet yang mendapatkan perawatan di rumah sakit sebenarnya masih ingin tetap melanjutkan perannya di dalam pentas tersebut. Namun sang penulis meminta doa untuk kepulihan kesehatan Butet agar bisa cepat main lagi.

You may also like