Kendaron – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

267

Apa yang anda ketahui tentang obat Kendaron? Kendaron adalah obat yang dibuat sebagai solusi bagi seseorang yang mengalami ketidakaturan pada irama jantungnya. Maksudnya, obat ini untuk menyembuhkan jantung yang berdetak tidak beraturan. Kendaron dikonsumsi oleh mereka yang menderita aritmia jantung.

Sebelum anda menggunakan Kendaron, anda perlu tahu bahwasanya obat ini tergolong ke dalam obat keras. Dengan begitu, anda tidak bisa sembarangan menentukan takaran dosisnya dan bahkan biasanya  takaran dosis untuk setiap pasien cenderung berbeda dengan yang sudah tertera di kemasan obat ini. Hal ini dikarenakan dokter harus menyesuaikan dosis Kendaron sesuai dengan kondisi tubuh anda.

Di dalam Kendaron, terkandung zat aktif yang bernama amiodarone HCl. Cara kerja dari Kendaron adalah dengan menghambat terhadap kinerja signal listrik tertentu yang ada pada jantung yang menjadi penyebab irama jantung menjadi tidak normal. Dengan mengkonsumsi Kendaron secara rutin, diharapkan irama detak jantung pasien akan kembali normal seperti sebelumnya.

Kendaron memiliki beberapa merk dagang lainnya yang mungkin anda malah lebih mengetahui merk dagang yang akan kami jelaskan ini dibandingkan dengan Kendaron.

  • Lamda
  • Cordarone
  • Rexodrone
  • Amiodarone HCL
  • Tiaryt
  • Cortifib
  • Cordarone

Fungsi Kendaron

Seperti yang sudah kami sebutkan di awal bahwa kegunaan dari Kendaron adalah sebagai solusi untuk mengatasi irama jantung yang tidak beraturan. Dengan mengkonsumsi Kendaron secara rutin, maka diharapkan irama jantung kembali beraturan dan normal. Namun memang penggunaan Kendaron harus dilakukan sesuai dengan resep yang diberikan dokter guna hasil yang maksimal.

Kontraindikasi Kendaron

  • Bagi seseorang yang mengalami alergi terhadap kandungan pada Kendaron, dianjurkan untuk berhati-hati menggunakannya.
  • Kemungkinan Kendaron tidak dianjurkan dikonsumsi oleh pasien yang pernah memiliki riwayat hipersensitivitas.
  • Adapun kegunaan Kendaron untuk ibu hamil, maka obat ini masuk ke dalam kategori D. Artinya, obat ini sudah menunjukkan hal positif bahwa dapat berdampak pada janin. Akan tetapi, jika manfaat yang didapatkan cenderung lebih besar dibandingkan dengan resiko yang akan dialami, mungkin masih bisa diberikan. Namun hal ini jarang terjadi karena bisa mengakibatkan terjadinya hipertirodisme terhadap bayi.

Dosis Kendaron

  • Dosis awal yang harus diberikan kepada pasien yang ingin mengkonsumsi Kendaron adalah 1 tablet untuk 3 kali dalam sehari. Pengobatan ini dilakukan dalam jangka waktu kurang lebih 1 minggu. Setelah itu, dosis bisa diturunkan hingga 1 tablet untuk 2 kali dalam sehari yang nanti akan dikonsumsi dalam 1 minggu.
  • Dosis pemeliharaan yang harus diberikan adalah sebanyak 1 tablet per hari atau bisa juga kurang dari itu.
  • Pasien bisa mengkonsumsi Kendaron baik bersamaan dengan makan atau tidak. Namun, jika menggunakan dosis tinggi, maka disarankan untuk mengkonsumsinya bersamaan dengan makanan untuk membantu mengatasi kemungkinan rasa tidak nyaman pada pencernaan, seperti mual tanpa muntah.

Harga Kendaron

Adapun mengenai harga dari Kendaron adalah Rp. 7.200 per tablet. Harga yang memang cukup mahal mengingat setiap tablet anda harus mengeluarkan uang hampir Rp. 8.000.

Cara Penggunaan Kendaron

  1. Kendaron harus dikonsumsi secara rutin. Disarankan pasien mengkonsumsinya di waktu dan jam yang sama. Hal ini bertujuan untuk membuat Kendaron bisa bekerja secara lebih maksimal demi kesembuhan yang diperoleh.
  2. Jika ternyata pasien lupa mengkonsumsi Kendaron, maka disarankan langsung segera mengkonsumsinya ketika ingat. Namun, jika ternyata jaraknya tidak jauh dari dosis selanjutnya, maka dianjurkan untuk mengkonsumsi dosis selanjutnya saja.
  3. Jangan pernah mengkombinasikan Kendaron dengan obat-obatan lain yang tidak dianjurkan dokter.
  4. Jangan pernah menggunakan dosis ganda.