14 Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Tumbuh Gigi Geraham Alami Perlu Dicoba

2187

Gusi yang membengkak dapat terjadi pada siapapun dengan penyebab yang juga bervariasi, termasuk karena kurangnya asupan vitamin C, tingkat kebersihan rongga mulut yang rendah, hingga pertumbuhan gigi geraham. Apabila Anda mengalami kasus yang terakhir di mana gusi membengkak karena gigi geraham yang tumbuh, berikut ini cara mengobati gusi bengkak karena tumbuh gigi geraham untuk Anda andalkan.

  1. Kompres Dingin

Pembengkakan biasanya bisa diatasi dengan kompres dingin, jadi ambil saja beberapa kotak es batu yang Anda dapat bungkus menggunakan handuk, tempelkan ke area bengkak. Selain melawan rasa sakit dan menguranginya, peradangan pun akan ikut hilang nantinya.

  1. Menggunakan Irisan Mentimun

Irisan mentimun tak hanya bisa Anda nikmati menjadi lalapan, tapi juga sangat menolong ketika tumbuh gigi geraham dan membuat gusi sekitarnya membengkak. Walau tak ada kandungan khusus pelawan bengkak dan infeksi, irisan mentimun dingin bisa mengurangi pembengkakan dan rasa sakit dengan meletakkan langsung irisannya di area bengkak.

  1. Memakai Kulit Andong

Bahan alami ini bisa Anda siapkan dengan mencuci bersih lebih dulu. Haluskan sampai teksturnya benar-benar lembut bersama dengan garam secukupnya. Setelah selesai, lanjutkan dengan menempelkannya ke bagian gusi bengkak yang sakit dan mengganggu. Bahkan cara perawatan ini ampuh bagi Anda yang sedang sakit gigi sekalipun.

  1. Memanfaatkan Krokot

Rumput pendek yang rasanya asam dan berwarna ungu ini bisa Anda pergunakan sebagai obat bagi gusi bengkak karena pertumbuhan gigi geraham. Sediakan tanaman ini sesuai kebutuhan dan rebuslah bersama air 3 gelas. Didihkan dan airnya kemudian bisa Anda saring sebelum Anda konsumsi saat masih hangat; melakukannya sehari 2 kali lebih baik.

  1. Menggunakan Baking Soda

Selain cara memutihkan gigi dengan baking soda, untuk mengatasi gusi bengkak karena pertumbuhan gigi geraham, cobalah setiap menyikat gigi Anda campurkan pasta gigi Anda dengan baking soda secukupnya. Aplikasikan dengan jari tangan agar bulu sikat gigi tak membuatnya bertambah sakit; rasa sakit dan bengkak pun akan mereda bila melakukan perawatan ini rutin.

  1. Memakai Daun Jambu

Daun jambu rupanya diyakini sebagai sebuah bahan alami yang hebat dalam meredakan rasa sakit. Setelah Anda cuci bersih, kunyah-kunyahlah secara perlahan dan biarkan ekstrak jusnya terlepas untuk mengobati bagian gusi yang bengkak. Atau, rebuslah 7 lembar daun jambu dengan segelas air selama 5 menit untuk menjadikannya obat kumur.

  1. Mengandalkan Ekstrak Vanila

Kandungan sifat antioksidan di dalam ekstrak vanila cukup tinggi sehingga Anda bisa menerapkan ekstrak ini langsung ke bagian gusi yang membengkak menggunakan jari tangan Anda atau memakai cotton bud supaya lebih mudah. Tunggulah beberapa menit setelah diterapkan sebelum akhirnya Anda bisa berkumur air putih untuk membersihkan.

  1. Menggunakan Peppermint

Memiliki sifat penenang dan pereda rasa sakit alami, Anda pun bisa mencoba mengambil beberapa lembar daun peppermint untuk dikompreskan ke area gusi bengkaknya langsung kurang lebih 20 menit lamanya. Atau, gunakan ekstrak peppermint beberapa tetes pada cotton bud, oles perlahan ke gusi Anda dan biarkan selama beberapa menit.

  1. Memakai Garam

Untuk membuat obat ampuh dari garam, Anda cukup melarutkan garam 1 sendok teh ke dalam air hangat sebanyak 1 gelas. Jadikan larutan sebagai obat kumur dan untuk hasil maksimal, Anda perlu berkumur dengan larutan ini sehari 3 kali setiap hari.

  1. Menggunakan Madu

Pastikan bahwa Anda sudah tahu ciri-ciri madu asli sehingga yang Anda sediakan adalah madu murni yang khasiatnya lebih tinggi. Sehari 3 kali oles bagian gusi yang bengkak dengan madu ini dan tinggalkan beberapa waktu sampai meresap dengan baik.

  1. Memanfaatkan Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh adalah jenis minyak yang baik bila dioles ke bagian gusi bengkak sehari 2 kali. Penggunaan teratur akan minyak cengkeh bisa meredakan bengkak dan menyembuhkan rasa sakit yang ditimbulkannya, hanya saja kalau juga mengeluarkan nanah, segeralah ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

  1. Memakai Bawang Merah

Sediakan bawang merah 1 siung saja, lalu haluskan dan setelah teksturnya lembut, oles bagian gusi bengkak dengan ramuan ini. Anda pun boleh mencampurkan bawang merah halus tadi dengan air hangat dan garam untuk menggunakannya sebagai obat kumur sehari 3 kali sampai bengkak sembuh dan kempes total.

  1. Menggunakan Kantong Teh

Kandungan anti-inflamasi pada teh sungguh tinggi, jadi kantong tehnya bisa Anda pergunakan untuk mengobati gusi yang bengkak karena gigi geraham yang tumbuh. Jadi, sesudah membuat secangkir teh, kantong tehnya bisa Anda masukkan ke lemari es dan ketika sudah dingin, tempelkan ke bagian gusi bengkaknya langsung sampai bengkak dan nyerinya hilang.

  1. Minum Air Putih Banyak

Sebagai obat gusi yang bengkak, banyak-banyaklah minum air putih di mana per harinya sampai dengan 2 liter. Namun, hindari pula bahaya terlalu banyak minum air putih karena juga akan membuat Anda tak nyaman serta sering buang air kecil nantinya.

Itulah beberapa cara mengobati gusi bengkak karena tumbuh gigi geraham alami perlu dicoba yang akan meredakan bengkak dan rasa sakit cukup cepat dan aman. Selamat mencoba dan kiranya bermanfaat bagi Anda.