Home Featured Musisi Rock Legendaris Peter Frampton Nikmati Waktu Bersama Gitarnya Karena Penyakit Langka

Musisi Rock Legendaris Peter Frampton Nikmati Waktu Bersama Gitarnya Karena Penyakit Langka

by Erlita

Peter Frampton, seorang musisi rock legendaris yang kini berusia 69 tahun ini belum lama mengungkap soal kondisi kesehatannya. Ia mengalami suatu kondisi langka yang disebut dengan IBM atau Inclusion Body Myositis, yakni sebuah peradangan otot yang kemudian berdampak buruk bagi jaringan ikat, seperti halnya pembuluh darah dalam tubuh.

Dilansir dari People, fungsi otot Frampton terancam lemah dan menjadi lambat karena kondisi tersebut sehingga dikhawatirkan memang ia yang seorang gitaris ini tak lagi dapat memainkan gitarnya. Frampton mengatakan bahwa ia berpikir hanya menjadi tua saja, namun serangkaian tragedi jatuh di atas panggung menimpanya beberapa tahun selanjutnya, di situlah ia merasa ada yang tak beres.

Frampton akhirnya setiap hari memutuskan menikmati waktu bersama gitarnya karena tahu bahwa ia tak lagi bisa memainkan gitar. Setahun terakhir ia mampu menulis empat album, selain itu ia juga memilih tidur bersama gitarnya. Ia begitu berharap masih bisa menulis lirik di hari-hari terakhirnya. Sebenarnya, apa sih gejala paling umum dari penyakit langka bernama IBM ini?

  • Kelemahan pada lengan, kaki, jari tangan dan jari kaki.
  • Pergelangan tangan juga bisa menjadi lemah.
  • Kelemahan pada otot wajah sehingga sulit untuk mengontrol gerakan mata.
  • Disfagia atau kesulitan menelan.
  • Kram otot dan nyeri adalah gejala yang bisa terjadi namun tak umum.

Kebanyakan orang dengan kondisi IBM ini dalam waktu 15 tahun memerlukan bantuan untuk aktivitas-aktivitas sederhana sehari-harinya. Bahkan sejumlah penderitanya bisa saja membutuhkan kursi roda karena tak lagi mampu berjalan.

Sayangnya, hingga kini belum ada penyembuhan untuk IBM, pengobatan yang ada rata-rata hanyalah bertujuan untuk mengoptimalkan kembali kekuatan dan fungsi otot yang melemah. Terapi fisik, terapi okupasi, olahraga, dan juga terapi wicara untuk yang mengalami disfagia adalah yang paling umum diberikan kepada pasien dalam proses pemulihannya.

Frampton sendiri telah pensiun dari karirnya pada Juni lalu dalam tur terpisah dan berfokus pada serangkaian pengobatan untuk kondisi IBM-nya. Beruntung, tenggorokannya belumlah terpengaruh sehingga ia masih dapat berbicara dan bernyanyi dengan baik dan normal. Hanya saja, pergelangan tangan, lengan, jari tangan, jari kaki, serta tungkai kakinya mulai mengalami kelemahan di mana bagian-bagian tersebut semoga masih bisa ditangani.

You may also like