Home Featured Catat! 5 Penyebab Maag Kambuh Lagi Secara Tiba-Tiba

Catat! 5 Penyebab Maag Kambuh Lagi Secara Tiba-Tiba

by Putri Yohani Masnun

Baik orang dewasa maupun anak-anak hampir sebagian besar pernah mengalami penyakit maag. Penyakit ini sebenarnya dapat berpotensi menjadi berbahaya, namun tidak banyak yang menganggap serius penyakit ini. Maag seringkali ditandai dengan rasa sakit pada tenggorokan, nyeri pada perut, ulu hati atau dada, mual, perut terasa begah dan mulut terasa asam. Maag termasuk penyakit yang tidak dapat diobati, karena itu penyakit ini dapat kambuh kapan saja jika terdapat pemicunya. Berikut ini merupakan beberapa faktor yang menyebabkan kambuhnya maag seseorang.

1. Kebiasaan Makan dan Jenis Makanan Tertentu

Orang-orang yang memiliki kebiasaan makan seperti makan dengan porsi besar sekaligus, makan tidak teratur, makan terlalu malam dan berbaring setelah makan akan rentan mengalami penyakit maag berulang. Selain itu, makanan yang asam, pedas dan tinggi lemak juga dapat mengganggu fungsi lambung sehingga penyakit maag mudah terjadi. Untuk mengatasinya, cobalah untuk mulai menerapkan tips diet sehat dan memperbaiki kebiasaan makan agar maag dapat dicegah.

2. Minuman tidak Sehat

Jika Anda memiliki riwayat penyakit maag, sebaiknya hindari untuk mengkonsumsi alkohol, minuman bersoda atau minuman yang banyak mengandung kafein. Jenis minuman tersebut tidak sehat dan dapat memicu maag kambuh kapan saja, bahkan kondisinya dapat bertambah parah. Lebih baik untuk memperbanyak konsumsi air putih untuk mencegah asam lambung naik dan membantu melancarkan proses pencernaan.

3. Obat-obatan

Tidak selamanya obat memberikan manfaat untuk tubuh kita dalam mengatasi penyakit, karena beberapa jenis obat tertentu justru dapat memicu kambuhnya penyakit maag seseorang. Apalagi jika obat dikonsumsi untuk jangka waktu yang lama, maka kandungan bahan kimia pada obat-obatan akan mengiritasi lambung sehingga maag dapat terjadi. Sebaiknya, hindari konsumsi obat jika hanya sakit ringan, dan biasakan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum meminum obat tersebut.

4. Depresi

Orang-orang yang mengalami depresi, stres atau kecemasan rentan mengalami penyakit maag, dan jika tidak diatasi beban mental yang dirasakan dapat memicu maag kambuh berulang kali. Agar penyakit ini dapat dihindari, sebaiknya cobalah untuk mengendalikan perasaan dan lakukan hal-hal yang menyenangkan untuk mencegah depresi berlanjut.

5. Olahraga

Siapapun pasti setuju kalau olahraga baik dilakukan untuk mendukung kesehatan secara menyeluruh. Namun, bagi penderita maag tidak semua jenis olahraga dapat dilakukan, terutama jenis olahraga berat. Olahraga yang banyak melakukan lompatan perlu dihindari agar perut tidak banyak terguncang dan menyebabkan isi perut naik dan memicu iritasi lambung.

Itulah penyebab maag kambuh yang sebaiknya kita hindari. Penting sekali untuk menjaga agar maag tidak berulang kali kambuh, karena maag yang parah dapat mengancam nyawa penderitanya. Jika asam lambung naik, segeralah konsumsi obat asam lambung tinggi agar tidak sampai mengiritasi lambung dan menyebabkan maag bertambah parah.

You may also like