Home Penyakit dan KelainanKulit dan Kelamin 17 Pengobatan Psoriasis Secara Alami Paling Ampuh

17 Pengobatan Psoriasis Secara Alami Paling Ampuh

by Erlita

Psoriasis merupakan suatu penyakit yang terjadi sebagai efek dari reaksi sistem imunitas tubuh seseorang sehingga dikatakan sebagai kondisi yang bersifat autoimin. Jenis penyakit autoimun ini merupakan suatu penyakit peradangan kulit kronis yang ciri-cirinya adalah kulit dapat berwarna merah bersisik, berwarna perak atau putih dan dapat berada di bagian tubuh manapun. Lalu, adakah pengobatan psoriasis secara alami yang bisa dicoba?

  1. Lidah Buaya

Tak perlu ditanya atau diragukan lagi, lidah buaya adalah tanaman yang luar biasa, khususnya bagian gelnya yang sering digunakan untuk kepentingan kesehatan rambut serta kulit. Buktikan khasiat lidah buaya untuk kulit yang mengalami psoriasis dengan mengoles gelnya langsung ke kulit yang meradang secara teratur.

  1. Minyak Ikan

Minyak ikan yang berkandungan tinggi akan omega-3 dapat diandalkan juga menjadi salah satu pengobatan psoriasis yang ampuh dan alami. Suplemen atau vitamin minyak ikan dapat dimasukkan ke dalam diet harian Anda setiap minggunya 3 kali penggunaan atau konsumsi supaya gejala psoriasis dapat mereda.

  1. Minyak Zaitun

Minyak lainnya yang ampuh mengobati psoriasis adalah minyak zaitun. Hangatkan lebih dulu minyak zaitun secukupnya dan secara perlahan Anda bisa memijatkannya ke kulit yang terkena gejala. Bila psoriasis terjadi pada kulit kepala, terapkan pada area tersebut dan tunggu beberapa menit sebelum Anda membersihkannya dengan cara mengeramasinya.

  1. Paparan Sinar Matahari

Asalkan bukan sinar matahari di siang hari, tentu Anda sangat membutuhkannya. Sinar matahari pagi adalah yang paling sesuai dan paling aman untuk diperoleh ketimbang mendapatkan bahaya sinar matahari di siang hari. Dapatkan paparan sinar matahari pagi secara langsung paling tidak 3 kali dalam seminggu selama kurang lebih 20 menit setiap kali berjemur. Namun memang cara ini tidaklah selalu cocok untuk setiap penderita psoriasis.

  1. Air Putih

Tubuh yang mengalami dehidrasi otomatis akan juga berpengaruh pada kondisi kulit yang mudah terkena gangguan atau bahkan menjadi kering. 2-3 liter air putih atau lebih setiap harinya khususnya air putih hangat bisa dikonsumsi untuk  mengoptimalkan fungsi imun tubuh Anda sekaligus memaksimalkan sistem pencernaan.

  1. Berendam/Mandi Air Hangat

Selain minum air hangat, pengobatan psoriasis yang bisa dilakukan adalah dengan berendam atau mandi dengan air hangat. Ini karena air hangat menawarkan anti-inflamasi yang juga berguna sebagai peningkat peredaran darah pada kulit. Asalkan tidak terlalu panas, air hangat akan sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit.

  1. Berhenti Merokok

Bagi Anda penderita psoriasis yang juga memiliki kebiasaan merokok, hendaknya mulailah untuk berhenti dari kebiasaan tak sehat satu ini. Bahaya merokok bagi kesehatan sangat serius dan bahkan bisa sangat merusak kulit selain dari organ paru-paru sehingga sebaiknya jaga kesehatan tubuh Anda dengan baik.

  1. Cuka Apel

Cuka apel bisa juga dimanfaatkan sebagai obat psoriasis alami, terutama cuka apel organik. Demi meredakan gejala psoriasis, Anda bisa oles langsung pada kulit yang terkena atau juga memasukkan secangkir cuka apel ke air mandi lalu berendam di sana. Jika memilih mengonsumsinya, ketahui cara minum cuka apel Tahesta yang baik agar lebih sempurna khasiat yang didapat.

  1. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh murni berkandungan antibakteri, antijamur hingga anti-inflamasi yang bila dioles langsung ke bagian kulit dengan gejala psoriasis akan mampu meredakan gejalanya. Bila bagian kulit yang hendak diobati sangat sensitif, campurkan dulu dengan sedikit air atau minyak kelapa sebelum diterapkan pada kulit sehari 2 kali.

  1. Kunyit

Penggunaan kunyit sebagai salah satu pengobatan alami psoriasis bisa dibuktikan pula keefektifannya. Bahkan cara pemakaiannya pun terlampau sederhana karena Anda cukup mencampurkan kunyit biasa atau kunyit dalam bentuk bubuk ke setiap menu makanan Anda per harinya sampai gejala psoriasis benar-benar hilang.

  1. Oatmeal

Oatmeal diketahui sebagai salah satu makanan untuk diet cepat kurus yang aman dan efektif, namun selain itu oatmeal juga kerap dijadikan bahan scrub atau masker yang menjaga kesehatan kulit ataupun memulihkan gangguan kesehatan kulit.

Bagi penderita psoriasis, oatmeal bisa membantu mengurangi kekeringan pada kulit, iritasi, hingga kemerahan yang menjadi gejala utama psoriasis. Cukup dengan mencampurkan oatmeal ke dalam air mandi Anda yang masih hangat lalu berendamlah di sana secara rutin di mana kulit nantinya akan diperbaiki secara alami. Kulit yang sudah mulai rusak karena psoriasis pun akan kembali indah dan cantik.

  1. Diet Bebas Gluten

Psoriasis yang disertai dengan gangguan pencernaan bisa saja menjadi tanda bahwa Anda adalah seorang penderita intoleransi gluten. Periksakan diri segera dan bila dokter memang menyatakan bahwa Anda positif memiliki intoleransi gluten, segera lakukan diet bebas gluten. Artinya, Anda perlu menghindari makanan bertepung/terbuat dari tepung, kedelai dan juga produk olahan susu.

  1. Olahraga

Kurang olahraga adalah salah satu alasan mengapa seseorang mudah terserang penyakit bukan? Jadi, biasakanlah untuk berolahraga sekalipun itu adalah olahraga yang ringan. Ini karena dengan olahraga, sistem imun tubuh akan terdukung untuk berfungsi secara lebih baik dan sehat yang bahkan juga membantu meningkatkan kelancaran sistem pencernaan.

  • Berjalan kaki.
  • Jogging
  • Bersepeda
  • Yoga

Olahraga-olahraga tersebut lebih dianjurkan kepada penderita psoriasis yang mengalami gejala berupa sembelit. Lakukanlah olahraga tersebut seminggu beberapa kali namun hindari bahaya olahraga yang berlebihan supaya tidak jatuh sakit karena saking kecapekan.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai pengobatan psoriasis secara alami paling wajib dicoba karena keampuhannya. Bila dengan cara-cara pengobatan alami psoriasis tak kunjung membaik, segera konsultasikan ke dokter agar mendapatkan bantuan medis yang tepat.

You may also like