Home Penyakit dan KelainanKesemutan 14 Gejala Tangan Kesemutan Yang Harus Diwaspadai

14 Gejala Tangan Kesemutan Yang Harus Diwaspadai

by Henny Anugerah

Gejala tangan  kesemutan adalah tanda awal terjadinya tekanan pada saraf dan pembuluh darah yang mengalami ketidakstabilan fungsi secara bertahap.

Gejala tangan kesemutan bersifat sementara dan akan kembali normal saat bagian tangan mendapatkan kembali peregangan yang cukup sehingga saraf serta pembuluh darah berada pada kondisi yang seharusnya.

Gejala

Gejala tangan kesemutan hampir setiap hari pernah dialami manusia dimana hal itu selalu akan terjadi kembali jika tangan tetap dalam kondisi jarang mendapatkan peregangan otit disela sela aktivitas.

Peregangan tangan dapat dilakukan hanya dengan meluangkan waktu sesaat untuk gerakan gerakan ringan tangan yang memungkinkan aliran darah selalu dalam kondisi terbaiknya.

1.Kulit terasa tebal –

Gejala tangan kesemutan awalnya akan muncul kulit yang terasa menebal dan seolah olah memiliki lapisan kulit yang baru , Kondisi ini berlaku pada segala usia. Gejala kesemutan ini bisa berlaku juga dengan tahap tahap yang sama jika muncul pada bagian tubuh yang lain.

2.Ujung jari kesemutan

Ujung jari kesemutan pula jika gejala kesemutan pada lokasi tangan terus menerus berlangsung. Pemblokiran sementara pada bagian tangan dapat meluas kearah ujung jari yang apda dasarnya memiliki aliran darh yang sama dengan bagian tangan ;ainnya misalnya telapak tanagn , Pergelangan dan bahu tangan.

3. kebas

Setelah merasakan kulit seolah menebal maka akan muncul rasa mati rasa atau kebas yang berujung dengan kesulitan tangan untuk digerakkan secara normal. Kondisi ini adalah masa dimana pembuluh darah dan saraf sekitar tangan sedang dalam keadaaan yang tertekan dan butuh aliran darah yang lebih lancar. Namun perlu diwaspadai jika tangan mengalami kebas terus menerus  karena bahaya tangan kebas yang pentinganda ketahui salah satunya adalah menghentikan aliran darah .

4. seperti ditusuk tusuk

Pada saat mati rasa terjadi maka akan ada rasa seperti ditusuk tusuk yang menyebabkan rasa nyeri untuk sementara. Persaaan ini adalah bagian dari kesemutan  yang nantinya akan hilang dengan sendirinya

5.Seperti dikerumuni semut

Gejala tangan kesemutan memiliki senssai seperti ada kerumunan semut berada didalam jaringan kulit paling dalam dan itu adalah respon dari aliran darah yang sedang mengalami hambatan tetapi sedang memulihkan kondisinya pada keadaan yang lebih baik secara alami. Pada saat tangan berada pada posisi yang lebih baik maka sensasi rasa sepewrti ada kerumumnan  semut dilapisan kulit bagian dalam tersebut akan berangsur angsur menghilang.

6. Kesemutan dan terasa dingin

Pada kasus lain gejala tangan kesemutan akan dilapisi dengan rasa dingin yang menyembul dari lokasi yang telah mendapatkan tekanan seperti bagian jari jari atau telapak tangan. Kondisi menyatakan jika kesemutan akan sewgera hilang jika posisi tangan juga segera ada perubahan jika tidak , Maka rasa dingin akan semakin terasa dan rasa kebasnya tetap pada tempatnya dan berujung pada  rasa nyeri.

7. Bergetar

pada sebagian orang ada yang merasakan getaran getaran halus pada tangannya saat gejala kesemutan akan berakhir tetapi ada juga yang mengatakan jika gejala tersebut menyebabkan rasa nyeri dan menandakan jika aliran darah masiih dalam kondisi yang buruk.

8. Tulang jari kaku

Gejala tangan kesemutan dapat menyebabkan tulang jari jari menjadi kaku dan sulit untuk digerakan secara normal dan tidak akan berubah sebelum kondisi pembuluh darah benar benar dalam keadaan yang lebih stabil.Tulamng jari tangan akan terasa kaku dan terasa seperriu sedang terserang artritis

9. Tangan lebih ringan atau berat

Gejala tangan kesemutan dapat menyebbakan tangan  menjadi lebih ringan atau berat saat digerakkan keatas dan ke bawah, Hal tersebut berkaitan dengan aliran darah yang belum lancar dan adanya penumpukan darah sementara disaluran pembuluh darah  yang belum berjalan dengan lancar.

10. nyeri saat diangkat

Nyeri saat tangan diangkat merupkan peristiwa umum pada gejala tangan kesemutan yang nantinya bisa hilang dengan sendiri seiring berjalannya waktu atau setelah posisi tangan mengalami perubahan .

11.Pembengkakan

Pada sebagian orang gejala tangan kesemutan bisa menyebabkan pembengkakn disekitar aliran darah yang mendaopatkan tekanan. Pembengkakn akan mudah terbentuk saat posisi tangan dalam keadaan stagnnt misalnya tertindih sesuatu yang lebih berat dalam durasi yang lama’

12.Kedutan dan hangat

Kedutan dan rasa hangat pada sekitar tangan yang mengalami kesemutan adalah kondisi dimana aliran darah mulai kembali pada keadaan yang baik dan membutuhkan waktu untuk mengembalikannya. Respon yang kan dibentruk oleh tubuh yaitu melalui munculnya kedutan atau rasa hangat disekitar lokasi kesemutan.

13.Terasa tidak nyaman

Gejala tangan kesemutan hingga kesemutan berlangsung beberapa saat akan membentuk sebuah perasaan tangan yang tidak nyaman ketika akan digunakan daalam beraktivitas.

14. Lokasi yang sama

Jika tangan sering terserang gejala kesemutan maka akan muncul kembali pada lokasi yang sama, Kondisi ini terjadi karena kebiasaan seseorang yang juga memperlakukan tangnya pada posisi yang sama, Monoton dan tanpa adanya peregangan otot didalam setiap aktivitasnya.

Gejala tangan kesemutan tidak selalu adalah tanda bahwa tangan sedang mengalami gejala penyakit tertentu tetapi banyak juga yang disebabkan karena kebiasaan seseorang dalam menggunakan tangannya pada posisi yang monoton tanpa adanya perubahan posisi tangan sehingga pembuluh darah menderita pemblokiran aliran .Keadaan ini akan cepat hilang jika tangan selalu mendapat peregangan saat sedang digunakan atau tidak dalam beraktivitas.

You may also like