Kenali 10 Tanda Tanda Awal Kanker Mulut, Patut Diwaspadai !

335

Kanker mulut merupakan salah satu jenis kanker yang perkembangannya terjadi di bagian dalam mulut; kanker mampu bertumbuh di bagian langit-langit mulut, dinding mulut, gusi, lidah serta bibir. Jenis kanker satu ini justru berisiko tinggi dialami oleh para pria yang usianya antara 50-75 tahun dengan berbagai kemungkinan penyebab seperti:

  • Kebiasaan merokok (kanker mulut merupakan salah satu jenis penyakit akibat merokok).
  • Sistem daya tahan tubuh yang rendah.
  • Kebiasaan mengunyah buah pinang.
  • Tidak mengatasi gigi berlubang.
  • Tidak mengatasi infeksi gusi.
  • Tidak menjaga kebersihan mulut dengan baik.
  • Buruknya pola makan.
  • Terkena infeksi HPV.
  • Minum minuman beralkohol yang berlebihan.

Penting untuk tak hanya mengetahui faktor risiko dan penyebabnya saja, karena Anda dapat mengenali berbagai tanda-tanda awal kanker mulut untuk mencegahnya berkembang makin serius seperti tanda di bawah ini.

  1. Mulut atau Tenggorokan Nyeri

Rasa nyeri yang berkelanjutan dan berkepanjangan di bagian tenggorokan atau area dalam mulut jangan sekali-kali diabaikan. Jika tak kunjung mereda dalam waktu tertentu dan sudah cukup lama, Anda perlu memeriksakannya sebab hal ini bisa jadi adalah tanda pertumbuhan dan perkembangan kanker mulut.

  1. Pembengkakan di Tenggorokan atau Mulut

Tak hanya terasa nyeri, area bagian dalam mulut atau bahkan tenggorokan juga mampu mengalami pembesaran atau pembengkakan tanpa alasan. Jika Anda merasa bahwa tiba-tiba ada pembengkakan terjadi pada area tersebut, jangan abaikan dan jangan tunggu terlalu lama untuk memeriksakan diri.

  1. Area Tepi Mulut Menebal

Adakah tanda lainnya yang bisa cukup nampak dan diwaspadai sebagai gejala kanker mulut? Kulit tepi mulut yang mengalami penebalan pun harus dicurigai sebagai salah satu tanda awal kanker di mulut. Jika penebalan ini terjadi cukup lama dan tak kunjung normal, maka Anda harus segera ke dokter untuk mengecek kesehatan.

  1. Rasa Mengganjal di Tenggorokan

Tak hanya rasa nyeri atau sakit di tenggorokan, bahkan terkadang rasanya ada yang menghalangi di tengah-tengah tenggorokan sehingga saat menelan air liur seakan ada yang mengganjal di sana. Bila Anda merasa ini bukan radang tenggorokan biasa, kecurigaan Anda perlu segera dipastikan dengan menemui dokter.

  1. Sakit di Salah Satu Telinga

Selain dari tanda-tanda yang telah diuraikan sebelumnya, hal tersebut dapat pula disertai dengan rasa nyeri yang timbul di salah satu telinga. Penderita tidak akan sampai kehilangan pendengaran, hanya saja salah satu telinga akan mengalami rasa sakit yang sebaiknya pula Anda langsung cek ke dokter.

  1. Kesulitan Mengunyah

Tanda awal lainnya yang harus Anda waspadai adalah saat Anda merasa kesulitan dalam mengunyah karena ketidaknyamanan atau rasa mengganjal tak seperti normalnya sewaktu makan, Anda perlu mencurigainya sebagai keluhan ciri kanker mulut. Jika disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti yang sudah disebutkan, maka Anda wajib segera menemui dokter.

  1. Kesulitan Menelan

Selain sulit mengunyah, tanda awal timbul kanker mulut biasanya juga diikuti dengan keluhan sulit menelan atau disfagia. Hal ini kerap dianggap sebagai gejala sakit atau radang tenggorokan biasa, padahal ada kondisi serius yang berpotensi terjadi dibaliknya, seperti kanker mulut.

  1. Rahang Kaku atau Nyeri

Sewaktu berbicara, tertawa, mengunyah makanan atau sekadar menggerakkan area rahang, apakah ada timbul kekakuan dan rasa nyeri di bagian rahang? Bila keluhan-keluhan gejala sebelumnya sudah Anda alami ditambah dengan kekakuan atau rasa nyeri pada rahang, bisa jadi ini ada kaitannya dengan pertumbuhan kanker mulut.

  1. Nyeri di Lidah

Satu lagi tanda kanker mulut awal yang harus segera diperiksakan adalah ketika timbul rasa sakit di bagian lidah. Kebanyakan orang penderita gejala awal kanker mulut mungkin akan berpikir bahwa lidah yang sakit hanyalah gejala sariawan biasa mungkin sehingga diabaikan. Namun ketika rasa sakitnya bertahan cukup lama, Anda perlu menanganinya segera.

  1. Gigi Goyang

Tanda awal dari penyakit kanker mulut pun ada kaitannya dengan kesehatan gigi. Jika Anda merasakan adanya gangguan pada gigi, seperti gigi goyang tanpa alasan yang jelas, sebaiknya langsung dicek saja ke dokter. Apabila keluhan lain yang telah disebutkan sebelumnya turut Anda alami, jangan tunggu terlalu lama untuk menempuh biopsi.

Sewaktu tanda-tanda awal kanker mulut tersebut sudah mulai menghantui, Anda perlu ke dokter untuk melakukan pemeriksaan khusus di area mulut. Untuk mengetahui benar tidaknya ada pertumbuhan sel kanker, maka ada jenis biopsi tertentu yang harus dijalani lebih dulu, seperti misalnya biopsi insisi serta pemeriksaan lanjutan lainnya yang akan membantu dokter memutuskan perawatan yang tepat.