12 Cara Menghilangkan Mata Kuning Akibat Hepatitis

Perubahan warna pada bagian putih mata menjadi kuning yang timbul pada diri seseorang merupakan salah satu gejala penyakit hipatetitis. Penyakit ini tidak bisa dianggap remeh, sebab akan membuat tubuh menjadi tidak nyaman dan beberapa organ bagian tubuh bisa terganggu. Warna kuning pada mata itu muncul karena adanya kerusakan pada bagian organ hati dan hal ini akan berhubungan dengan terganggu fungsi metabolisme pada tubuh. Organ ini memiliki fungsi cukup penting di dalam tubuh. Sebab berhubungan dengan organ lainnya di dalam tubuh seperti usus, ginjal dan juga lambung. Jika hati mengalami gangguan tentu organ lainnya juga demikian akan terganggu dalam melaksanakan kinerjanya di dalam tubuh.

Baca juga (kelainan pada retina mata)

Warna kuning yang muncul pada mata ini disebabkan karena bilirubin mengalami pemecahan, yang kemudian bercampur dengan darah. Hal ini akan menimbulkan kerusakan kromosom sel darah merah dan pigmen bilirubun mengalami peningkatan. Maka hal itu akan sangat membahayakan bagi tubuh jika tidak segera diantisipasi. Ada beberapa cara yang dapat ditempuh untuk menghilangkan mata kuning akibat penyakit hepatitis ini. Berikut dalam artikel ini akan mencoba membahasnya.

Baca juga (cara mencegah katarak)

 

  1. Memanfaatkan Daun Pepaya

Cara pertama yang dapat ditempuh untuk menghilangkan warna kuning pada mata akibat hepatitis adalah dengan memanfaatkan daun pepaya untuk dikonsumsi. Sebab daun pepaya ini diyakini memiliki khasiat ampuh dalam menghilangkan penyakit kuning dengan waktu yang cepat. Daun pepaya cukup direbus, kemudian air bekas rebusan dibiarkan dingin, selanjutnya dicampur dengan madu untuk menghilangkan rasa pahit. Kemudian air tersebut diminum secara rutin sampai warna kuning pada mata benar-benar hilang.

  1. Memanfaatkan Manggis

Cara selanjutnya yang tidak kalah ampuh adalah dengan memanfaatkan buah manggis. Kandungan xathone yang ada di dalam buah manggis diyakini memiliki khasiat ampuh dalam menangkal radikal bebas. Terlebih dalam menyembuhkan penyakit kuning.

Baca juga (Jenis Kelainan Refraksi pada Mata)

 

  1. Pepaya Mentah

Cara selanjutnya yang praktis dilakukan adalah dengan memanfaatkan pepaya mentah. Kandungan enzim peptin yang ada di dalamnya diyakini memiliki manfaat ampuh dalam menyembuhkan penyakit kuning. Adapun cara mengkonsumsinya adalah dengan mencapur buah pepaya matang dengan daun pepaya kemudian dihaluskan dengan diblender. Kemudian tambahkan madu untuk menimbulkan rasa lebih manis.

  1. Kacang Almond

Kacang yang diyakini sebagai salah satu sumber protein padat dan lemak baik ini menjadi makanan yang dibutuhkan untuk mencukupi nutrisi di dalam tubuh. Kandungan tersebut juga dapat mempercepat dalam proses penyembuhan penyakit kuning yang ada di dalam tubuh. Kacang cukup dihaluskan menyerupai pasta kemudian dikonsumsi secara teratur.

  1. Memanfaatkan Kunyit

Cara ampuh selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan kunyit. Kunyit merupakan salah satu ramuan herbal yang ampuh dalam menyembuhkan penyakit kuning. Kandungan antioksida dan mineral yang ada di dalamnya diyakini mampu menjaga metabolism tubuh dan mampu membantu penyembuhan penyakit kuning. Baca juga  akibat kekurangan dan kelebihan mineral

  1. Yogurt

Yogurt juga diyakini mampu mengatasi penyakit kuning di dalam tubuh. Sebab mampu mengatur kadar bilirubin di dalam tubuh, sehingga penyakit kuning bisa disembuhkan dalam waktu yang cepat.

  1. Bit dan Lemon

Bahan selanjutnya yang dapat dipilih untuk mengatasi penyakit kuning akibat hepatitis adalah bit dan lemon. Dua tanaman ini memiliki khasiat ampuh yang bisa menyembuhkan penyakit kuning di dalam tubuh, terlebih dua buah ini tidak memiliki efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

  1. Memanfaatkan Oreganon

Makanan khas Italian ini bisa dipilih untuk menyembuhkan penyakit mata kuning akibat hepatitis di dalam tubuh. Kandungan antioksida tinggi yang ada di dalamnya diyakini mampu meningkatkan kinerja organ hati sekaligus mempercepat penyembuhan penyakit kuning.

  1. Memanfaatkan Tomat

Buah lain yang mampu menunjang penyembuhan penyakit mata kuning hepatitis adalah buat tomat. Kandungan likopen tinggi di dalam buat tomat mampu memperlancar proses penyembuhan penyakit kuning. Selain itu buah tomat juga mampu menghilangkan racun dalam tubuh. Cara mengkonsumsinya, cukup haluskan tomat yang sudah dicuci bersih, kemudian campur dengan lada serta garam sebelum dikonsumsi setiap pagi sebelum sarapan.

  1. Memanfaatkan Wortel

Wortel menjadi bahan selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengantisipasi penyakit mata kuning akibat hepatitis. Sebab wortel diyakini mampu bekerja dengan baik dalam membersihkan organ hati dan memperbaiki hati akibat penyakit kuning. Selain itu kandungan beta karoten yang kemudian menjadi vitamin A saat dikonsumsi akan mempercepat dalam proses penyembuhan penyakit kuning. Cara mengkonsumsinya bisa dikonsumsi dengan cara di jus, bubur maupun sup.

  1. Chamomile

Chamomile merupakan teh yang terbuat dari chamomile. Teh ini bisa menjadi obat alami yang sangat baik untuk menyembuhkan penyakit kuning yang ada di dalam tubuh. Teh ini bisa dikonsumsi selama proses penyembuhan. Sampai warna kuning yang muncul di mata benar-benar hilang dan berubah menjadi warna yang normal.

  1. Air Tebu

Cara terakhir yang dapat ditempuh dalam menyembuhkan penyakit kuning adalah dengan mengkonsumsi air tebu. Sebab air tebu memiliki sifat basa, yang bermanfaat dalam mempertahankan kadar asam rendah yang ada di dalam tubuh. Konsumsi air ini secara teratur selama penyembuhan penyakit kuning. Baca juga 24 makanan yang mengandung kalori tinggi.