Apakah Hepatitis Bisa Sembuh? Ini Penjelasan dan Cara Mencegahnya

Hepatitis merupakan kondisi ketika liver atau hati mengalami peradangan baik itu itu oleh virus, infeksi, bahkan juga dapat dipicu penggunaan alkohol, obat tertentu, maupun bahan kimia lain. Selain hepatitis, nama lain dari penyakit ini adalah penyakit kuning. Apakah penyakit kuning menular? Ya, namun bila terjadi karena infeksi, lalu apakah hepatitis bisa sembuh?

Bisakah Hepatitis Sembuh Total?

Untuk hepatitis yang berada masih dalam kondisi awal, yakni penderitanya belum mengalami pengerasan hati, masih bisa ditolong dan bahkan dengan pengobatan yang sesuai berpotensi sembuh cukup besar. Penderita hepatitis yang juga mendapatkan perawatan tepat serta menjalani terapi rutin maka sebenarnya dapat beraktivitas secara normal walau virus masih berada di dalam tubuh.

Dari hepatitis A hingga E, jenis hepatitis tersebut memiliki gejala dan keluhan yang bervariasi walau beberapa kondisi relatif sama. Namun perlu diingat, masing-masing hepatitis memberikan dampak yang berbeda berikut juga tingkat keparahannya. Berikut penjelasan mulai dari hepatitis A hingga E yang perlu Anda tahu bisa sembuh atau tidak.

  • Hepatitis A – Tipe hepatitis ini adalah yang paling gampang penyebarannya karena dapat melalui makanan dan air. Meski gejala hepatitis ini bisa dialami sampai 2 bulan lamanya, asalkan tingkat kekebalan tubuh penderita meningkat dan baik, kesembuhan total masih bisa terjadi pada penderita dan tak sampai pada hepatitis kronis.
  • Hepatitis B – Pada umumnya penularan hepatitis jenis ini adalah melalui cairan tubuh, termasuk juga darah atau bahkan dari ibu ke anak bayinya karena proses persalinan. Untuk penderita hepatitis B orang dewasa, potensi sembuh total ada pada angka 95%, namun harus juga tetap mewaspadai risiko komplikasi yang 5%.
  • Hepatitis C – Hepatitis ini juga menularkan melalui cairan seksual serta darah, namun risiko perkembangan menjadi hepatitis kronis sangat besar. Kurang lebih 50-80 persen penderita hepatitis C mampu menderita hepatitis C kronis sehingga sudah sampai di tahap terkena kanker, kerusakan hati, bahkan dapat meninggal. Kemungkinan untuk sembuh pun menjadi lebih kecil ketimbang dua jenis hepatitis lainnya.
  • Hepatitis D – Orang yang menderita hepatitis B berkemungkinan sangat besar menderita hepatitis D dan apakah bisa sembuh total? Ketika hepatitis B terjadi bersamaan dengan serangan hepatitis D, kesembuhan pun pasti terjadi. Namun berbeda kasusnya bila seseorang sudah mengalami hepatitis B kronis cukup lama dan kemudian terkena hepatitis D, kerusakan hati bisa terjadi dan kemungkinan sembuh pun lebih kecil.
  • Hepatitis E – Hepatitis E ini berkaitan erat dengan hepatitis A karena cara penularannya yang sama. Namun pada hepatitis E, risiko perkembangan hepatitis kronis sangat rendah karena kesembuhan total dapat dicapai oleh penderita hepatitis E hanya dalam waktu 1 minggu sampai 1 ½ bulan saja.

Cara Pencegahan Hepatitis

Agar terhindar dari hepatitis, baik itu hepatitis tipe A, B, C, D maupun hingga E, Anda perlu mengetahui cara mencegahnya dengan benar. Berikut ini tips singkat bagi Anda yang sekiranya bermanfaat dan mampu menjauhkan diri dari penyakit ini.

  • Pada kasus hepatitis A dan E yang hampir sama proses penularannya, Anda sebaiknya mengetahui cara mencuci tangan yang benar dan rajin melakukannya terutama sebelum makan dan sesudah dari kamar mandi adalah lebih baik. Tak hanya itu, olahlah makanan hingga benar-benar matang dan konsumsilah makanan yang matang saja. Hindari pula berbagi pemakaian barang pribadi dan juga hindari makanan-makanan dengan tingkat higienis rendah.
  • Pada kasus hepatitis B, C serta D yang biasanya penularan melalui cairan tubuh serta darah, maka Anda perlu menghindari penggunaan jarum suntik yang sama dengan orang lain, menjauhi obat terlarang, memastikan senantiasa bahwa proses transfusi darah yang hendak dijalani sudah diperiksa resmi, serta pakailah alat pengaman sewaktu berhubungan intim dengan pasangan yang diduga memiliki kondisi hepatitis.
  • Perlindungan terhadap hepatitis A, B dan D bisa dilakukan melalui perolehan imunisasi.

Jadi, apakah hepatitis bisa sembuh secara total? Tergantung dari jenis hepatitis itu sendiri, tingkat kekebalan tubuh penderitanya, serta perawatan yang dijalani. Konsultasikan segera dengan dokter bila tanda-tanda hepatitis mulai muncul dan Anda rasakan supaya tidak terlambat karena pada fase awal masih bisa disembuhkan total.