Sederhana, Ini 7 Cara Mencegah Penyakit Gondongan Perlu Dilakukan !

323

Gondongan merupakan sebuah kondisi bengkak yang berasal dari infeksi virus dan terjadi di bagian kelenjar parotis. Seperti kita ketahui, produksi air liur setiap manusia adalah berasal dari kelenjar parotis yang posisinya ada di bawah telinga sehingga saat gondongan ini dialami oleh diri kita, wajah akan menjadi tampak lebih besar.

Berbagai gejala inilah yang paling umum dikeluhkan oleh para penderita gondongan dan sebagian tanda adalah hasil perkembangan dari gejala awal setelah kelenjar parotis mengalami pembesaran.

  • Sakit kepala
  • Nafsu makan turun atau hilang
  • Perut terasa sakit
  • Tubuh terasa lebih cepat lelah.
  • Mulut terasa kering
  • Demam
  • Sendi nyeri
  • Kesulitan menelan atau disfagia
  • Saat mengunyah terasa sakit dan tak nyaman.

Lalu, sebenarnya penyakit gondongan ini apakah bisa dicegah? Walau saat terjadinya penyakit ini bisa diobati dengan beristirahat dan juga mengonsumsi banyak air putih ditambah dengan penggunaan obat pereda nyeri, hanya saja akan lebih baik kalau kita bisa mencegahnya bukan? Berikut merupakan sederet cara mencegah penyakit gondongan yang bisa Anda coba.

  1. Imunisasi MMR

Imunisasi MMR berbeda dari imunisasi MR karena vaksin MMR diberikan kepada anak dengan tujuan agar berbagai penyakit seperti gondongan, rubella dan campak bisa dicegah. Untuk kaitan imunisasi MMR dengan autisme mungkin cukup membuat resah sebagian orang tua, namun sebenarnya hal ini bisa diatasi.

Seperti yang dijumpai pada sebuah publikasi dari Andrew Wakefield di tahun 1998 tentang vaksin MMR yang mampu meningkatkan risiko anak mengalami spektrum autisme, Wakefield sendiri pun sudah memberi tahu bagaimana agar vaksin MMR tidak kemudian berakibat buruk bagi si kecil, yakni dengan memberi vaksin tidak dalam 1 dosis secara sekaligus, tapi justru dibagi menjadi 3 dosis kepada anak-anak usia 12-18 bulan dan pengulangan vaksin diwajibkan saat anak sudah berusia 5 tahun.

  1. Menjaga Kebersihan Diri

Ada beberapa orang yang mungkin tak memperoleh kesempatan untuk mendapatkan vaksin MMR sewaktu masih kecil. Oleh sebab itu, pencegahan penyakit gondongan bisa dilakukan dengan cara mencuci tangan yang benar dan steril. Ya, sangat penting untuk menjaga agar tangan tetap bersih dan higienis.

  1. Menghindari Berbagi Barang Pribadi

Benda-benda pribadi seperti alat makan dan juga peralatan mandi pun sebaiknya tidak digunakan satu untuk bersama-sama. Berbagi peralatan makan dan peralatan mandi hanya akan meningkatkan potensi seseorang tanpa perolehan vaksin lebih besar untuk terkena gondongan karena berbagi dengan orang lain yang merupakan seorang penderita gondongan bisa menyebabkan penularan terjadi lebih cepat.

  1. Mengenakan Masker

Penting untuk mengenakan masker untuk menutup area hidung dan mulut untuk terhindar dari berbagai macam bentuk polusi sekaligus juga virus paramyxovirus yang mampu menyebabkan gondongan. Karena jenis penyakit menular ini bisa menyebar kepada orang-orang dalam kondisi sehat secara cepat, maka perlu adanya pencegahan seperti ini.

  1. Menghindari Makanan Tertentu

Agar terhindar dari serangan virus penyebab gondongan, mulailah menata hidup dan pola makan secara lebih baik. Pola hidup sehat yang mampu membantu menurunkan risiko gondongan adalah dengan menjauhkan diri dari konsumsi makanan santan dan gorengan, begitu juga dengan makanan gula serta garam tinggi. Terapkan tips diet sehat satu ini untuk juga bisa mencegah berbagai macam penyakit berbahaya.

  1. Olahraga Teratur

Kurang olahraga pada dasarnya mampu menurunkan daya tahan tubuh, dan kekebalan tubuh yang rendah akan memudahkan virus untuk menyerang tubuh Anda. Oleh karena itu, penting untuk rutin berolahraga (yang ringan ataupun berat sesuai kebutuhan dan kemampuan fisik saja) agar tubuh tetap segar dan bugar jauh dari segala macam penyakit.

  1. Mendapatkan Istirahat Cukup

Istirahat yang cukup bukan hanya perlu diperoleh ketika Anda sudah terkena penyakit gondongan, melainkan sebelum penyakit menyerang, seharusnya Anda bisa mendapatkan kualitas tidur atau istirahat yang maksimal. Itu artinya, Anda perlu mengatur jadwal kesibukan dengan istirahat yang benar-benar cukup supaya metabolisme dan kekebalan tubuh tetap baik di mana ini akan menghindarkan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit.

Membandingkan dengan penyakit cacar air ataupun campak, memang gondongan tak semenular kedua penyakit tersebut, tapi tetap harus diwaspadai. Orang-orang yang sudah telanjur terkena gondongan, pastikan untuk tak melakukan aktivitas terlalu banyak dan padat apalagi berada di luar rumah sejak tanda-tanda gondongan timbul supaya tak menyebarkannya kepada orang lain.