Perut Terasa Kenyang Padahal Belum Makan – Penyebab dan Cara Mengatasinya

688

Tidak sedikit orang yang seringkali merasakan perut terasa penuh, kembung, begah dan juga mual meski belum makan apapun juga atau hanya baru sedikit makan. Kondisi ini tidak hanya mengganggu namun juga bisa menurunkan kesehatan tubuh secara menyeluruh karena secara perlahan tubuh akan kekurangan nutrisi.

Jika tidak segera diatasi, maka tubuh akan semakin lemas dan tidak bertenaga yang kemudian memicu berbagai penyakit karena sistem kekebalan tubuh yang mulai menurun. Lalu, apa saja sebenarnya penyebab dari perut terasa kenyang padahal belum makan dan bagaimana cara mengatasinya secara mudah? Berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

Penyebab

Rasa tidak nyaman yang terjadi pada perut sehingga perut terasa penuh atau terasa kenyang meski belum makan apapun bisa terjadi karena beberapa gangguan sistem pencernaan khususnya organ lambung seperti beberapa penyebab berikut ini.

  1. Dispepsia

Dispepsia merupakan kondisi organ pencernaan khususnya lambung dan kerongkongan dimana lambung menghasilkan cairan pencernaan yakni asam lambung yang meningkat dan menyebabkan iritasi pada dinding lambung dan terkadang naik menuju kerongkongan dan akhirnya menimbulkan sensasi mual dan ingin muntah. Dispepsia ini biasanya akan menyebabkan rasa nyeri dan perih di lambung dan terasa seperti tersedak cairan asam pada kerongkongan.

Saat berkembang menjadi masalah kronis, maka gejala dispepsia lain juga akan terjadi seperti sensasi terbakar di lambung, mual tidak tertahankan hingga muntah sehingga harus segera dikonsultasikan pada dokter.

  1. Gastritis

Gastritis merupakan kondisi yang jauh lebih serius jika dibandingkan dengan dispepsia dimana sudah terjadi peradangan pada lambung karena iritasi dinding dinding lambung. Hal ini bisa disebabkan karena beberapa kebiasaan buruk seperti minum minuman beralkohol, gangguan psikologis seperti depresi atau stress, mengkonsumsi obat obatan keras, muntah berkepanjangan, infeksi virus atau bakteri dan beberapa gangguan lambung lain.

Beberapa gejala yang ditimbulkan dari gastritis selain kenyang sebelum makan adalah penyebab perut kembung, nafsu makan yang menurun, sensasi terbakar, seperti terasa tertusuk tusuk pada lambung, mual, muntah disertai cairan berwarna hitam, feses atau tinja berwarna kehitaman dan gangguan pencernaan lain.

  1. Gangguan Organ Hati

Selain karena masalah pencernaan, perut yang terasa kenyang meski belum makan juga bisa disebabkan karena gangguan organ pencernaan seperti organ hati. Liver atau organ hati bertugas untuk menyaring dan menetralisir zat berbahaya dan juga racun dalam tubuh dan peredaran darah.

Saat organ hati terganggu, maka perasaan seperti kenyang sebelum makan bisa terjadi. Beberapa jenis gangguan hati yang bisa menjadi penyebab masalah ini diantaranya adalah gangguan kantong empedu, gejala penyakit kuning, hipertensi portal dan pembengkakan organ hati.

  1. Kanker Ovarium

Para wanita yang memiliki gangguan rahim khususnya indung telur juga bisa menjadi penyebab rasa kenyang timbul meski belum makan yang memang menjadi salah satu gejala awal dari kanker ovarium. Selain menyebabkan rasa kenyang sebelum makan, kanker ovarium juga bisa menyebabkan banyak gejala lain seperti kembung, pembengkakan di area perut, penyebab nyeri perut bagian bawah khususnya rahim dan berat badan yang menurun drastis.

Cara Mengatasi

Untuk mengatasi perut terasa kenyang padahal belum makan, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan meliputi pola diet dan juga gaya hidup untuk mengatasi gejala tersebut seperti beberapa langkah dari kami berikut ini.

  • Kunyah makanan secara menyeluruh sebelum ditelan.
  • Hindari minum minuman bersoda seperti bir atau soda khususnya saat makan.
  • Makan dengan perlahan untuk mencegah terkumpulnya udara pada perut karena terlalu banyak menelan udara.
  • Pilih makanan kecil bergizi yang dikonsumsi sepanjang hari untuk mengatasi gejala dan menghindari komplikasi karena nutrisi yang tidak tercukupi.
  • Hindari makanan pedas, teh, alkohol, makanan yang sulit dicerna usus dan kopi atau jika terpaksa maka bisa dikonsumsi dalam jumlah sedikit sampai sedang.
  • Indentifikasi makanan yang bisa menyebabkan masalah dan hindari mengkonsumsi makanan tersebut.
  • Olahraga sedang secara teratur seperti berjalan kaki sesudah makan yang sangat baik untuk membantu pencernaan.
  • Hindari kebiasaan memuntahkan makanan setelah makan.
  • Jangan berbaring terlentang atau tidur sesudah makan khususnya setelah makan besar.

Meski perut terasa kenyang padahal belum makan terlihat sepele bahkan dianggap sebagai hal baik khususnya bagi pelaku diet, namun sebenarnya hal tersebut sangat berbahaya jika tidak segera diatasi secepat mungkin. Tubuh mulai kehilangan nutrisi secara perlahan dan akhirnya berbagai penyakit yang disebabkan karena virus, parasit atau bakteri akan lebih mudah menyerang tubuh anda. Periksakan ke dokter bila mencurigai adanya kondisi yang serius.