Sponsors Link

15 Bahaya Kebiasaan Memuntahkan Makanan Setelah Makan

Sponsors Link

Pernahkah anda muntah setelah makan? Memang bukan masalah besar karena mungkin anda memiliki masalah pada lambung sehingga makanan yang sudah masuk ke dalam perut kembali keluar. Namun tahukah anda bahwa terdapat kelainan yang berkaitan dengan memuntahkan makanan setiap kali makan? Ya, kelainan ini dinamakan dengan Bulilima Nervosa. Bulimia termasuk dalam kategori fobia yaitu pobia pada kelebihan berat badan alias gemuk. Namun pobia ini biasanya mengacu pada penyiksaan diri sendiri dimana memang sengaja memuntahkan makanan yang telah dimakan bukannya dari masalah pada organ lambung.

ads

Bulimia Nervosa terjadi dengan ditandai adanya makan dalam jumlah yang sangat banyak namun orang tersebut akan memuntahkannya kembali supaya menjaga berat badannya supaya tidak naik atau tidak menjadi gemuk. Para penderita pobia ini tidak memiliki gejala fisik yang dapat dilihat karena biasanya bentuk tubuhnya akan ideal dan biasa saja tidak terlalu kurus dan juga tidak terlalu gemuk. Kebiasaan memuntahkan makanan ini sangat tidak baik bagi kesehatan. Selain memuntahkan makanan, mereka juga akan melakukan berbagai hal seperti meminum obat pencahar dan lainnya supaya berat badan tetap ideal.

Kebiasaan memuntahkan makanan atau bulimia nervosa ini disebabkan oleh faktor psikologis yang dimiliki oleh para penderitanya. Jenis penyakit ini juga masuk dalam gangguan kejiwaan dan memerlukan psikiatris atau psikolog untuk menyembuhkannya. Hal yang dicurigai menjadi penyebab utama pada bulimia nervosa ini adalah karena faktor ketakutan akan dirinya menjadi gemuk walau hanya sedikit saja serta kurangnya kepercayaan diri dan kemampuan untuk beradaptasi dengan baik pada lingkungan sekitar.

Bahaya Memuntahkan Makanan Setelah Makan

Meskipun para penderita buliia nervosa ini sudah tahu bahwa dirinya mengalami kelainan pada saat makan namun mereka tidak memilki insiatif untuk menyembuhkan kelainan tersebut sehingga kebiasaan tersebut berlangsung dalam kurun waktu terus-menerus. Itulah mengapa kebiasaan ini juga sangat tidak baik bagi kesehatan bahkan bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit yang serius. Beberapa dampak negatif yang akan diterima oleh tubuh jika kebiasaan ini terus berlanjut, diantaranya adalah sebagai berikut:

Sponsors Link

  1. Iritasi Mulut karena seringnya frekuensi mulut bertemu dengan zat asam lambung sehingga lama kelamaan akan membuat mulut menjadi terluka
  2. Email gigi membusuk
  3. Gigi berlubang
  4. Pembengkakan kelenjar pipi
  5. Penurunan kadar kalium di dalam darah
  6. Mengalami masalah pada kelenjar ludah yang memiliki rasa lebih asam akibat seringnya bertemu dengan asam lambung
  7. Sakit pada kerongkongan
  8. Lambung menjadi infeksi
  9. Proses pencernaan yang akan terganggu
  10. Cairan tubuh akan mengalami ketidakseimbangan
  11. Sakit di bagian perut yang terus-menerus
  12. Detak jantung yang tidak menentu
  13. Gangguan fungsi ginjal
  14. Penurunan kekuatan sel-sel otot tubuh
  15. Kematian jika kebiasaan ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama dan tidak coba dihentikan

Karena sangat berbahaya dampak dari kebiasaan memuntahkan makanan ini, oleh karena itu harus dilakukan pencegahan supaya tidak terjadi. gejala yang timbul pada penderita ini adalah jika makan akan mengambil porsi yang sangat banyak dan akan selalu menambah lagi makanannya. Namun setelah dirasa kenyang maka biasanya mereka akan langsung memuntahkan makanannya yang sudah ada di dalam perut. Jika tidak ada waktu atau kesulitan saat memuntahkannya maka mereka akan mencari cara lain yaitu dengan meminum berbagai obat pencahar supaya makanan tersebut dapat segera keluar dari tubuh dan tidak bisa dicerna oleh tubuh sehingga tidak menyebabkan berat badan bertambah.

Hentikan Kebiasaan Memuntahkan Makanan

Sponsors Link

Mereka yang mengalami kelainan atau penyakit ini lebih baik segera untuk melakukan pemeriksaan terutama pada psikolog atau psikiatris supaya mereka mampu mengendalikan perilaku dan kebiasaan tersebut. Dukungan penuh dari para teman dan keluarga pun menjadi hal yang sangat diperlukan untuk mereka supaya cepat sembuh. Penyakit ini juga bisa dikendalikan dengan menggunakan obat-obatan seperti anti depresi namun ini tidak begitu disarankan karena mampu menyebabkan kecanduan.

Jika kebiasaan memuntahkan makanan ini tidak segera di atasi maka akan menyebabkan berbagai masalah penyakit dalam tubuh seperti yang sudah dijabarkan di atas. Jika anda merasa takut akan berat badan naik sebaiknya perbanyaklah konsumsi makanan buah dan sayur karena diet menggunakan buah dan sayur sangatlah efektif dan membuat perut juga tetap kenyang namun tidak terlalu kenyang. Melakukan pemahaman kembali mengenai bentuk tubuh ideal yang dibarengi dengan tubuh yang sehat pun akan membantu penderita bulimia nervosa ini menjadi lebih baik dan mampu meninggalkan kebiasaan buruknya tersebut.

Itulah gambaran mengenai bulimia nervosa atau kebiasaan memuntahkan makanan setelah makan. Tentunya ini menjadi hal yang sangat tidak baik dan sebaiknya anda menghentikan kebiasaan buruk ini secepat mungkin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 06th, February 2016 / 14:11 Oleh :
Kategori : Penyakit Bulimia