Jangan Sampai Salah ! Inilah Waktu yang Tepat Vaksin Flu

298

Pada waktu musim hujan biasanya siapa saja rentan terkena berbagai macam penyakit dari yang ringan hingga penyakit ganas. Contohnya adalah Penyakit Flu atau batuk – batuk suka menghampiri anak – anak ketika sedang musim hujan.

Seperti diketahui bahwa Virus Influenza sangat mudah menyebar melalui cairan atau dalam istilah medis dikenal dengan nama ‘droplet’. Cairan ini keluar ketika si penderita sedang bersin – bersin, batuk atau berbicara. Nah apabila si penderita lama tinggal dalam sebuah ruang yang sama dengan orang – orang yang sehat maka semakin besar pula kemungkinan anda akan tertular penyakit ini.

Riset menjelaskan bahwa penyakit – penyakit menular pada umumnya disebabkan karena adanya Virus Influenza tipe A, B, dan C yang akan menyerang saluran pernafasan sehingga menyebabkan anda terkena gejala – gejala bersin, hidung meler, serta badan lemas. Meskipun penyakit ini sangat mudah menyebar dan dapat mengganggu kegiatan anda sehari – hari, masih ada saja orang yang menganggap penyakit ini adalah penyakit ringan / sepele yang bisa sembuh dengan sendirinya tanpa kunjungan ke dokter. Yang sebenarnya adalah semakin lama Flu bersemayam di dalam tubuh anda maka kesempatan penyakit ini bertambah parah semakin besar juga. Bisa menyebabkan terjadinya komplikasi seperti ‘Bronkitis’ atau ‘Pneumonia’ yang kemungkinan besar berujung pada kematian jika tidak segera anda atasi.

Bagaimanakah cara melindungi diri dari penyakit ini ?

Yang terpenting wajib anda lakukan adalah lindungi diri dan keluarga terhadap serangan Penyakit Flu. Salah satu cara yang dapat anda coba adalah dengan melakukan Vaksin Flu. Kami rangkum dari berbagai sumber berita menjelaskan tentang bagaimana cara Vaksin Flu diberikan, umumnya adalah melalui 2 cara yaitu suntikan dan semprot hidung.

Vaksin Flu Suntik

Vaksin Flu pada umumnya disuntikkan pada otot lengan bagian atas yang berisikan Virus – Virus mati yang tidak dapat lagi menyebabkan anda terjangkit Penyakit Flu. Sebaliknya Virus – Virus yang sudah mati tersebut justru berfungsi untuk membentuk antibodi terhadap Penyakit Flu.

Vaksin Flu Semprot

Berbeda dengan tersebut di atas, Vaksin Flu Semprot ini diaplikasikan dengan cara disemprotkan ke hidung anda, dimana vaksin ini berisikan Virus – Virus yang kondisinya masih hidup namun sudah dilemahkan dan memiliki jumlah yang sedikit. Nah jenis vaksin inilah yang direkomendasikan untuk anak – anak berusia 2 s/ d 8 tahun. Namun tidak direkomendasikan untuk ibu – ibu hamil. Lakukan Vaksin Flu Semprot tepat pada waktunya sangat dianjurkan oleh dokter.

Meskipun anda dan anak – anak sudah melakukan Vaksin Flu namun riset menjelaskan bahwa Vaksin Flu hanyalah mampu efektif memberikan perlindungan sebesar 36 persen saja. Walaupun begitu anda tetap dianjurkan oleh dokter untuk memperoleh kedua vaksin tersebut di atas sesuai dengan kebutuhan anda dan keluarga.

Sebelum melakukan Vaksin Flu, anda dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Tindakan ini bertujuan untuk bisa memastikan pemilihan Vaksin Flu jenis apa yang paling dibutuhkan untuk anda, apakah di suntik atau di semprot.

Selesai mengaplikasikan Vaksin Flu yang sesuai dengan anda maka jangan lupa menerapkan pola hidup sehat dengan memperhatikan lingkungan anda juga harus senantiasa dalam kondisi bersih.

Semoga bermanfaat !