18 Cara Menyembuhkan Flu Tahunan Ampuh Wajib Dicoba

596

Flu menahun atau flu tahunan bisa saja bukan flu biasa dan ketika tak kunjung sembuh atau sudah hilang tapi hanya sebentar dan nantinya muncul kembali sewaktu-waktu, hati-hati bahwa justru flu tersebut malah menjadi gejala dari penyakit tertentu. Jika flu tahunan menyerang, maka di bawah ini adalah beberapa cara menyembuhkan flu tahunan yang bisa dicoba.

  1. Beristirahat Cukup dan Tetap Menjaga Kehangatan Tubuh

Ada beberapa orang dengan kondisi flu yang hilang muncul seenaknya bisa jadi dikarenakan suhu udara atau cuaca yang berubah-ubah, jadi beristirahatlah dengan cukup. Istirahat cukup bukan satu-satunya cara menyembuhkan, namun sertai juga dengan menjaga kehangatan tubuh dengan memakai pakaian yang hangat atau mengonsumsi makanan/minuman hangat.

  1. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Penyakit flu mudah menyerang karena tubuh yang memiliki daya tahan rendah, kekurangan cairan tubuh dan dehidrasi dapat menjadi alasannya walau kita merasa bahwa tubuh kita terasa baik-baik saja saat tidak minum banyak. Minumlah air putih setiap hari 8-12 gelas atau bisa juga mengonsumsi minuman jus buah supaya tenggorokan juga terjaga kelembabannya.

Tak hanya air putih atau jus buah, minuman berenergi asal tak terlalu banyak maupun teh herbal mampu mengatasi kebutuhan cairan tubuh yang kurang. Sup ayam pun bisa membantu, jadi konsumsilah untuk menambah cairan tubuh dan menjaga daya tahan tubuh tetap oke.

  1. Menghindari Kafein

Walau kafein sangat membantu banyak orang untuk tetap berenergi dan menjaga agar mata tetap melek, minuman berkafein kurang baik karena bisa menimbulkan bahaya dehidrasi. Batasi atau hindari kopi, cola, dan juga minuman berkafein lainnya supaya mencegah dehidrasi yang kurang baik bagi tubuh.

  1. Terapi Panas atau Dingin

Flu tahunan dapat menjadi tanda bahwa Anda sedang menderita sinusitis sebenarnya, di mana kondisi ini adalah suatu pembengkakan atau peradangan jaringan dinding yang menjadi pelapis sinus. Terapi panas atau dingin merupakan cara untuk membantu sinus untuk terblokir dari flu. Kompres panas atau dingin bisa coba ditempelkan pada sisi hidung.

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Ketika seseorang mengalami flu, pada umumnya hal ini menandakan bahwa daya tahan tubuh sedang lemah. Kekurangan nutrisi dapat menjadi salah satu penyebab dari flu yang cukup lama tak kunjung sembuh. Jadi, perhatikan apa yang menjadi makanan/minuman Anda setiap harinya dan berikut beberapa tips untuk makan dengan baik dan sehat:

  • Mengonsumsi sayur dan buah.
  • Menambah asupan vitamin C yang menjadi salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh secara ampuh.
  • Mengonsumsi makanan pedas juga boleh dicoba asal Anda tidak memiliki penyakit lambung atau gangguan pencernaan lainnya. Ini karena makanan pedas dapat menolong untuk melancarkan kembali pernapasan yang tersumbat.
  1. Berkumur Air Garam

Air garam bukan hanya menjadi suatu cara untuk mengobati batuk kering atau berdahak. Ya, radang pada tenggorokan pada dasarnya akan dapat dihilangkan secara efektif dengan berkumur air garam, namun masalah flu pun juga dapat ditangani dengan cara mudah satu ini.

  1. Suntikan Flu

Vaksin atau suntikan flu setiap tahunnya selalu dikembangkan oleh para ilmuwan. Agar melindungi tubuh dari flu tahunan yang sering hilang muncul, maka vaksinasi sebenarnya bisa Anda coba apabila memang kondisi flu Anda tidak memiliki penyebab lain. Ketika sistem kekebalan tubuh lemah, juga orang-orang lansia serta orang-orang dengan masalah penyakit ginjal maupun jantung memerlukan suntikan flu.

  1. Tidak Merokok

Merokok telah diketahui oleh banyak orang menjadi kebiasaan yang tak sehat. Bahaya merokok bagi kesehatan sangat mengerikan dan bahkan ketika kita hanya sekadar menjadi perokok pasif. Entah flu yang dialami itu benar-benar pilek atau menjadi tanda penyakit lain yang serius, penting untuk menghindari kebiasaan merokok maupun asap rokok supaya infeksi pada pernapasan tak makin buruk.

  1. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat adalah salah satu cara untuk meredakan rasa capek pada tubuh dan menghilangkan stres. Namun, ada manfaat lain yang penting untuk Anda ketahui, yakni uap dari air hangatnya bakal mampu memperlancar pernapasan dan melegakannya ketika sedang flu di mana hidung berair atau tersumbat.

  1. Meningkatkan Kelembaban Ruang Tidur

Flu tahunan yang berkemungkinan disertai dengan saluran hidung kering, sakit pada tenggorokan, dan batuk-batuk bisa coba diatasi dengan meningkatkan kelembaban ruang tidur Anda. Cara ini cukup berguna pada beberapa kasus dan mengurangi gejala yang dialami.

  1. Menggunakan Menthol

Produk menthol adalah salah satu solusi yang layak dicoba ketika Anda memiliki kondisi flu yang cukup mengganggu secara tahunan. Krim atau gel menthol yang diambil sedikit lalu dioles di bawah hidung biasanya akan memperlancar pernapasan yang tak nyaman gara-gara flu.

  1. Pembersihan Hidung

Saline atau air garam bisa digunakan juga sebagai pembersih hidung selain dapat digunakan untuk berkumur. Hidung tersumbat atau hidung yang dipenuhi dengan bakteri dan virus dapat dibersihkan dengan membilasnya menggunakan saline ini. Jika tidak ingin ribet, Anda bisa membelinya langsung di apotek terdekat, namun juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Bila ingin membuat sendiri, cukup sediakan seliter air yang direbus di mana setelah matang, tunggu sampai air menjadi hangat dan masukkan setengah sendok teh garam ke dalamnya untuk dilarutkan lalu digunakan untuk membilas bagian dalam hidung. Untuk mempermudah proses pembilasan, dapatkan alat tetes yang bisa menolong Anda.

  1. Menjauhi Alergen

Ada kemungkinan bahwa flu tahunan yang diderita berasal dari kondisi alergi. Bila alergi menimbulkan flu yang tak kunjung membaik, Anda sebaiknya perlu mencoba menjauhi segala bentuk alergen yang biasanya menimbulkan flu tersebut muncul.

  1. Menemui Dokter

Flu tahunan jangan sampai disepelekan, apalagi kalau flu bukan lagi hanya tentang mengalami hidung berair dan tersumbat, melainkan juga disertai suara serak, sulit bernapas alias sesak nafas, hingga timbulnya rasa sakit di dada. Segera pergi ke dokter dan memeriksakannya agar dapat ditangani secara medis atau perawatan yang lebih tepat.

Demikianlah cara menyembuhkan flu tahunan yang bisa dipertimbangkan dan dicoba. Ketika dengan cara-cara alami tak begitu mempan mengusir flu Anda, penting untuk segera ke dokter untuk mengetahui penyebab flu tahunan sekaligus memperoleh perawatan yang sesuai.