Waspadai 11 Ciri Ciri Radang Tenggorokan yang Sudah Parah Ini !

318

Sakit tenggorokan tentunya bukan suatu kondisi penyakit yang asing karena hampir setiap orang pasti pernah menderita penyakit ini. Meski memang radang tenggorokan adalah bagian dari gejala panas dalam dan dapat sembuh sendiri hanya dalam beberapa hari, ada pula beberapa kasus di mana kondisi bisa bertambah parah. Inilah ciri-ciri radang tenggorokan yang sudah parah dan sudah saatnya Anda periksakan ke dokter.

  1. Air Liur Berlebihan

Apabila Anda mengalami radang atau sakit tenggorokan yang sudah serius, biasanya gejala yang ditimbulkan salah satunya adalah air liur berlebih yang terus-menerus keluar. Hal ini adalah dampak dari sulitnya menelan ludah karena sakit dan mengganjal di tenggorokan. Jika Anda sudah sebegitu sulitnya menelan air liur, maka sebaiknya segeralah ke dokter dan memeriksakan diri.

  1. Lidah atau Leher Membengkak

Cobalah teliti dan periksalah apakah bagian lidah ataupun leher Anda terjadi pembengkakan. Sebab bila terjadi hal demikian, itu artinya radang tenggorokan Anda sudah cukup parah karena kelenjar limfa membesar dan terkenda inflamasi sehingga perlu segera diatasi.

Kelenjar limfa yang membesar adalah hal yang wajar terjadi pada para penderita radang tenggorokan dalam meresponi infeksi di dalam tubuh. Namun Anda juga perlu tahu, infeksi bakteri Streptococcus yang mengakibatkan laringitis, faringitis dan tonsilitis mampu menjadi pemicu utama pembesaran kelenjar limfa.

  1. Batuk Seminggu Lebih

Apabila radang tenggorokan disertai dengan kondisi batuk kering ataupun batuk berdahak yang diderita lebih dari seminggu, maka hal ini bisa menjadi pertanda bahwa radang tenggorokan sudah pada tahap serius. Segeralah periksakan ke dokter apabila batuk kering atau berdahak tak kunjung reda walau sudah lewat seminggu.

  1. Demam

Ketika sistem imun mengeluarkan respon terhadap infeksi yang terjadi, maka hal ini pun menyebabkan demam. Demam pada penderita radang tenggorokan pun ada yang demam biasa tapi juga ada yang mengalami demam tinggi sehingga bila hal ini sudah terjadi pada Anda, pastikan Anda langsung memeriksakan diri ke dokter.

  1. Ruam pada Kulit

Pada beberapa kasus radang tenggorokan yang telah cukup parah, kulit pun mengeluarkan ruam atau bercak kemerahan yang bisa saja menjadi tanda jenis penyakit menular. Penyakit akibat virus seperti halnya rubella, cacar air maupun campak juga dapat menimbulkan gejala radang tenggorokan di awal sehingga perlu penanganan tepat setelahnya.

  1. Suara Terus-terusan Serak

Suara parau dan mengganggu Anda ketika harus berbicara dan mengobrol juga menjadi ciri dari radang tenggorokan yang sudah serius. Pastikan Anda langsung ke dokter kalau suara yang serak sudah lebih dari 2 minggu Anda alami dan bahkan perawatan alami kurang efektif dalam menyembuhkan.

  1. Susah Tidur

Bila Anda mengalami sulit tidur karena tenggorokan sudah begitu sakit bahkan untuk menelan seperti kondisi disfagia, segera periksakanlah ke dokter tanpa menunggu lebih lama. Ketika Anda biarkan, maka tidur-tidur malam Anda berikutnya pun akan sama saja dan hal ini pastinya berdampak pada performa dan aktivitas harian Anda.

  1. Dahak atau Air Liur Berdarah

Ciri yang serius dan bahkan tampak tak wajar pada kasus radang tenggorokan adalah ketika air liur yang keluar atau dahak saat Anda batuk keluar bersama darah. Jika Anda mengalami kondisi gejala ini, segeralah ke dokter untuk mendapatkan bantuan pengobatan yang lebih tepat agar lebih cepat sembuh.

  1. Telinga Sakit

Saat radang tenggorokan juga menyebabkan keluhan seperti rasa sakit di telinga, maka ini juga menjadi tanda bahwa sakit di tenggorokan Anda sudah cukup parah. Anda bisa coba langsung ke dokter atau memeriksakannya lebih dulu ke dokter THT untuk pemeriksaan telinga dan mengetahui penyebabnya.

  1. Sulit Bernapas

Ada kalanya radang tenggorokan yang sudah parah pun memengaruhi pernpasan penderitanya, seperti kesulitan bernapas terutama di kala berbaring. Jika Anda merasakan suatu ketidakwajaran pada pernapasan Anda, seperti halnya sesak nafas, Anda patut untuk segera periksa ke dokter supaya ditangani lebih cepat dan tepat.

  1. Perut Sakit

Apabila radang tenggorokan sudah disertai batuk kering ataupun batuk berdahak, biasanya batuk inilah yang terus-menerus terjadi sehingga berpengaruh pada otot perut yang kemudian menjadi sakit. Anda perlu langsung pergi ke dokter apabila ciri radang tenggorokan sudah sangat tidak nyaman bagi Anda seperti halnya kondisi satu ini.

Ciri-ciri radang tenggorokan yang sudah parah seperti yang sudah diuraikan tersebut dapat menjadi tanda adanya penyakit lain dalam tubuh Anda. Penyebab lain yang berpotensi sangat serius dan mengancam jiwa antara lain adalah alergi, infeksi HIV, hingga kemungkinan adanya tumor pada mulut. Jadi ketika Anda sudah merasakan ketidaknyamanan dan ciri yang tak umum pada radang tenggorokan biasa, langsung saja ke dokter untuk mendapatkan perawatan tepat.