10 Cara Mengatasi Diare Pada Anak Usia 1 Tahun

Diare merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya. Penyakit yang menyerang sistem pencernaan ini dapat menyerang siapa saja. Tidak  terbatas pada orang dewasa, remaja, bahkan anak kecil yang masih berusia 1 tahu pun mengalami. Tentunya Anda bertanya-tanya apa penyebab dari diare pada anak di bawah 1 tahun. Padahal dari segi makanan terjamin akan kebersihan dan tentunya pilihan dari orang tua. Penting untuk Anda ketahui, diare ini tidak saja disebabkan oleh makanan yang terkontaminas oleh bakteri. Tetapi karena faktor lain, misalnya kebersihan dari tangan anak itu sendiri. Diare ini dapat menyebabkan dehidrasi. Bahaya dehidrasi ini dapat mengakibatkan anak menjadi lemas dan menyebabkan kematin.

Anak usia di bawah satu tahun ketika terkena diare sungguh berbahaya. Sebab dari segi imun tubuh belum begitu kuat. Selain itu, juga akan mengnggu perkembanga dari buah hati itu sendiri. Karena diare dapat menyebabkan penderita tidak nafsu untuk makan. Jika anak mengalami diare jangan panik. Utamanya Anda para ibu, sebab ada beberapa cara yang dapat mengetasinya. Adapun cara itu akan dijabarkan dalam artikel berikut. Sehingga, Anda menjadi ibu yang cerdas untuk anak-anak dari segi kesehatan.

  1. Asi

Asi (air susu ibu) ternyata memiliki khasiat yang luas biasa untuk anak. Tidak saja sebagai sumber makanan dan antioksidan. Asi ini akan membantu mengatasi anak yang terkena diare. Caranya cukup mudah, berikan asi pada anak ketika terbangun. Berikan secara rutin sehingga lambat laun akan menyebuhkan penyakit diare.

  1. Air Kelapa

Ketika seseorang mengalami diare tidak menutup kemungkinan akan menderita dehidrasi yang tinggi. Dehirasi ini berbahay bagi tubuh karena dapat menyebabkan kematian mendadak. Untuk mengatasinya cukup dengan memberikan air kelapa. Air inilah yang akan membantu mengembalikan ion tubuh. Selain itu, juga sumber elektrolit alami untuk mengantikan cairan tubuh yang hilang. Penting untuk diwaspadai ketika memberikan pada anak jangan terlalu banyak.

  1. Rebusan Daun Jambu

Daun jambu memang efektif untuk mengatasi diare. Bahkan  sejak dahulu banyak orang yang mengetahuinya. Hal ini tidak lain karena kandungan zat flavonoid yang mampu mengatasi diare secara alami dan bertahap. Bagi anak usia di bawah satu tahun penting untuk dibatasi rebusan air jambu ini.

  1. Jahe

Salah satu jenis tanaman obat ini ternyata tidak saja untuk obat masuk angin dan penghangat tubuh. Lebh dari itu mampu mengobati diare pada anak. Senyawa yang terkadung dalam jahe membuat perut anak menjadi rileks. Sehingga, lambat laun akan sembuh dengan sendirinya. Cara untuk membuat cukup mudah, dengan cara digeprok dan diperas airnya.

  1. Daun Kayu Manis

Kayu manis tidak saja minyaknya yang bermanfaat tinggi. Selain itu, daunnya juga sangat bermanfaat utamanya untuk obat diare pada anak. Daun ini akan menghasilkan rasa hangat pada perut yang membuatnya rilesk. Cara untuk membuatnya cukup mudah mengeringkan duan keyu manis, direbus dan diambil sari airnya.


  1. Pisang

Buah yang satu ini tidak saja manis dan memiliki tekstur yang lembut. Dalam pisang ini mengandung berbagai macam vitamin. Selain itu, juga dapat menyembuhkan diare pada anak. Tidak saja itu, ketika diare membuat seseorang susah untuk makan. Pisang bisa menjadi makanan penunjang dan pelengkap gizi bagi tubuh.

  1. Duan Prasman

Daun ini termasuk dalam tanaman obat tradisional. Banyak masyarakat yang telah menggunakan untuk berbagai keperluan obat-obatan, salah satunya untuk mengatasi diare pada anak. Selain alami juga tidak mengandung efek samping apapun.

  1. Yoghurat

Minuman yang banyak ditemukan di sekitar kita ini mengandung banteri yang baik untuk penderita diare utamanya anak-anak yang berusia satu tahun. Rasa yangdisajikan dalam minuman ini sedikit manis yang tentu mudah untuk dikonsumsi anak. Selain itu, dapat juga untuk memenuhi gizi untuk tubuh.

  1. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji telah dipercaya masyarakat sejak dahulu sebagai salah satu obat untuk diare. Tidak sekadar dipercaya melainkan berbagai pabrik obat diare juga memakai daun jambu biji ini. Dengan begitu jelas akan kandungan yang bagus untuk diare. Utamanya untuk anak-anak yang rentan terkena penyakit.

  1. Oralit

Oralit ini memang telah digunakan masyarakat sejak dahulu sebagai obat diare. Oralit ini sebenarnya tidak saja dibeli di apotek atau toko obat terdekat. Dalam keadaan terdesak para ibu dapat membuat secara mandiri. Cara membuatnya juga terbilang mudah, menyiapkan satu sendok gula dan setengah sendok garam. Kedua bahan tersebut dicampur dalam segelas air. Air larutan inilah yang dapat diminum secara rutin untuk penyembuhan. Bagi anak-anak dapat diberikans secara perlahan atau sedikit-sedikit secara rutin. Jika tidak suka didampingi dengan pemberian asi.

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Diare