Atasi Depresi dengan Konsumsi Makanan Sehat Ini !

372

Depresi adalah penyakit gangguan mental yang menyebabkan munculnya pengaruh buruk terhadap kondisi tubuh secara keseluruhan. Tak hanya berpengaruh terhadap terjadinya penyakit, juga gangguan mental yang satu ini kadang – kadang membuat si penderita berani mengambil kesimpulan untuk mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri.

Beberapa faktor utama yang menjadi penyebab munculnya Depresi adalah faktor ‘biologis’, keturunan dan ‘psikososial’. Nah ketiga penyebab tersebut dapat muncul dengan sendiri – sendiri maupun saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya namun secara keseluruhan adalah penyebab utama terjadinya gangguan ‘bipolar’ atau ‘depresi’.

Gajala-Gejala Dari Penyakit Depresi

Sama sekali tidak memiliki mood sepanjang hari, merasa sedih dan penglihatan kosong. Kehilangan minat, hobi atau kesenangan pada hampir masing – masing aspek kehidupan setiap hari. Terjadi kondisi penurunan berat badan meskipun si penderita sedang tidak melakukan diet atau berolahraga. Kondisi ‘insomnia’ atau ‘hipersomnia’ hampir setiap hari. Terjadi gangguan aktivitas atau gerakan motorik. Mudah lelah dan seperti kehilangan energi. Perasaan bersalah yang berlebihan dan merasa diri tidak berharga. Kehilangan kemampuan untuk memutuskan sesuatu atau berpikir yang jernih. Pikiran akan kematian berulang – ulang kali.

Karena penyakit ini berbahaya maka harus segera ditindaklanjuti dengan melakukan kunjungan ke dokter. Biasanya gangguan mental bisa diatasi melalui konsultasi dengan dokter atau Psikiater, yang nantinya akan diberikan obat antidepresi disesuaikan dengan dosis yang dianjurkan. Untuk gejala awal Depresi masih dapat diatasi dengan memperhatikan pola makan dengan mengonsumsi makanan / minuman tertentu.

Ragam Makanan Untuk Mengatasi Depresi

Kunci utama yang perlu anda perhatikan dalam mengatasi depresi adalah dengan mengonsumsi asupan makanan yang memiliki sifat ‘epigenetik’ yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh melalui kualitas tidur dan suasana hati yang sedang ‘mood’ atau nyaman. Contohnya adalah makanan / minuman yang kaya akan kandungan ‘triptofan’ seperti Sayur Buncis.

Kami rangkum dari berbagai sumber berita akan menjelaskan tentang beberapa jenis makanan yang dapat anda konsumsi guna membantu anda dalam mengatasi gejala – gejala depresi adalah sebagai berikut :

  • Makanan / minuman yang mengandung asupan Vitamin B12 dan Folat guna mencegah munculnya gangguan mood yang rentan memicu anda terkena gejala awal Demensia. Kedua zat gizi ini dengan mudah anda temukan pada makanan sebagai berikut : daging ayam, ikan laut maupun ikan air tawar, sayur bayam, hati, lentil, kacang almond dan ‘beetroot’.
  • Makanan / minuman yang banyak mengandung asupan Vitamin D dan bisa berfungsi guna meningkatkan mood atau suasan hati anda. Banyak ditemukan pada susu, telur, salmon dan tuna.
  • Makanan / minuman yang banyak mengandung zat ‘Selenium’ sebagai fungsi penurun depresi. Adalah Ikan Cos, Kacang Brazil, Walnut, daging unggas merupakan beberapa contoh asupan makanan yang mengandung sumber Selenium.
  • Kandungan Asam Lemak Omega 3 memegang peranan yang cukup penting untuk mengisi fungsi ‘kognitif’ dan perilaku yang sehat. Jika kondisi dalam keadaan sangat rendah untuk kandungan Omega 3 maka akan menyebabkan munculnya banyak masalah kesehatan yang memiliki pengaruh besar terhadap suasana hati dan depresi. Maka dari itu, pastikan anda sudah mencukupi kebutuhan zat Omega 3 per hari contohnya adalah dengan mengonsumsi Ikan Cod, Salmon, Minyak Kanola dan Minyak Zaitun.

Nah itulah daftar makanan penting yang patut mendapatkan perhatian apabila kondisi tubuh anda dalam keadaan depresi. Pastikan juga anda mengonsumsi makanan dan minuman tersebut dalam porsi tepat dengan diimbangi mengaplikasikan pola hidup sehat yaitu rutin berolahraga dengan teratur di waktu pagi hari, serta mendapatkan cukup istirahat pada waktu malam hari.

Jika anda mampu mengaplikasikan gaya hidup sehat seperti tersebut di atas, maka depresi dapat diatasi sehingga masalah mental lebih berbahaya lainnya seperti keinginan untuk bunuh diri tidak akan pernah datang menghampiri.

Semoga bermanfaat !