4 Cara Mengolah Mengkudu Untuk Asam Urat Sembuh Cepat

Asam urat atau gout merupakan kondisi yang terjadi pada tubuh dan menyebabkan rasa nyeri yang sangat menyakitkan, bengkak dan juga sensasi panas di area persendian. Semua bagian tubuh bisa saja terkena asam urat, akan tetapi bagian yang paling sering mengalami asam urat adalah area lutut, pergelangan kaki, jari kaki dan juga sendi jari tangan.

Umumnya, laki laki lebih sering terkena asam urat jika dibandingkan dengan wanita khususnya yang sudah berusia diatas 30 tahun. Saat asam urat terjadi, maka selain mengkonsumsi sayuran untuk asam urat dan kolesterol, ada beberapa jenis pengobatan tradisional yang bisa dilakukan seperti salah satunya menggunakan mengkudu seperti cara mengolah mengkudu untuk asam urat yang akan kami berikan berikut ini.

Kandungan Mengkudu

Banyak orang yang beranggapan jika buah mengkudu sebagai buah tidak berguna karena bentuknya yang terlihat tidak bagus ditambah baunya yang tidak enak. Akan tetapi, mengkudu atau sering disebut juga dengan pace ini memiliki banyak nutrisi penting untuk mengobati asam urat, diantaranya:

  1. Selenium

Dalam mengkudu mengandung selenium yakni jenis mineral yang merupakan sumber antioksidan tinggi. Selenium ini sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan asam urat.

  1. Xeronine dan Proxeronine

Xeronine dan proxeronine adalah jenis alkaloid yang memiliki kandungan bahan pembentuk atau precursor yakni proxeronine dalam jumlah yang banyak. Proxeronine sendiri merupakan jenis asam nukleat seperti jenis koloid lain yang nantinya akan diserap tubuh untuk menangkal protein yang tidak aktif sekaligus mengatur struktur dan membentuk sel yang aktif.

  1. Asam Askorbat

Asam askorbat atau vitamin C dalam mengkudu juga sangat tinggi yang merupakan jenis antioksidan untuk melawan radikal bebas sekaligus menyembuhkan asam urat. Untuk itu, mengkudu sangat disarankan dikonsumsi penderita asam urat agar lebih cepat sembuh.

  1. Zat Scolopetin

Dalam buah mengkudu mengandung zat scolopetin yang bisa melancarkan dan melebarkan pembuluh darah tersumbat. Zat ini juga bekerja sebagai anti inflamasi atau anti peradangan dan juga alergi sehingga sangat tepat dikonsumsi untuk penderita asam urat.

Selain beberapa kandungan diatas, masih banyak nutrisi penting yang ada dalam buah mengkudu dan sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan dan menyembuhkan penyakit termasuk asam urat seperti berikut ini.

  • Terpenoid: Berperan dalam proses sintesi organik dan juga pemulihan sel tubuh.
  • Scolopetin: Anti radang dan anti alergi yang sangat efektif.
  • Anti bakteri: Berperan penting dalam membunuh bakteri penyebab infeksi seperti protens morganil, bacillus subtilis dan sebagainya.
  • Asetil: Berguna untuk membunuh kuman.
  • Moridon: Berguna untuk melancarkan buang air besar.

Cara Mengkonsumsi Mengkudu

Cara mengolah mengkudu sebagai obat alami asam urat dan juga berbagai penyakit lainnya bisa dilakukan dengan beberapa cara yang akan kami berikan berikut ini.


1. Konsumsi Langsung

Sebenarnya, untuk mendapatkan khasiat terbaik dari buah mengkudu untuk mengatasi tanda tanda asam urat ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsinya secara langsung. Rasanya memang sedikit getir dan aneh, namun jika sudah terbiasa maka rasa aneh tersebut nantinya tidak akan terlalu mengganggu.

  • Pilih buah mengkudu yang matang dan lunak dengan bau yang sangat menyengat.
  • Potong potong 2 buah mengkudu matang berukuran sedang tersebut dan bisa langsung dikonsumsi.
  • Lakukan dengan teratur setidaknya 3 kali seminggu dalam 5 bulan agar hasilnya bisa maksimal.

2. Jus Mengkudu

Untuk mengurangi rasa tidak enak dari mengkudu, anda juga bisa mengkondumsi buah ini dengan cara dibuat menjadi jus. Selain mengurangi bau, jus mengkudu ini juga bisa dikonsumsi dengan mudah dan tidak lagi perlu dikunyah.

  • Siapkan 1 buah mengkudu matang berukuran sedang lalu cuci hingga bersih.
  • Haluskan dengan juicer atau blender namun jangan tambahkan dengan gula sebab buah mengkudu sebenarnya sudah memiliki rasa manis yang cukup.

3. Jus Mengkudu Sirup Rempah

Selain bisa dijus sendiri, mengkudu juga boleh dijus bersama dengan sirup rempah di mana sirup rempah ini memang membutuhkan bahan-bahan alami segudang.


  • Sediakan mengkudu sebanyak 2 buah dan pastikan sudah matang, lalu jangan lupa memotongnya secara kasar.
  • Blender mengkudu tadi bersama 2 gelas air hingga halus dan saringlah (ampas bisa Anda buang).
  • Untuk bahan sirup rempah, Anda memerlukan kunyit 1 jari yang telah dimemarkan, jahe merah 1 jempol yang sudah dimemarkan, kapulaga 7 butir yang bisa Anda retakkan, kembang pala 2 helai, kayu manis 1/2 jari, serai 1 batang yang sudah dimemarkan, berikut 3 gelas air.
  • Seluruh bahan sirup rempah Anda harus rebus di atas api kecil dan tunggu sampai terjadi penyusutan hingga airnya 2 gelas. Sesudah ada aroma wangi, gula juga bisa ditambahkan yang kemudian diaduk merata. Angkat dari api dan biarkan dingin.
  • Minumlah ramuan ini setiap pagi dan malam sehari 2 kali hingga asam urat hilang. Ramuan juga berguna menurunkan tensi tinggi.

4. Smoothie

Cara ini merupakan cara nikmat untuk mengkonsumsi mengkudu sebab sudah ditambahkan dengan beberapa jenis buah lain yang juga bermanfaat untuk mengatasi asam urat.

  • Siapkan 1/2 buah mengkudu, 1 buah apel, 1 buah jeruk, 1 sendok makan biji chia, 1 gelas air dan 1 gelas es batu.
  • Haluskan semua bahan menjadi satu dengan blender dan minum hingga habis.
  • Minuman ini tidak hanya berguna untuk mengatasi asam urat namun baik dikonsumsi setiap pagi saat sarapan sebagai energy booster saat beraktivitas.

Demikian ulasan singkat dari kami tentang cara mengolah mengkudu untuk asam urat yang bisa anda praktekkan di rumah sebagai pengobatan tradisional asam urat, semoga bisa bermanfaat dan membantu anda dalam menyembuhkan asam urat. Namun jangan dikonsumsi terlalu berlebihan untuk menghindari bahaya buah mengkudu.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Asam Urat