4 Cara Mengolah Daun Kelor Untuk Asam Urat Tinggi Paling Sederhana

Asam urat adalah senyawa hasil dari metabolisme purin dalam tubuh yang juga terdapat dalam beberapa jenis makanan nabati atau hewani. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi asam urat tersebut adalah dengan daun kelor. Kelor yang dalam bahasa Latin disebut dengan Moringa Oleifera ini adalah tumbuhan asli Indonesia yang tumbuh dengan liar baik di tepi jalan atau di halaman.

Selain di Indonesia, tumbuhan ini juga tumbuh di beberapa negara lain seperti Vietnam, Inggris, Thailand, Philipina dan beberapa negara lainnya. Dalam ulasan berikut ini, kami akan mengulas apa saja nutrisi yang terdapat dalam daun kelor untuk asam urat dan bagaimana cara mengolah daun kelor untuk asam urat yang bisa anda praktekkan dengan mudah di rumah.

Komposisi Daun Kelor

Dari tanaman kelor, bagian yang sering dimanfaatkan untuk menyembuhkan asam urat dan juga obat nyeri sendi lutut tradisional adalah bagian daunnya. Selain bisa dikonsumsi sebagai sayuran, ternyata dalam daun ini mengandung banyak nutrisi penting yang bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional seperti salah satunya adalah asam urat. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami sampaikan beberapa kandungan yang ada dalam daun kelor.

  1. Vitamin C

Dalam daun kelor mengandung mengandung vitamin C yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai penyakit infeksi seperti flu, pilek dan termasuk asam urat. Bahkan dikatakan jika kandungan vitamin C dalam daun kelor ini lebih banyak 7x lipat dibandingkan dengan buah jeruk.

  1. Potasium

Kandungan kedua yang ada dalam daun kelor adalah potasium yang sangat penting untuk saraf dan juga otak. Meski buah pisang dikatakan memiliki kandungan potasium tinggi, namun dari penelitian membuktikan jika dalam daun kelor mengandung potasium tiga kali lebih tinggi dibandingkan dengan pisang.

  1. Vitamin A

Nutrisi selanjutnya yang terkandung dalam daun kelor adalah vitamin A. Vitamin A ini sangat penting untuk melawan sekaligus mencegah berbagai penyakit seperti penyakit kulit, mata, diare, jantung, asam urat dan beberapa penyakit lainnya. Vitamin A yang terkandung dalam daun kelor ini juga terbukti lebih banyak hingga mencapai empat kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan wortel.

  1. Kalsium

Kalsium dalam daun kelor berguna untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang serta gigi sekaligus mencegah osteoporosis. Kalsium dalam daun kelor yang empat kali lebih banyak dari susu ini tidak hanya penting untuk membangun kekuatan tulang namun juga mengatasi kekurangan darah, mengatasi diabetes dan juga asam urat.

  1. Antioksidan

Dalam daun kelor mengandung 46 jenis antioksidan yang sangat kuat dimana antioksidan ini berperan penting untuk melindungi tubuh terhadap kerusakan akibat radikal bebas seperti tanda tanda asam urat dan juga menetralkan radikal bebas lain sebelum nantinya berubah dan menyebabkan kerusakan sel serta penyakit.

Cara Mengolah Daun Kelor dalam Pengobatan Asam Urat

Untuk cara mengolah daun kelor sebagai obat asam urat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dan beberapa diantaranya akan kami jelaskan berikut ini.


1. Serbuk Kering

Untuk cara mengolah khasiat daun kelor yang pertama bisa dilakukan dengan cara mengolah daun kelor menjadi serbuk kering.

  • Siapkan daun kelor sesuai kebutuhan kemudian cuci dengan air hangat sampai bersih.
  • Jemur daun kelor yang sudah dicuci tersebut hingga kering dibawah terik matahari.
  • Sesudah kering, tumbuk dan haluskan daun kelor tersebut dan saring sehingga didapatkan serbuk yang halus.
  • Simpan dalam wadah tertutup dan bisa digunakan secara rutin untuk mengatasi asam urat baik dicampur dfengan makanan atau minuman.

2. Menjadi Sayur

Daun kelor juga bisa diolah menjadi sayuran yang nikmat sebagai sayuran untuk asam urat dan kolesterol sebagai tambahan lauk sehari hari yang bahkan bisa menurunkan penumpukan lemak di dalam tubuh.

  • Siapkan daun kelor segar dalam wadah dan beberapa bahan lain seperti bawang merah, serai yang sudah dihancurkan, air dan juga garam secukupnya.
  • Rebus air hingga mendidih dan masukkan semua bumbu hingga tercium bau harum.
  • Tambahkan daun kelor dan masak sebentar hingga layu, siap untuk dikonsumsi.

3. Obat Oles

Untuk menggunakan daun kelor sebagai obat asam urat juga bisa dilakukan dengan cara membuat daun kelor menjadi obat oles nyeri sendi lutut. Daun kelor yang digunakan sebagai obat oles ini akan meringankan rasa sakit dan nyeri yang ditimbulkan dari asam urat karena kandungan anti inflamasi dalam daun tersebut.

  • Siapkan sekitar 3 tangkai daun kelor dan 1/2 batang kapur sirih.
  • Haluskan kedua bahan tersebut hingga lumat dan membentuk pasta.
  • Aplikasikan pasta tersebut pada area tubuh yang sakit sebanyak 2 kali sehari.

4. Menjadi Teh

Daun kelor yang sudah dalam bentuk kering bisa Anda ramu menjadi teh daun kelor di mana cara membuatnya pun sangat mudah dan sederhana mengonsumsinya pula.

  • Masukkanlah 1 sendok teh daun kelor kering, lalu tuangkanlah air panas atau air mendidih sebanyak 300 ml.
  • Biarkan terseduh selama kurang lebih 30 menit.
  • Sesudah hangat dan bisa diminum, Anda bisa mengonsumsinya, baik itu sekali atau dua kali setiap hari sampai kadar asam urat turun.

Demikian ulasan singkat dan lengkap dari kami tentang cara mengolah daun kelor untuk asam urat yang bisa anda praktekkan di rumah. Sebagai langkah pencegahan, anda bisa mengkonsumsi daun kelor ini sebagai makanan atau obat oles secara teratur disaat sedang sakit ataupun tidak. Semoga ulasan kami bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda seputar cara mengobati asam urat dengan ramuan tradisional.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Asam Urat