Apakah Kangkung Menyebabkan Asam Urat? Ini Jawabannya !

1131

Kadar asam urat yang lebih dari 2,4-6,0 mg/dL pada wanita, 2,0-5,5 mg/dL pada anak, dan 3,4-7,0 mg/dL pada pria ditambah dengan kondisi adanya keluhan rematik asam urat, jelas hal ini perlu adanya pengobatan segera. Diketahui bahwa makanan yang mengandung zat purin tinggi adalah pemicu dari kadar asam urat yang melonjak, apakah kangkung termasuk?

Selain bayam, banyak orang cukup ‘ngeri’ dengan kangkung sebab sayur ini dianggap menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit asam urat. Apakah kangkung menyebabkan asam urat sungguhan? Atau sebenarnya ini hanya mitos? Supaya jelas dan tidak lagi terlalu menghindari kangkung, berikut uraian mengenai kebenarannya.

Benarkah kangkung penyebab asam urat?

Menurut American College of Rheumatology seperti dilansir dari Liputan6.com, dinyatakan bahwa kangkung sebenarnya justru termasuk sayuran hijau yang disarankan bagi penderita penyakit asam urat atau gout artritis untuk dikonsumsi. Jadi, kangkung bukan faktor yang menyebabkan asam urat dan dapat dipastikan bahwa ini hanyalah mitos.

Asupan kangkung justru adalah salah satu yang paling dibutuhkan oleh penderita asam urat. Para pakar kesehatan menjelaskan bahwa memang kangkung dapat menghasilkan asam urat, namun kadarnya akan menjadi berlebihan di dalam tubuh apabila kita mengonsumsi kangkung secara berlebihan dan terus-menerus.

Jadi jika mengonsumsi kangkung tidak terlalu banyak atau masih dalam porsi wajar, efek asam urat pun berisiko sangat kecil terjadi. Intinya, mengonsumsi kangkung sah-sah saja karena kangkung bukan penyebab asam urat, asalkan konsumsi pun tidak terlalu banyak dan terlalu sering.

Bahkan menurut suatu hasil penelitian kesehatan, penderita asam urat yang melakukan pantang makan kangkung pun tak begitu memberikan efek signifikan terhadap turunnya kadar asam urat. Makan kangkung dengan porsi wajar, dibatasi atau dihindari sama sekali rupanya tak terlalu berpengaruh pada kadar asam urat yang sudah tinggi.

Apa makanan penyebab asam urat sebenarnya?

Penyakit asam urat terjadi karena tingginya kadar asam urat dalam tubuh dan hal ini utamanya disebabkan oleh ketidakmampuan ginjal untuk mendukung proses penyaringan asam urat secara normal. Konsumsi makanan kaya purin, minum alkohol, penggunaan obat diuretik, penyakit diabetes dan obesitas adalah pemicu penurunan fungsi ginjal dalam penyaringan asam urat tersebut.

Bukan kangkung, berikut inilah daftar makanan dan minuman yang diketahui mengandung purin tinggi sehingga mampu memicu kadar asam urat tinggi. Daftar makanan dan minuman ini jugalah yang termasuk dalam pantangan asam urat.

  • Ikan – Ikan memang adalah sumber makanan yang mengandung omega-3 tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh, namun beberapa jenis ikan tidak sebaiknya dikonsumsi karena mampu meningkatkan kadar asam urat. Ikan haring, makarel, sarden dan teri adalah jenis ikan tinggi purin yang perlu dihindari.
  • Daging – Tubuh sebenarnya membutuhkan asupan daging untuk mencukupi nutrisi lengkap yang tubuh perlukan, namun daging hewan berkaki empat rupanya memiliki kadar purin tinggi sebagai kandungannya. Daging babi, domba, kambing dan sapi termasuk di dalam pantangan makanan bagi penderita asam urat.
  • Jeroan – Jeroan seperti otak, ginjal dan hati bukan hanya mampu meningkatkan potensi terkena penyakit kolesterol tinggi, melainkan juga berisiko memperbesar risiko asam urat. Itulah mengapa penderita asam urat perlu menghindari jeroan bila ingin kadar asam urat normal lagi.
  • Kerang – Salah satu makanan laut ini tinggi akan kandungan purin sehingga sebaiknya Anda masukkan ke dalam makanan yang dipantang ketika asam urat sudah tinggi. Bahkan untuk orang-orang dengan kadar asam urat normal, memakan kerang terlalu sering bisa menyebabkan gangguan ginjal yang berakibat pada naiknya kadar asam urat.
  • Minuman beralkohol dan berfruktosa tinggi – Untuk minuman, purin tinggi ada pada minuman beralkohol serta minuman yang manis-manis (khususnya dengan kandungan fruktosa tinggi). Jadi, hindarilah minuman-minuman ini agar terhindar dari penyakit asam urat.

Itulah daftar makanan yang sebaiknya masuk ke dalam menu diet rendah purin yang Anda ingin lakukan. Hati-hati terhadap penyakit asam urat, sebab terkadang tak ada gejala yang menyertai sehingga tiba-tiba kadarnya melonjak tinggi tanpa kita sadari. Oleh karena itu, perhatikan asupan makanan Anda dan lakukan diet rendah purin mulai sekarang.

Jadi, apakah kangkung menyebabkan asam urat? Rupanya kangkung tergolong jenis sayur yang aman bahkan dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penderita asam urat. Selain kangkung, makanan lain yang dianjurkan bagi penderita asam urat adalah makanan yang mengandung serat tinggi, buah-buahan segar, serta susu rendah lemak.