11 Cara Mengobati Asam Urat di Tangan Alami Paling Mujarab

Apakah anda pernah mengalami asam urat? Asam urat memang merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan seseorang yang mengalaminya akan merasakan sensasi yang tidak menyenangkan. Perlu anda ketahui bahwa asam urat merupakan suatu bentuk dari penyakit yang disebut dengan arthritis atau sering disebut dengan OA (osteoarthritis, pengapuran sendi) yang mana akan menyebabkan anda mengalami pembengkakan serta kemerahan yang datang secara tiba-tiba dan biasanya juga akan disertai dengan rasa sakit yang akan mengganggu aktivitas anda sehari-hari.

Perlu anda ketahui bahwa jempol kaki termasuk ke dalam bagian yang paling sering mengalami asam urat meskipun memang penyakit ini bisa mempengaruhi jenis sendi yang lainnya, seperti misalnya kaki, lutut, dan juga pergelangan kaki. Adapun asam urat yang menyerang sendi yang ada di tangan yaitu seperti lengan, siku, dan juga pergelangan tangan. Sementara itu, kasus asam urat yang menyerang bagian tulang belakang masih diketahui jarang terjadi meskipun memang kemungkinan hal tersebut bisa terjadi pada beberapa orang.

Asam urat memang bisa menyerang bagian mana saja, terutama di bagian tangan seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Maka dari itu, di bawah ini akan kami berikan beberapa cara mengenai cara mengobati asam urat di tangan yang harus anda ketahui.

1. Daun Sirsak

Cara mengobati asam urat di tangan yang pertama adalah anda bisa memanfaatkan daun sirsak. Perlu anda ketahui bahwa di dalam daun sirsak terkandung beberapa zat yang memang sangat berguna untuk membantu mengatasi asam urat. Adapun pengobatannya sendiri sangatlah mudah, yaitu anda hanya tinggal mengkonsumsi air hasil rebusan daun sirsak tersebut.

2. Daun Sambiloto

Daun sambiloto juga bisa anda gunakan sebagai obat untuk membantu mengatasi asam urat anda. Di dalam daun sambiloto terkandung beberapa zat yang sangat bermanfaat seperti natrium, kalsium, maupun juga kalium yang memang ampuh mengobati asam urat. Cara yang harus anda lakukan sama dengan ketika anda mengkonsumsi daun sirsak yakni dengan cara meminum air rebusannya.

3. Mengkonsumsi Buah Cherry

Cara pengobatan selanjutnya yang bisa anda coba adalah dengan mengkonsumsi buah cerry. Buah cerry memiliki kadar asam yang kuat yang mana kadar asam tersebut nantinya bisa mengimbangi kadar daripada asam urat yang terdapat di dalam darah maupun juga urine anda. Selain itu, di dalam buah cherry terdapat natrium maupun juga kalsium yang diketahui sangat bermanfaat bagi persendian anda, termasuk juga sendi yang ada di tulang.

4. Mengkonsumsi Jus Lemon

Lemon juga termasuk ke dalam golongan buah yang memiliki kadar asam yang cukup tinggi yang mana sifat asamnya ini dapat digunakan untuk membantu mengimbangi kadar asam urat di tubuh kita. Karena manfaat sifat asam tersebutlah nantinya akan menjadi penolong bagi tubuh anda sebagai penghasil karbonat dan bisa diandalkan sebagai penetralisir asam urat.

5. Madu Hitam

Madu hitam merupakan madu yang berasal dari hutan dan biasanya juga disebut dengan madu pahit. Di dalam madu hitam terdapat senyawa alkaloid yang mana ia berasal dari sumber naktarnya. Alkaloid sendiri merupakan suatu senyawa basa yang biasanya terdapat di beberapa jenis tumbuhan tertentu. Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit asam urat di tangan anda maupun juga di bagian tubuh lainnya.


6. Bunga Rosela

Di dalam bunga rosela mengandung kandungan protein esensial yang memang sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi asam urat anda. Cara pengobatannya pun sangatlah mudah, yaitu anda bisa langsung mengkonsumsinya ataupun anda bisa merebusnya terlebih dahulu.

7. Memperbanyak Konsumsi Vitamin C

Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin C sangat ampuh untuk membantu mengatasi beberapa masalah pada persendian, termasuk juga mengobati asam urat yang menyerang bagian tangan kita. Bahkan kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya juga mampu untuk melindungi anda dari efek yang ditimbulkan oleh radikal bebas.

8. Mengkonsumsi Ramuan Cengkeh dan Ubi Jalar

Kedua jenis rempah-rempah ini sangat bermanfaat untuk membantu anda mengatasi penyakit asam urat. Adapun cara yang harus anda lakukan adalah dengan merebus cengkeh tersebut dan setelah selesai kemudian anda tinggal meminum air rebusannya. Sementara untuk ubi jalarnya sendiri, anda bisa mengkonsumsinya secara langsung dan terpisah.


9. Memperbanyak Minum Air Putih

Air putih memang bisa kita gunakan untuk membantu mengobati beberapa penyakit seperti sinusitis, batuk, dan termasuk juga asam urat. Air putih sangat baik untuk melarutkan asam urat yang ada pada ginjal, termasuk juga mengobati batuk ginjal (kencing batu).

10. Daun Sosor / Cocor Bebek

Daun cocor bebek tidak hanya bermanfaat untuk mengobati wasir (ambeien), sembelit atau konstipasi,  namun juga bisa anda gunakan mengobati asam urat. Biasanya daun cocor bebek akan digabungkan dengan ramuan lainnya seperti cengkeh, kapulaga, kayu manis, dll yang mana kesemua bahan tersebut nantinya akan direbus dan anda harus mengkonsumsi air rebusannya.

11. Terapi Air Hangat

Seperti yang kita ketahui bahwa terapi air hangat mampu untuk mengobati masalah pada persendian, termasuk di dalamnya asam urat yang ada di tangan. Bahkan dengan membiasakan diri berendam di air hangat dapat melancarkan sistem aliran darah jadi bisa mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Demikian cara mengobati asam urat di tangan yang dengan langkah-langkah alami aman yang bisa dibuktikan sendiri keampuhannya. Tanpa memberikan efek samping berbahaya, para penderita asam urat di tangan bisa mulai mencobanya dan kiranya bermanfaat.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Asam Urat