Home Penyakit dan KelainanPenyakit Asam Lambung 11 Tanda-tanda Asam Lambung Sembuh dan Pulih Total

11 Tanda-tanda Asam Lambung Sembuh dan Pulih Total

by Erlita

Asam lambung adalah salah satu gangguan pencernaan pada lambung yang cukup tak mengenakkan karena menimbulkan ketidaknyamanan yang bisa-bisa menghambat aktivitas. Dada yang terasa panas, sakit kepala, perut terasa mual dan bahkan kadang bisa sampai muntah karena kenaikan asam lambung memang menjengkelkan. Lalu, setelah pengobatan dilakukan bagaimana kita tahu tanda-tanda asam lambung sembuh?

  1. Selera Makan Normal

Pada kebanyakan kasus penderita asam lambung atau GERD, nafsu makan penderitanya akan sangat berkurang atau bahkan hilang sama sekali. Namun saat kadar asam lambung sudah terbilang normal, maka ini tandanya nafsu atau selera makan kembali seperti semula juga. Makan akan begitu nyaman dan terasa enak yang menandakan kesembuhan asam lambung.

  1. Tak Lagi Merasa Lapar Terlalu Sering

Penderita penyakit maag atau asam lambung mengalami gejala umum seperti terus-menerus merasa lapar walaupun sudah makan. Perut yang sudah diisi akan mudah menjadi lapar lagi dan sering berbunyi. Salah satu tanda bahwa asam lambung sudah membaik, maka Anda tak lagi mudah lapar nantinya.

  1. Ulu Hati Tak Nyeri Lagi

Gejala asam lambung naik atau kambuh yang paling sering terjadi adalah timbulnya rasa nyeri pada bagian ulu hati. Jika perut bagian atas tengah terasa sakit, maka kemungkinan besar asam lambung tengah terjadi. Jadi bila ulu hati tak nyeri lagi, itu artinya asam lambung Anda sudah sembuh.

  1. Lambung Tak Sakit Lagi Ketika Marah

Beberapa orang penderita asam lambung pasti pernah merasakan yang namanya asam lambung terasa lebih sakit sewaktu sedang emosi. Sewaktu marah, lambung akan mudah merasakan sakit jadi bila Anda marah dan lambung baik-baik saja, ini bisa menjadi tanda bahwa asam lambung sudah membaik.

  1. Tidak Mual Lagi

Bahkan ketika perut tak terisi apapun, penderita asam lambung dapat merasakan mual dan selalu ingin muntah. Pada waktu asam lambung kadarnya telah normal lagi, bukan hanya selera makan yang kembali normal, melainkan rasa mual pun ikut hilang sehingga perut dan lambung terasa nyaman.

  1. Tidur Lebih Nyenyak

Penderita asam lambung pasti setuju bahwa rasa sakit di ulu hati atau lambung bisa memengaruhi tidur mereka. Saat hendak tidur, asam lambung yang naik dan menimbulkan rasa sakit pada ulu hati akan membuat lebih susah tidur. Namun saat Anda merasa tidur bisa lebih mudah dan nyenyak, itu menandakan asam lambung sudah normal kembali.

  1. Tidak Lagi Sakit Kepala

Sering sakit kepala atau pusing adalah gejala yang turut menyertai nyeri di ulu hati di mana hal ini menunjukkan bahwa kondisi asam lambung sedang tak baik. Jadi saat Anda tak lagi merasakan hal tersebut, tak lagi pusing, asam lambung mungkin sudah pulih.

  1. Tak Lagi Sering Bersendawa

Asam lambung yang naik biasanya juga menyebabkan penderita mudah dan sering sendawa. Perut seakan penuh dengan gas sehingga ketidaknyamanan pun dialami. Ketika Anda sudah tak lagi sering sendawa, hal ini menjadi tanda bahwa lambung sudah membaik dan kadar asam lambung normal lagi.

  1. Pencernaan Lancar

Asam lambung yang terjadi dapat menjadi suatu pemicu ketidaklancaran pencernaan Anda. Gangguan pencernaan seperti BAB yang tak konsisten, serta frekuensi BAB yang terganggu adalah contohnya. Jadi bila BAB Anda sudah lancar dengan frekuensi yang normal, tandanya asam lambung sudah baik kembali.

  1. Tak Lagi Sering Kedinginan

Sewaktu penyakit maag atau asam lambung terjadi, akan lebih mudah bagi tubuh merasakan kedinginan. Apabila tubuh tak lagi merasakan kedinginan terlalu sering, ditambah beberapa gejala lain mulai berkurang, tentu ini tandanya asam lambung sudah mulai baik kembali.

  1. Badan Lebih Bugar

Karena nafsu makan sudah mulai meningkat atau kembali normal, kemudian ulu hati tak lagi sakit, kepala tak lagi pusing, dan pencernaan mulai lancar, tubuh pun terkena dampak baiknya. Badan akan terlihat jauh lebih bugar yang menandakan bahwa asam lambung sudah sembuh dan pulih.

Itulah sejumlah tanda-tanda asam lambung sembuh yang perlu Anda kenali. Supaya tak gampang kambuh, hindarilah stres mental dan fisik, tidurlah secara cukup setiap malamnya, perbanyak makan sayur dan buah serta biasakanlah menikmati makanan dan minuman hangat untuk menurunkan risiko kenaikan asam lambung atau gejala kembung.

You may also like