Home Penyakit dan KelainanArtritis 12 Macam-Macam Artritis Yang Harus Diketahui

12 Macam-Macam Artritis Yang Harus Diketahui

by Lia Yuliana

Artritis  merupakan salah satu jenis penyakit radang sendi yang biasa dialami oleh seseorang. Meskipun pada umumnya seseorang mengenal bahwa setiap radang Artritis  itu sama namun pada kenyataannya radang sendi Artritis sangatlah berbeda antara jenis yang satu dengan jenis yang lainnya. Radang sendirinya merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan seseorang merasakan nyeri pada sendi. Untuk mengetahui perbedaan serta mengetahui macam-macam radang sendi artritis . Untuk itu marilah kita simak artikel berikut ini tentang macam-macam Artritis.

Macam-macam Artritis

1. Osteoarthritis

jenis nyeri sendi artritis  ini disebabkan karena proses penuaan. Biasanya Artritis  jenis ini dapat menyerang berbagai macam sendi salah satunya seperti sendi tulang belakang sendi pangkal ibu jari sendi lutut dan juga sendi pinggul. Ousteoarthritis memang harus segera dioabati dengan obat yang cocok, apapun jenis penyakit yang sedang diderita harus sesegera mungkin di obat dengan obat yang cocok, selain mengobati penyakit tersebut harus pula mengetahui cara mencegah osteoarthritis dengan benar.

2. Gout

Nyeri sendi Artritis  jenis gout ini dapat disebabkan karena adanya gangguan metabolisme asam urat yang terdapat di dalam tubuh. Gangguan metabolisme asam urat yang terdapat di dalam tubuh membuat kristal asam urat tersebut tersimpan pada sendi terutama kristal tersebut tersimpan pada jempol kaki yang menyebabkan jempol kaki menjadi nyeri. Gout leabih sering dikaitkan dengan asam urat, dimana sudah jelas dan sudah banyak diketahui bahwa terdapat makanan pantangan asam urat bagi penderita asam urat dan juga sayur yang dilarang untuk asam urat perlu dihindari agar tidak mengalami penyakit asam urat yang parah.

3. Reumatoid artritis

Pada penyakit Artritis  ini biasanya sistem kekebalan tubuh yang berlebih malah menyerang membran sinovial yang di mana hal tersebut dapat mengakibatkan rasa nyeri serta mengakibatkan pembengkakan dan juga mengakibatkan kekakuan pada sendi. Penyakit ini biasanya disebabkan karena adanya beberapa faktor seperti misalnya faktor usia dan pola hidup baik itu pola makan atau pola tidur, karena dengna pola makan yang tidak terjaga membuat hidup menjadi tidak sehat sehingga dapat menyebabkan reumatoid artritis.

4. Psoriatic arthritis

Penyakit nyeri sendi Psoriatic artritis merupakan penyakit nyeri sendi yang dimana penyakit tersebut hampir sama dengan penyakit reumatoid artritis. Yang dimana malah kekebalan tubuh yang menyerang membran sinovial. Biasanya Penyakit ini sering terjadi pada orang-orang yang menderita psoriasis

5. Juvenile arthritis

Juvenile arthritis juga merupakan salah satu dari macam-macam penyakit Arthritis. Juvenile arthritis biasanya sering terjadi pada anak-anak. Bagi Anda yang memiliki anak dan mengalami penyakit arthritis jenis ini alangkah lebih baiknya jika anda segera memeriksakannya ke dokter agar anak Anda mendapatkan penanganan dengan segera.

6. Infectiouns arthritis

Infectiouns arthritis merupakan salah satu macam dari jenis penyakit artritis yang disebabkan karena adanya infeksi jamur bakteri serta virus. Biasanya penyakit arthritis jenis-jenis lebih Rentan mengalami ataupun lebih rentan terjadi karena disebabkan oleh bakteri salah satu contohnya adalah tuberkolous Arthritis.

7. Pholymialgy reumatica

Penyakit atletis yang satu ini merupakan salah satu penyakit yang biasanya Penyakit ini menyerang seseorang yang telah memiliki usia diatas 50 tahun. Penyakit arthritis jenis ini biasanya akan memberikan rasa nyeri pada bahu pinggul dan leher yang terjadi pada seseorang yang memiliki usia diatas 50 tahun.

8. Ankylosing spondiylitas

Jenis artritis yang satu ini merupakan salah satu jenis penyakit arthritis kronis yang dapat mengakibatkan terjadinya inflamasi parah. Biasanya penyakit radang sendi jenis ini dapat menyerang tulang belakang dan menyebabkan kekakuan pada tulang belakang. Bagi mereka yang memiliki penyakit jenis ini biasanya akan menimbulkan gejala kekakuan yang terus-menerus dirasakan selama beberapa bulan pada nyeri punggung bawah.

9. Fibromyalga

Fibromyalgia merupakan salah satu jenis artritis yang dapat mempengaruhi jaringan lunak yang terdapat di dalam tubuh. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya kerusakan fungsi neuron transmitter yang di mana kerusakan fungsi neurotransmitter di otak tersebut ditandai dengan adanya kekakuan nyeri otot serta pegal-pegal.

10. Sistemic Lupus Erythematosus

Penyakit nyeri sendi arthritis yang satu ini adalah systemic Lupus erythematosus. Penyakit ini biasanya mempengaruhi seluruh sistem tubuh selain itu juga di bersama dengan adanya kelainan pada beberapa organ dalam. Penyakit jenis ini biasanya sering terjadi pada wanita saat wanita tersebut dalam masa pengasuhan anak. Penyakit sistemik lupus eritematosus ini juga merupakan salah satu penyakit artritis yang dapat mengancam jiwa jika tidak segera dilakukan pengobatan.

11. Penyakit autoimun

Penyakit ini hampir sama dengan penyakit reumatoid artritis dan juga penyakit psoriatic arthritis. Penyakit ini disebabkan karena sistem metabolisme yang berlebih sehingga menyerang membran sinovial dan menyebabkan rasa nyeri pembengkakan dan juga rasa kekakuan pada sendi-sendi tertentu.

Penyakit autioimun atau kelainan outoimun ini memilik berbagai ciri-ciri penyakit outoimun, dimana ciri-ciri outoimun ini pun tergantung pada jenis-jenis penyakit autoimun yang sedang dideritanya, karena beda jenis akan beda ciri-ciri, begitu pula dengan pengobatannya, jika jenis autoimnnya berbeda maka cara pengobatan yang dilakukannya pun akan berbeda pula.

12. Juvenile Rheomatoid arthritis

Penyakit ini biasanya terjadi pada anak-anak yang di mana Penyakit ini terdiri dari tiga jenis yaitu pauciarticular, sistamik dan juga polyarticular. Segera kenali jenis-jenis penyakit ataupun macam-macam penyakit artritis yang sedang anda alami agar anda dapat mendapatkan penanganan sesuai dengan macam-macam penyakit artritis yang anda Derita.

Sebenarnya banyak sekali macam-macam jenis radang sendi Artritis  yang ada. Namun dalam artikel ini kami hanya membahas 12 jenis macam-macam radang sendi Artritis  yang dapat anda ketahui. Jangan pernah sekali sekali Anda menyebalkan gejala-gejala yang terjadi Ketika seseorang mengalami penyakit arthritis. Karena salah satu dari macam-macam jenis penyakit arthritis tersebut dapat mengancam jiwa anda terutama arthritis systemic Lupus erythematosus. Semoga dengan adanya artikel macam-macam jenis radang sendi Artritis  dapat membantu dalam menambah wawasan serta menambah pengetahuan anda tentang penyakit artritis.

Setelah mengatahui beberapa hal mengenai macam-macam atau jenis-jenis artritis, penitng pula untuk mengetahui apa saja dan bagaimana saja cara pencegahan artritis, karena bukan hanya jenis-jenis yang harus dikethai dengan baik, cara mencegahnya pun dapat menjadi alternatif pengobatan penyakit artritis.

You may also like