16 Cara Perawatan Radang Amandel Yang Ampuh

432

Radang amandel merupakan pembengkakan ataupun peradangan pada amandel yang biasanya pembengkakan atau peradangan tersebut disebabkan oleh adanya infeksi dari bakteri ataupun virus. Ketika amandel mengalami pembengkakan maka penyakit makan mudah menyerang mulut paru-paru tenggorokan serta bagian-bagian tubuh lainnya. Radang amandel dapat terjadi oleh siapa saja baik anak-anak maupun dewasa. meskipun demikian ada beberapa cara untuk perawatan radang amandel. Adapun cara perawatan radang amandel adalah sebagai berikut.

Cara perawatan radang amandel

1. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin

Merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena konsumsi makanan yang tidak baik. Untuk itu Mengapa Salah satu cara perawatan radang amandel adalah dengan mengkonsumsi makanan serta minuman yang mengandung banyak vitamin.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin dapat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh anda serta membantu untuk proses pemulihan ataupun perawatan radang amandel yang sedang anda derita saat ini.2

2. Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Tidak hanya mengkonsumsi makanan yang bervitamin saja, namun pada kenyataannya seseorang harus mengimbangi makan makanan yang bervitamin dan juga makan makanan yang mengandung banyak gizi. Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin dan gizi akan membantu memperlancar metabolisme tubuh Anda sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit.

3. Mengkonsumsi air garam

Coba anda bahwa banyak sekali manfaat air garam yang dapat anda peroleh ketika anda menggunakannya. Salah satu manfaat air garam untuk radang amandel adalah air garam dapat digunakan untuk membantu perawatan radang amandel yang sedang anda Derita.

4. Mengkonsumsi air perasan lemon dan madu

Mengkonsumsi air perasan lemon dan madu juga merupakan salah satu alternatif sebagai perawatan radang amandel yang sedang anda Derita. Perasan lemon dan madu tidak hanya dapat digunakan untuk membantu perawatan radang amandel saja, namun perasan lemon dan madu juga bermanfaat untuk kesehatan yang lainnya.

5. Mengkonsumsi kayu manis

Sama halnya dengan air perasan lemon dan madu ternyata mengkonsumsi Kayu Manis juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh anda. Tidak hanya itu saja kabar baiknya ternyata mengkonsumsi Kayu Manis juga dapat digunakan untuk perawatan radang amandel yang sedang anda Derita.

6. Mengkonsumsi bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang kaya akan manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Hal ini disebabkan kandungan kandungan yang terdapat di dalam bawang putih sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan anda. Salah satu manfaat bawang putih untuk kesehatan adalah gunakan untuk perawatan radang amandel.  

7. Mengkonsumsi kunyit

Kunyit merupakan rempah-rempah yang sudah Tidak diragukan lagi kebermanfaatannya baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Tahukah anda bahwa ternyata kunyit juga dapat digunakan untuk membantu memperlancar dalam perawatan radang amandel.

8. Mengkonsumsi air putih

Ketika anda mengalami radang amandel salah satu perawatan termudah adalah dengan mengkonsumsi air putih secara cukup. Mengkonsumsi air putih dengan cukup minimal 8 gelas per hari dapat membantu untuk perawatan radang amandel dan menjaga kesehatan tubuh anda. 

9. Makan makanan sehat

Makan makanan yang sehat juga merupakan salah satu syarat yang harus anda lakukan ketika anda sedang dalam perawatan radang amandel agar radang amandel yang anda derita tidak semakin parah. Makanan sehat sangat diperlukan untuk membantu perawatan rdang amandel. bahkan makanan sehat tidak hanya untuk satu perawatan saja, tetapi makanan sehat untuk kulit juga sangat efektif.

10. Menjaga daya tahan tubuh

Bagi Anda yang sedang melakukan perawatan radang amandel agar radang amandel yang anda derita tidak semakin parah salah satunya adalah dengan menjaga daya tahan tubuh anda. Banyak sekali hal-hal yang dapat anda lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh anda salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

11. Melindungi saluran pernapasan

Radang amandel adalah radang yang terjadi pada bagian amandel untuk itu salah satu cara perawatan radang amandel adalah dengan melindungi saluran pernafasan.

12. Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan juga meningkatkan metabolisme tubuh anda. Untuk itu Mengapa olahraga juga menjadi salah satu alternatif perawatan radang amandel. Olahraga yang teratur dapat membantu untuk membakar banyak kalori. Olahraga yang membakar kalori super banyak ini juga sangat efektif untuk menjaga kekebalan tubuh sehingga dapat membantu penyembuhan radang tenggorokan.

13. Mengkonsumsi jeruk nipis

Banyak sekali khasiat yang dapat anda peroleh ketika anda mengkonsumsi jeruk nipis. Salah satunya adalah membantu dalam perawatan radang amandel yang sedang anda derita sehingga radang amandel yang anda derita tidak kambuh. Jeruk nipis sangat baik untuk mengatasi amandel atau untuk perawatan radang amandel. Namun bagi mereka yang memiliki penyakit maag atau asam lambung tidak disarankan untuk mengatasi radang amandel dengan jeruk nipis.

Pada dasarnya baik untuk maag, asam lambung atau rahim. Jeruk nipis memiliki efek bahaya jeruk nipis bagi rahim. Karena sifat jeruk nipis yang asam sehingga membuat rahim menjadi terganggu fungsinya dengan keasamaan yang cukup tinggi.

14. Mengkonsumsi bawang merah

Tidak hanya bawang putih namun pada kenyataannya bawang merah juga memiliki banyak sekali manfaat yang dapat Anda rasakan ketika anda mengkonsumsi bawang merah. bawang merah dan bawang putih merupakan salah satu alternatif untuk digunakan sebagai perawatan radang amandel. Sejatinya memang bawang merah memiliki banyak manfaat, namun bawang merah tentu memiliki batas konsumsi sehingga apabila batas konsumsi tersebut dilangkar maka dapat menyebabkan efek samping bawang merah

15. Mengkonsumsi kulit manggis

Tahukah anda bahwa ternyata dengan mengkonsumsi kulit manggis juga dapat dimanfaatkan untuk membantu merawat radang amandel yang sedang anda Derita. Khasiat kulit manggis tidak hanya untuk membantu radang amandel. Bahakan kulit manggis ini sangat efektif digunakan untuk merawat kesehatan kulit.

16. Menghindari makanan penyebab amandel

Salah satu hal termudah yang dapat anda lakukan untuk merawat radang amandel yang anda derita adalah dengan menghindari mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat menyebabkan amandel kambuh kembali.

Itulah cara perawatan radang amandel yang dapat anda ketahui. Dengan melakukan perawatan radang amandel akan membantu anda untuk mengurangi resiko pembengkakan radang amandel. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda tentang perawatan radang amandel.