Berapa Lama Operasi Amandel dan Prosesnya

Seperti yang telah anda ketahui bahwa amandel dengan penyakit tenggorokan adalah penyakit yang berbeda, meskipun sekilas terlihat sama karena sama-sama berada pada ke tenggorokan namun kenyataannya radang amandel itu berbeda dengan radang tenggorokan. Radang amandel adalah kelenjar tonsil tidak berfungsi dengan baik, kelenjar tonsil merupakan kelenjar yang berfungsi untuk mempertahankan tubuh dan membunuh kuman yang berada pada saluran pernafasan. Radang amandel dapat disebabkan karena beberapa hal disebabkan karena bakteri dan juga virus. Biasanya seseorang yang mengalami radang amandel akan kesulitan bernafas dan merasakan rasa sakit.

Amandel yang disebabkan karena bakteri biasanya akan disarankan untuk mengkonsumsi antibiotik, sedangkan amandel yang disebabkan karena virus dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi air mineral dan makanan yang bergizi . Namun Ketika anda sudah mengalami amandel Dan dianjurkan untuk operasi ada beberapa informasi yang harus anda ketahui yaitu dari waktu serta proses operasi.

Waktu operasi

Sebenarnya untuk waktu operasi penyakit amandel hanya dibutuhkan beberapa jam saja waktu pelaksanaan operasi di dalam ruang operasi.  hanya saja sebelum melakukan operasi amandel biasanya seseorang yang ingin melakukan operasi harus opname terlebih dahulu untuk memastikan keadaannya benar-benar stabil atau untuk istirahat sejenak. Dari proses istirahat sampai dengan operasi biasanya waktu yang diperlukan sekitar 2 sampai 3 hari tergantung keadaan pasien

Proses operasi

1. Melakukan cek

Sebelum melakukan operasi amandel ada beberapa cek yang harus anda lakukan di antaranya adalah rekam jantung, foto paru-paru, cek anesti, serta cek darah. Setelah semua cek cek tersebut dilakukan dan hasilnya baik maka anda dapat lanjut langkah selanjutnya sebelum melakukan operasi amandel.

2. Di infus

Langkah sandinya sebelum operasi amandel biasanya anda akan diminta untuk istirahat sejenak di ruang rawat, selanjutnya Anda diberi bantuan infus untuk tetap menjaga kesehatan anda. Banyak tentunya jenis-jenis cairan infus yang dapat di berikan sebelum melakukan operasi amandel. Tentu cairan infus ini disesuaikan dengan kebutuhannya. Namun jangan terlalu banyak dalam memberikan cairan infus. Maka dari itu jangan pernah main-main dengan cairan infus, hal ini dikarenakan terdapat akibat kelebihan cairan infus yang perlu diwaspadai.

3. Di bius total

Beberapa jam sebelum dibius total biasanya pasien akan diminta untuk puasa terlebih dahulu, selanjutnya pasien akan dibawa ke ruang operasi dan dibius total untuk melakukan operasi amandel. Melalukan bius total ini bukan tanpa sebab. Karena operasi amandel biasanya tidak berlangsung sebentar. Maka perlu adanya bius total agar pasien yang hendak dioprasi pun tidak terlalu merasa ketakutan. Dalam pelaksanaan operasi mau tidak mau keberhasilan juga ditentukan dengan keinginan pasien untuk sembuh pula. Maka dari itu bius total memang perlu dilakukan.

4. Kompres dengan air hangat.

Setelah operasi amandel selesai biasanya akan dilanjutkan dengan pengompresan air hangat pada leher. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk merilekskan keadaan tenggorokan yang habis dioperasi. Air hangat memang memiliki peran yang sangat penting. Dalam keseharaian biasanya air hangat juga dilakukan terapi air hangat agar memperoleh hasil yang maksmial. itu mengapa kompras air hangat dapat membantu menyembuhkan amandel. Selain melakukan kompres air hangat, hal yang juga perlu dilakukan adalah mengkonsumsi air hangat, jangan panas tetapi hangat. karena khasiat air hangat juga baik untuk menyembuhkan amandel.

Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui tentang berapa lama operasi amandel serta Apa saja proses yang biasa dilakukan ketika anda melakukan operasi amandel. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan serta wawasan anda tentang operasi amandel.

,
Oleh :
Kategori : Amandel